HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Mengenal Xylitol, Alternatif Sehat Gula

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Mengenal Xylitol, Alternatif Sehat Gula

Gula yang ada di atas meja dan dapur kita merupakan jenis gula yang sudah melalui berbagai proses pengolahan, yang membuatnya tidak lagi murni dan banyak mengandung glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula dengan cepat. Bagi Anda yang menyukai rasa manis, konsumsi gula berlebihan akan menempatkan Anda pada risiko menderita diabetes.

Untuk mengurangi konsumsi glukosa yang berlebihan, Anda bisa mengganti gula dapur dengan Xylitol, gula alami yang dikenal juga dengan nama gula alkohol, maksudnya ia bukan gula atau alkohol tetapi struk tur kimianya menyerupai keduanya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Xylitol dapat ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran, dan biasanya diekstrak dari pohon birch untuk membuat obat-obatan. Saat Anda membeli produk makanan yang tetap memiliki rasa manis namun dilabeli bebas gula seperti permen karet, mints dan jenis permen lainnya, Xylitol merupakan pemanis yang digunakan dalam makanan-makanan ini. Selain Xylitol, sorbitol juga sering digunakan untuk permen karet karena harganya yang lebih murah.

Fungsi kesehatan dari xylitol sendiri cukup beragam; xylitol dapat digunakan sebagai gula pengganti bagi penderita diabetes  dan juga digunakan sebagai zat tambahan pada permen karet ataupun produk perawatan gigi lainnyauntuk mencegah pembusukan gigi dan mulut kering.

Xylitol secara alami memiliki rasa manis, namun berbeda dengan gula, rasa manis dari xylitol tidak menyebabkan perubahan asam dalam mulut yang menyebabkan kerusakan gigi. Xylitol bahkan mengurangi kadar bakteri dalam air liur dan juga bertindak sebagai penghilang bakteri penyebab infeksi telinga sehingga tidak dibutuhkan lagi konsumsi antibiotik. Pastikan produk perawatan gigi yang digunakan mengandung setidaknya 1-20 gram xylitol untuk dikonsumsi setiap hari untuk mengurangi kemungkinan gigi berlubang, baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Xylitol: Uses, effects, and possible benefits. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324155.php)
Cavities/tooth decay - Symptoms and causes. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/cavities/DS00896/DSECTION=symptoms)
Xylitol: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-996/xylitol)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app