Stres Kerja Diakui Sebagai Penyakit, Ini Kata WHO

Dipublish tanggal: Mei 29, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 20, 2019 Waktu baca: 2 menit
Stres Kerja Diakui Sebagai Penyakit, Ini Kata WHO

Terkadang, stres kerja dianggap sebagai hal sepele dan akan hilang dengan sendirinya. Namun jangan salah. Baru-baru ini, WHO resmi mengakui bahwa stres kerja termasuk salah satu penyakit yang perlu diwaspadai.

Dalam hal ini, stres kerja disebut sebagai burnout. Lantas, seperti apa gejala stres kerja dan bagaimana cara ampuh mengatasinya? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Tanda dan gejala stres kerja

Berdasarkan ketetapan dalam International Classification of Disease (ICD-11) terbaru, stres kerja kini tak lagi menjadi perdebatan. WHO telah resmi menyatakan bahwa stres di tempat kerja termasuk kategori penyakit.

Sederhananya, WHO mengungkapkan bahwa burnout adalah kondisi hilangnya semangat kerja. Stres kerja adalah semacam sindrom yang terjadi akibat stres kronis di tempat kerja dan gagal diatasi. 

Ada 3 gejala stres kerja alias burnout yang paling utama, yaitu:

  1. Hilang semangat kerja dan kelelahan
  2. Munculnya 'jarak' terhadap pekerjaan, sehingga sering memandang negatif atau sinis dengan pekerjaan
  3. Bersikap tidak profesional di tempat kerja

Gejala stres ini tidak hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar. Bila dibiarkan terus-menerus, efek negatif dari stres kerja dapat mengganggu hubungan Anda dengan pasangan, keluarga, hingga lingkungan sekitar.

Dampak stres di tempat kerja

Stres karena masalah pekerjaan bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena beban kerja tinggi, deadline sana-sini, sering dimarahi atasan, atau merasa tidak dihargai di kantor.

Sekali mengalami stres di tempat kerja tidak bisa langsung dikategorikan sebagai burnout. Gejala burnout muncul secara bertahap hingga pada akhirnya mencapai puncak stres. Biasanya, hal ini terjadi setelah Anda menimbun stres sendirian dan lama-kelamaan meledak seperti bom waktu.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Hati-hati, dampak stres karena pekerjaan tidak boleh disepelekan. Pasalnya, hal ini tidak hanya mengganggu kejiwaan, tapi juga memengaruhi kesehatan fisik secara keseluruhan.

Dampak stres kerja terhadap kesehatan fisik di antaranya:

Baca Selengkapnya: 13 Penyakit Akibat Stres, dari Ringan Hingga Berat

Cara jitu mengatasi stres di tempat kerja

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi stres kerja adalah kenali gejalanya. Semakin cepat Anda mengenali gejala burnout, maka penanganannya pun bisa semakin cepat dilakukan.

Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Curhat dengan orang yang dipercaya

Ketika stres melanda, carilah orang yang tepat untuk berkeluh kesah. Bisa dengan pasangan, keluarga, atau sahabat terdekat.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Bercerita bisa menjadi cara tercepat untuk mengatasi stres. Meskipun orang lain hanya menjadi pendengar, setidaknya perhatian dari mereka sedikit banyak dapat menenangkan pikiran Anda.

2. Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Stres kerja juga bisa terjadi akibat kondisi meja kerja yang berantakan. Maka itu, cobalah rapikan meja kerja Anda dari berkas-berkas yang menumpuk.

Letakkan benda-benda yang mampu membangkitkan suasana hati Anda. Misalnya foto liburan bersama keluarga atau pacar, tanaman hidup berukuran kecil, atau sekadar tempelan rencana liburan.

Jalin relasi yang baik dengan teman kantor Anda. Batasi kontak langsung dengan orang-orang yang memberikan kesan negatif dalam benak Anda. 

3. Berlibur

Ketika stres kerja mulai terasa menyesakkan, tidak ada salahnya mengambil cuti beberapa hari untuk sekadar melepas penat. Pergilah ke tempat-tempat wisata favorit Anda, seperti gunung, pantai, atau tempat rekreasi bersama keluarga.

Cara-cara tersebut sedikit banyak bisa membantu Anda mengatasi stres di tempat kerja. Yuk, kenali gejala stres kerja sejak dini!

Baca Juga: 16 Cara Mengatasi Stres yang Mudah Dipraktikkan

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 stress busters. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/stress-anxiety-depression/reduce-stress/)
9 Simple Ways to Deal With Stress at Work. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/how-to-deal-with-stress-at-work-3145273)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app