Cepat Mengatasi Perut Melilit Dengan 4 Bahan Alami

Dipublish tanggal: Sep 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cepat Mengatasi Perut Melilit Dengan 4 Bahan Alami

Sakit perut adalah istilah yang menggambarkan nyeri pada abdomen atau kram perut. Ada yang sakit perutnya terasa ringan, tapi ada juga yang sampai melilit dan membuat Anda tak bisa beraktivitas. Sakit perut melilit bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi, keracunan makanan, hingga gangguan sistem pencernaan. Sebelum pergi ke dokter, Anda sebetulnya juga bisa menggunakan bahan-bahan alami di rumah untuk mengatasi sakit perut melilit. Apa saja?

Bahan alami untuk mengobati perut melilit

Sakit perut melilit biasanya terjadi saat seseorang mengalami keracunan makanan. Namun, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh berbagai kondisi dan penyakit, misalnya sakit yang menyerang organ-organ saluran cerna seperti usus, hati, pankreas, kantung empedu, dan lambung. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Berikut adalah bahan-bahan alami yang diyakini mampu membantu mengatasi sakit perut melilit, antara lain:

1. Jahe

Berdasarkan penelitian, jahe adalah salah satu bahan alami yang mempunyai potensi untuk mengatasi beberapa jenis sakit perut. Rempah-rempah yang sejak zaman dulu sebagai obat mual ini ternyata juga berkhasiat sebagai obat radang perut. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan jahe sebagai obat sakit perut melilit. Bisa dengan mengunyah sedikit jahe atau mencampur beberapa potong jahe segar ke dalam secangkir teh hangat.

Selain itu, sekarang ini juga sudah banyak produk suplemen yang mengandung jahe sehingga lebih gampang dikonsumsi. Akan tetapi, perhatikan benar-benar kandungannya secara teliti dan pastikan suplemen tersebut memiliki nomor izin edar dari BPOM.

Baca Selengkapnya: 10 Manfaat Jahe yang Diakui Dunia Medis

2. Daun mint

Bahan lain yang juga dipercaya bermanfaat untuk mengatasi sakit perut melilit adalah daun mint. Kandungan mentol yang ada pada daun ini berperan sebagai analgesik alami yang dapat membantu mengurangi rasa perih di perut serta mengurangi rasa mual

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Caranya sangat mudah, kok! Anda cukup meminum daun mint yang diseduh dengan air putih hangat atau teh hangat. Bisa juga dengan mengisap permen mint atau mengunyah daun mint secara langsung.

Baca Selengkapnya: Biasa Jadi Hiasan, Daun Mint Punya 3 Manfaat Lho. Sudah Tau?

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel bisa membantu menetralkan sakit perut. Namun, rasa asam yang dihasilkan cukup kuat sehingga mungkin akan membuat Anda merasa mual hingga ingin muntah.

Sebagai solusinya, campurkan 1 sendok cuka sari apel dengan air putih dan 1 sendok teh madu. Minum secara perlahan dan biarkan kandungan bahan alaminya bekerja dalam tubuh.  

Cuka sari apel juga memiliki kemampuan untuk mengatasi kelebihan pati, yakni karbohidrat kompleks yang tak larut dalam air. Hal ini dapat membantu proses pencernaan sehingga perut terasa lebih nyaman. Pati pun akan lebih cepat sampai ke usus sekaligus menjaga keberadaan bakteri sehat di dalam usus.

4. Diet BRAT

Diet BRAT adalah singkatan dari banana, rice, apple sauce, toast atau pisang, nasi, saus apel dan roti panggang. Kombinasi keempat makanan ini berfungsi untuk meredakan gejala sakit perut, seperti mual ataupun diare.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Walaupun termasuk rendah serat, empat bahan alami tadi juga kaya akan zat pengikat dan mengandung rendah garam. Meskipun memang akan terasa hambar, namun diet ini sangat berguna saat Anda mengalami perut melilit.

Tips meredakan perut melilit

Selain menggunakan sejumlah bahan alami tersebut, ada beberapa tindakan yang juga mampu membantu meredakan sakit perut melilit, di antaranya:

  • Menghindari kegiatan yang dapat menumpuk udara berlebih di perut, contohnya merokok, makan tergesa-gesa, mengunyah permen karet, atau minum minuman bersoda.
  • Hindari makan makanan yang memicu terjadinya sakit perut melilit.
  • Makan dengan porsi normal dan hindari makan berlebihan.
  • Hindari berbaring setelah makan, paling tidak sampai 2 jam.
  • Cukup istirahat setiap hari.
  • Gunakan bantal penghangat atau botol yang diisi dengan air hangat, lalu letakkan di atas perut yang sakit agar nyerinya berkurang.

Walaupun dianggap bukan sebagai keadaan yang serius, penderita sakit perut melilit tetap dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Khususnya bila hal ini terjadi dalam waktu yang panjang walau Anda sudah mencoba mengatasi sakit perut melilit dengan bahan alami tadi.

Baca Juga: Obat Sakit Perut Melilit yang Ampuh Menurut Dokter

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to get rid of gas pain fast: 20 natural home remedies. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321504)
21 home and natural remedies for upset stomach and indigestion. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322047)
Stomach Cramps: Symptoms, Signs, Causes & Treatment. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/stomach_cramps/symptoms.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app