6 Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Dipublish tanggal: Okt 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Rasa kembung yang terjadi saat hamil adalah hal yang wajar terjadi. Semakin besar usia kandungan, maka akan semakin sering pula ibu hamil merasakan kembung. Hal ini tentu saja membuat perut ibu hamil semakin terasa penuh dan sesak. Lantas, bagaimana cara mengatasi perut kembung saat hamil? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab perut kembung saat hamil 

Perut kembung adalah sebuah kondisi dimana perut Anda terasa sangat penuh dan memiliki banyak angin di dalamnya. Anda juga akan merasa bahwa perut membesar lebih dari biasanya saat sedang kembung. Keadaan ini sangatlah tidak nyaman untuk seorang ibu hamil. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Sadar atau tidak, rata-rata orang akan buang angin atau kentut sekitar 14 sampai 40 kali setiap hari. Akan tetapi, seorang ibu hamil bisa kentut lebih banyak dari itu.

Salah satu penyebab perut kembung saat hamil adalah bertambahnya ukuran bayi dari hari ke hari. Ukuran bayi yang membesar ini akan menekan bagian perut, sehingga membuat Anda merasakan kencang di bagian perut. 

Baca Juga: Alasan Dibalik Perut Kencang Saat Hamil Muda dan Hamil Tua

Perasaan atau rasa kembung ini juga bisa disebabkan karena hormon yang meningkat. Selama hamil, hormon progesteron akan meningkat sehingga menyebabkan otot-otot pencernaan jadi lebih rileks. Gas berlebih yang masuk ke dalam pencernaan juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa ibu hamil mudah untuk merasa kembung. 

Cara mengatasi perut kembung saat hamil 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung saat hamil, antara lain:

1. Menghindari makanan berfruktosa tinggi 

Sebaiknya hindari berbagai makanan yang mengandung fruktosa tinggi untuk mengatasi perut kembung saat hamil. Contohnya apel, biji-bijian utuh, dan makanan olahan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Untuk sementara waktu, cobalah untuk memakan makanan yang benar-benar khusus untuk ibu hamil agar tidak memperparah kondisi perut Anda.

2. Hindari makan makanan berlemak 

Makanan berlemak akan membuat sistem pencernaan menjadi lambat dan semakin terasa begah. Akan lebih baik kalau Anda mengonsumsi makanan sehat seperti buah atau sayuran. Anggaplah makanan sehat tersebut sebagai sebuah camilan yang enak. 

Baca Selengkapnya: Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil Muda Sampai Melahirkan

3. Makan sedikit tapi sering

Orang yang merasakan kembung biasanya cenderung tidak nafsu makan. Namun bagaimanapun, ibu hamil harus tetap makan banyak agar bayinya dapat menerima asupan yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Tenang, hal ini bisa Anda akali dengan melakukan prinsip "makan sedikit tapi sering". Artinya, Anda dapat membagi porsi makan normal menjadi beberapa waktu makan.

Misalnya dari makan 3 kali sehari menjadi 6 kali sehari dalam porsi kecil. Berikan jeda 2-3 jam pada setiap waktu makan untuk mengistirahatkan lambung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Hal ini akan membantu Anda untuk mengatasi perut kembung saat hamil. Rasa kembung justru bisa semakin parah apabila Anda membiarkan perut Anda kosong tidak terisi makanan. 

4. Menghindari pemanis buatan 

Jangan lupa bahwa Anda membawa satu nyawa lain di dalam tubuh Anda, yakni calon bayi Anda. Minuman atau makanan yang mengandung pemanis buatan lebih baik untuk dihindari terlebih dahulu.

Akan lebih baik apabila seorang ibu hamil memperbanyak asupan kalsium dan makanan serta minuman sehat lainnya. Hindari dulu minuman tidak sehat seperti soda atau sirup yang kerap kali mengandung pemanis buatan.

5. Olahraga 

Ada banyak sekali olahraga yang dikhususkan untuk ibu hamil. Kalau tidak tahu caranya, maka Anda bisa melakukan olahraga yang mudah-mudah saja. Apa contih dari olahraga yang mudah? Berjalan. 

Memperbanyak jalan saat sedang hamil juga bisa terhitung sebagai sebuah olahraga, lho! Hal ini akan membuat tubuh Anda lebih rileks sehingga membantu mengatasi perut kembung saat hamil. Beberapa ibu hamil bahkan mengikuti kelas yoga untuk merilekskan dirinya sendiri. 

Baca Selengkapnya: 6 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil, Selain Melancarkan Persalinan

6. Tidak merokok 

Tentunya Anda sudah tahu apabila merokok bukanlah hal yang baik untuk dilakukan oleh ibu hamil. Bahkan menghirup asap rokok saja juga bisa membahayakan janin.

Tidak hanya itu, rokok juga diam-diam bisa meningkatkan kadar asam lambung. Alhasil, Anda akan lebih mudah merasa kembung apabila terkena asap rokok atau merokok. Oleh karena itu, hindari kebiasaan merokok maupun menghirup asapnya guna mencegah perut kembung saat hamil.

Apabila Anda melakukan semua saran diatas, maka Anda bisa mengurangi potensi terjadinya perut kembung saat hamil. Kalau Anda merasa butuh untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan, maka Anda bisa melakukan hal tersebut demi kesehatan Anda dan si jabang bayi. 

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
First Trimester of Pregnancy: What to Expect, Baby Development. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/baby/guide/first-trimester-of-pregnancy#1)
How to Ease Uncomfortable Pregnancy Gas. TheBump.com. (Accessed via: https://www.thebump.com/a/gas-during-pregnancy)
21 Uncomfortable Symptoms of Pregnancy & Their Causes. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/baby/guide/pregnancy-discomforts-causes#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app