Mendampingi Anak Memulihkan Diri Dari Stroke

Dipublish tanggal: Mei 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mendampingi Anak Memulihkan Diri Dari Stroke

Apa itu stroke?

Stroke adalah salah satu penyebab kematian terutama di Indonesia. Stroke merupakan kondisi gangguan pembuluh darah di otak yang menyebabkan penurunan hingga hilangnya kesadaran serta kelumpuhan anggota tubuh karena kerusakan saraf dan otak. 

Stroke disebabkan oleh tersumbat atau pecahnya pembuluh darah di otak sehingga menimbulkan gejala. Stroke bisa saja terjadi pada salah satu anggota keluarga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Stroke merupakan suatu kondisi kegawatdaruratan medis terutama pada anak-anak. Anak-anak sebaiknya dilarikan ke rumah sakit untuk diteliti lebih lanjut mengenai penyebab dan akibat yang ditimbulkan stroke, juga untuk memperoleh perawatan.segera.

Penanganan stroke pada anak-anak tidak hanya sebatas melalui perawatan di rumah sakit. Perawatan di rumah sperti rehabilitasi, fisioterapi, hingga terapi psikologis sebaiknya dilakukan dalam memperbaiki kondisi paska perawatan stroke. Pemberian obat-obatan lanjutan harus dipertahankan demi kesembuhan penyakit.

Apa yang Menyebabkan Stroke pada anak?

Salah satu kondisi yang paling umum yang mendasari terjadinya stroke pada anak yang menyebabkan defisit neurologis adalah penyakit sel sabit (SCD) dan penyakit jantung bawaan atau didapat. Penyakit jantung dan anemia kronis juga merupakan faktor risiko untuk trombosis serebral sinus vena, tetapi daftar kondisi terkait berkisar dari infeksi kepala dan leher hingga kondisi sistemik seperti penyakit radang usus dan gangguan otoimun. Trauma kepala nampaknya juga menjadi pemicu stroke arteri,  terjadinya dehidrasi dapat menyebabkan stroke vena.

Infeksi, termasuk varicella, meningitis, radang amandel, dan otitis media,  dan anemia, leukositosis, dan gangguan prothrombotik mungkin merupakan faktor resiko lainnya. Peran tenaga medis sangatlah penting dalam menangani stroke pada anak. Tidak hanya sebatas dokter, perawatan, hingga praktisi medis memberi peran dalam penangaanan serta terapi penyakit stroke pada anak.

Dokter Unit Gawat Darurat
Tim dokter di Unit Gawat Darurat menjadi pilar pertama penanganan anak dengan gejala stroke. Dokter menberikan pertolongan pertama dengan menstabilkan keadaan si anak untuk dilakukan tindakan atau prosedur medis selanjutnya.  

Dokter Spesialis saraf
Seorang ahli saraf adalah seorang dokter dengan pelatihan khusus dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit otak, sumsum tulang belakang, saraf tepi, dan otot. Sebagian besar waktu, dokter perawatan primer merujuk pasien ke ahli saraf jika mereka memiliki gejala yang menunjukkan kondisi neurologis. Stroke menjadi standar kompetensi penyakit penting yang harus ditangani oleh dokter spesialis saraf.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Perawat
Perawat bekerja mendampingi serta melakukan tindakan dalam pengawasan, perhatian, serta arahan dari dokter untuk merawat pasien. Semua tindakan yang dilakukan perawat adalah melalui instruksi dokter. Perawat juga seta dalam menemanai dan melayani pasien terkait kondisi kesehatan yang dia alami.

Peran Keluarga pada Anak dengan Stroke

Keluarga menjadi yang utama dalam memberikan kenyamanan serta kekuatan pada anak yang mengalami sakit. Orang tua yang pertama harus mengerti perjalanan penyakit serta kondisi yang dialami anak pada saat itu. Orang tua sebaiknya harus selalu tenang dalam menghadapi kondisi anak sehingga anak pun dapat kuat dan mempercayai anda sebagai pendamping dan pendukung yang setia.

Keluarga yang mendukung juga menciptakan lingkungan dan suasana yang baik bagi stimulasi otak anak yang sakit sehingga memperoleh kesembuhan secara mental dan supportif. Psikologis anak dapat menjadi lebih baik.

Bermainlah dengan anak permainan yang disukai. Tetapi berhati-hatilah dalam masa penyembuhan untuk mencegah benturan atau kelelahan berlebih. Berikan energi positif bagi psikis dan mental anak.

Setelah kondisi anak membaik dan bisa diajak keluar, bawa anak keluar rumah untuk kembali memperkuat stamina, motorik serta mengasah kembali kemampuan otak anak. Selama perawatan stroke pada anak, orang tua sebaiknya tidak lupa untuk melakukan kontrol ulang kondisi anak ke dokter terkait untuk memastikan fase penyembuhan dari stroke atau gejala lainnya yang masih menetap. Selalu ingat jadwal konsultasi dokter selanjutnya.

Pemberian fisioterapi dan rehabilitasi bagi anak dengan stroke juga memberikan efek positif untuk mempercepat penyembuhan. Konsultasikan ke dokter atau kerabat untuk diberikan terapis yang berpengalaman dalam stroke rehabilitasi.

Anak-anak masih dalam masa pertumbuhan. Selalu jaga stamina dan kondisi agar tetap sehat melalui makanan bergizi, olahraga, serta istirahat cukup.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pediatric Stroke: Treatment and Care. Cleveland Clinic. (https://my.clevelandclinic.org/health/transcripts/pediatric-stroke)
Strokes (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/strokes.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app