Masalah Paru Yang Dialami Perokok Aktif

Dipublish tanggal: Jun 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 19, 2019 Waktu baca: 2 menit
Masalah Paru Yang Dialami Perokok Aktif

Bagi masyarakat dunia, tidak terkecuali Indonesia, merokok merupakan kegiatan yang sangat pas dilakukan ketika sedang gabut. Padahal kebiasaan ini sangat merugikan perokoknya. 

Bukan hanya perokok saja, orang di sekitar juga kena getah dari asap rokok yang dikeluarkan si perokok tersebut. Sebenarnya, merokok artinya adalah meracuni diri sendiri. Hal ini berdasarkan fakta bahwa didalam rokok sendiri ada 4000 bahan yang berbahaya bagi tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Bahan berbahaya tersebut antara lain nikotin, tar hingga karbon monoksida. Ya, ketiga bahan ini masuk kedalam tubuh manusia. Paru-paru yang sebenarnya sangat membutuhkan udara segar, gara-gara merokok membuatnya terkena masalah. Bagaimana tidak, di paru-paru sendiri muncul berbagai zat asing yang sifatnya sangat merusak. 

Karena alasan inilah, tidak heran jika banyak orang yang dirugikan karena rokok. Lantas, apa saja masalah paru yang akan Anda alami ketika merokok? Anda yang penasaran bisa langsung mengikuti jejaknya di pembahasan berikut.

Bahaya Rokok terhadap Paru-Paru Manusia

Sistem pernafasan, khususnya saluran pernafasan, menghasilkan lendir yang digunakan untuk menjaga kelembapan dan juga menyaring kotoran ketika Anda sedang menarik nafas. Bahaya utama merokok disini adalah organ tersebut tidak akan berfungsi dengan baik.  

Hal ini disebabkan karena zat kimia yang ada di rokok membuatnya merangsang sel membran yang menghasilkan lendir sehingga menjadi lebih produktif dibanding sebelumnya. sehingga membuat jumlah lendir akan bertambah banyak dibanding normalnya.

Yang akhirnya menjadikan ada lapisan tebal yang mengelilingi paru-paru. Parahnya, bagian paru tidak bisa membersihkan lendir tersebut yang akhirnya membuatnya ada sumbatan yang merusak. Ketika hal ini terjadi, tentu saja Anda tidak boleh tinggal diam. Tubuh akan mengeluarkan lendir yang dihasilkannya dari tubuh. 

Bisa dari proses batuk yang sering dialami oleh perokok. Inilah alasan kenapa orang yang sering merokok akan batuk dan disertai dengan lendiran alias dahak. Bukan hanya menyebabkan lendir terus tumbuh saja.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Rokok yang Anda hisap juga membuat paru-paru menjadi mudah penuaan dini. Dasarnya, memang semua organ didalam tubuh manusia akan mengalami penurunan fungsi sesuai umur seseorang. Namun jika Anda adalah perokok aktif, maka organ ini akan mengalami penurunan lebih cepat dibanding sebelumnya. 

Kenapa hal ini bisa terjadi? Pasalnya sebatang rokok yang Anda hisap membuat lambatnya gerakan silla. Gerakan ini adalah rambut halus di sel yang digunakan untuk membersihkan paru-paru.

Masalah Paru-Paru Yang Sering Dialami Perokok Aktif

Banyak masalah paru-paru yang dialami oleh perokok aktif. Contoh yang paling nyata disini adalah bronkitis kronis. Bronkitis kronis sendiri merupakan bagian penyakit PPOK. Penyakit ini ditandai dengan radang di bagian tabung bronkial alias saluran yang membawa udara ke arah paru-paru. 

Radang ini membuat lendir lengkap dan akhirnya menghambat udara masuk dan keluar dari paru-paru. Bukan itu saja, peradangan di bagian tabung bronkial juga membuat silia rusak parah jika dibiarkan begitu saja.

Selain itu, masalah pneumonia juga menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh pecandu rokok. Masalah ini biasanya langsung menginfeksi bagian kantung udara dibagian paru. Gejala munculnya masalah ini bisa sesuai dengan kondisi. Jika kondisinya parah, tentu gejalanya juga parah dan begitu pula sebaliknya. 

Batuk merupakan gejala yang khas untuk perokok aktif. Jika batu tidak kunjung sembuh, maka Anda harus waspada. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk tahu apa yang sedang sakit di paru-paru Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sanyaolu, Adekunle & Hammoudi, Danil & Adofo, Dina & Antoine, Ivan. (2017). The effect of cigarette smoking on lung capacity in active, previous, and passive student smokers. 1. 04–11. 10.29088/GMJM.2017.04. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/284514261_The_effect_of_cigarette_smoking_on_lung_capacity_in_active_previous_and_passive_student_smokers)
Lung disease in smokers who don’t have COPD. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/blog/lung-disease-smokers-dont-copd-201606099741)
Pulmonary effects of active smoking and secondhand smoke exposure among adolescent students in Juárez, Mexico. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4934558/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app