6 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil, Selain Melancarkan Persalinan

Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 1, 2019 Waktu baca: 3 menit
6 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil, Selain Melancarkan Persalinan

Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang sedang naik daun saat ini. Pasalnya, gerakan-gerakan yoga yang lembut dan tenang terbukti mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk juga bagi ibu hamil.

Nah, bagi Anda yang sedang hamil dan ingin tetap sehat selama mengandung, maka prenatal yoga bisa jadi pilihan tepat. Sudah tahu apa saja manfaat yoga untuk ibu hamil? Berikut selengkapnya untuk Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Segudang manfaat yoga untuk ibu hamil

Sejak awal kehamilan, tubuh akan mengalami banyak perubahan yang cukup signifikan. Biasanya, wanita akan melewati masa-masa berat badan naik drastis, mual atau muntah alias morning sickness, nyeri punggung, dan gejala kehamilan lainnya. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Hamil Muda Pada Perut yang Sering Terjadi

Meskipun menjadi hal yang wajar, masalah-masalah tersebut rentan membuat ibu hamil jadi stres, baik secara fisik maupun mental. Namun tak perlu khawatir, semua ini bisa diatasi dengan prenatal yoga atau yoga untuk ibu hamil.

Secara umum, prenatal yoga berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Tak hanya itu, masih ada banyak manfaat yoga untuk ibu hamil, di antaranya:

1. Mengurangi stres dan kecemasan

Stres merupakan masalah yang umum dialami oleh semua ibu hamil, apalagi jika ini merupakan kehamilan pertama Anda. Ada banyak penyebab stres saat hamil, mulai dari faktor hormonal, tidak nyaman dengan perubahan tubuh selama hamil, hingga cemas menghadapi persalinan.

Tidak hanya berdampak pada kesehatan ibunya saja, stres saat hamil juga dapat memengaruhi kesehatan janin. Tenang, olahraga dapat membantu mengatasinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Olahraga seperti yoga dapat menurunkan kadar hormon kortisol, yaitu hormon stres yang membuat seseorang menjadi cemas. Dengan rutin yoga saat hamil, tubuh tidak hanya jadi sehat tapi juga mengurangi stres dan kecemasan.

Baca Selengkapnya: 7 Cara Kurangi Stres Saat Hamil

2. Mengurangi nyeri dan keluhan selama hamil 

Yoga bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sering pegal-pegal, nyeri punggung, mual, atau sakit kepala saat hamil. Pasalnya, gerakan yoga untuk ibu hamil dapat membantu melancarkan aliran darah dan melemaskan otot-otot yang tegang.

Teknik pernapasan saat yoga juga dapat meningkatkan aliran oksigen ke janin. Menurut studi dari University of Michigan tahun 2012, gerakan yoga yang dikombinasikan dengan meditasi dapat menurunkan gejala depresi saat hamil. Dengan demikian, Anda dapat menjalani kehamilan dengan tenang dan nyaman.

3. Menjaga kekuatan otot

Gerakan prenatal yoga dirancang khusus untuk menjaga kekuatan otot ibu hamil, khususnya bagian perut, pinggul, dan panggul. Otot-otot inilah yang berperan penting untuk proses melahirkan nanti. 

Kekuatan otot-otot tubuh menjelang persalinan haruslah seimbang, artinya tidak terlalu longgar maupun terlalu ketat. Tak hanya penting dalam proses persalinan, gerakan yoga untuk ibu hamil juga dapat membantu mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan, lho!

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

4. Mempererat ikatan batin dengan janin

Sibuk bekerja atau bersih-bersih rumah kadang membuat ibu hamil 'lupa' mengajak bayinya berkomunikasi. Padahal, mengajak bayi bicara sejak masih dalam perut dapat meningkatkan proses tumbuh kembang bayi, lho!

Semakin bertambahnya usia kandungan, janin bisa memberikan respon yang berbeda-beda pada setiap sesi yoga. Namun yang pasti, sensasi rileks dan tenang pada saat yoga dapat menjadi ajang komunikasi sekaligus mempererat ikatan batin antara ibu dan janin.

Sambil atur pernapasan, berikan afirmasi positif pada bayi dalam kandungan. Misalnya, ajak ia tumbuh dan berkembang dengan normal, cepat turun ke jalan lahir, melepaskan lilitan plasenta (jika ada), dan mendukung proses persalinan. 

5. Meningkatkan kualitas tidur 

Banyak ibu hamil mengeluh susah tidur setiap malam. Ukuran perut yang terus membesar membuat posisi tidur jadi serba salah. Apalagi ditambah dengan masalah nyeri punggung yang sering kali mengganggu tidur.

Bagi Anda yang mengalaminya, cobalah rutin melakukan yoga saat hamil. Lagi-lagi, gerakan lembut dan teknik pernapasan saat yoga bisa membantu merilekskan otot-otot tubuh yang tegang. Semakin rileks otot, maka Anda akan semakin mudah terlelap dan mendapatkan tidur berkualitas.

Baca Juga: Posisi Tidur Ibu Hamil Terbaik dari Bulan ke Bulan

6. Melancarkan persalinan

Manfaat yoga untuk ibu hamil tidak hanya sekadar menjaga kebugaran selama kehamilan, tapi juga penting untuk melancarkan persalinan. Sembari melatih pernapasan, Anda juga akan berlatih mempercayai kemampuan tubuh Anda sendiri selama kehamilan sampai persalinan.

Jika dari awal saja Anda sudah tidak yakin dapat melahirkan dengan nyaman, maka secara tidak sadar tubuh juga akan stres dan membuat otot-otot vagina jadi tegang. Hal ini bisa menggagalkan usaha Anda yang ingin melahirkan normal tanpa bantuan induksi.

Dengan rutin melakukan gerakan yoga untuk ibu hamil, tubuh akan terlatih supaya tetap rileks dan nyaman sehingga otot-otot tubuh juga melonggar. Percayalah bahwa Anda mampu melewati proses persalinan dengan tenang, nyaman, dan lancar.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Prenatal Yoga. What to Expect. (Accessed via: https://www.whattoexpect.com/pregnancy/prenatal-yoga/)
7 Amazing Prenatal Yoga Benefits. Parents. (Accessed via: https://www.parents.com/pregnancy/my-body/fitness/prenatal-yoga-benefits/)
The Benefits of Prenatal Yoga. Yoga Journal. (Accessed via: https://www.yogajournal.com/lifestyle/baby-love)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app