Makanan dan Diet Sehat

Ketahui Apa Saja Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Feb 19, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jun 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Apa Saja Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan

Jika Anda mencari “resep menu sehat” di Internet, mungkin Anda akan menemukan resep-resep makanan dari chia seed. Chia seed adalah biji hitam kecil dari tanaman Salvia hispanica, yang masih bersaudara dengan tanaman mint.

Chia seed mungkin tampak seperti makanan yang modern, tetapi penggunaannya benar-benar dapat ditelusuri hingga ratusan tahun. Chia seed adalah makanan penting bagi suku Aztec dan Maya di masa itu. 

Sebenarnya, "chia" adalah kata kuno suku Maya yang berarti "kekuatan". Banyak suku asli Amerika, seperti Chumash, Maidu, dan Costanoan, memanfaatkan chia seed sebagai bagian penting dari diet mereka.

Namun pada saat itu, chia seed bukanlah makanan yang dijadikan campuran salad atau smoothies seperti “makanan sehat” masa kini. Beberapa orang mencampurnya dengan tepung untuk membuat tortilla, sementara yang lain menggabungkannya dengan air dan memasaknya untuk membuatnya menjadi bubur atau sup. 

Bijinya bahkan dapat digunakan sebagai obat, dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, dari demam hingga peradangan.

Seiring berjalannya waktu, benih kuno ini semakin populer - meskipun bukan yang pertama sebagai makanan super populer. Memang, seperti laporan New York Times, chia seed pertama muncul kembali sebagai barang baru - dalam bentuk Chia Pets. 

Sejak itu, chia mengalami kebangkitan kecil lainnya, dan sekarang Anda dapat menemukannya pada puding, smoothies, roti, dan banyak lagi.

Kandungan nutrisi Chia Seed

Mengapa chia seed sangat populer sekarang? Alasan utama mungkin reputasi mereka sebagai pembangkit tenaga yang sangat bergizi: Satu sendok makan (tbsp) chia seed mengandung sekitar 69 kalori, serta, kira-kira:

  • 2 gram (g) protein
  • 5 g lemak (1 g jenuh, 7 g tak jenuh ganda, 1 g tak jenuh tunggal, dan 0 g trans)
  • 6 g karbohidrat
  • 5 gram serat

Chia seed juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral. Satu sdm mengandung :

  • 2 miligram (mg) fosfor (sekitar 11% dari nilai harian yang direkomendasikan orang dewasa, atau Kebutuhan harian)
  • 7 mg kalsium (8% dari Kebutuhan harian)
  • 8 mg potassium (1% dari Kebutuhan harian)
  • 2 mg fosfor (11% dari Kebutuhan harian)
  • 5 IU vitamin A
  • 2 mg vitamin C (1% dari Kebutuhan harian)
  • 1 mg vitamin E (1% dari Kebutuhan harian)

Manfaat Chia Seed

  • Chia seed mengandung banyak nutrisi dengan sangat sedikit kalori
    Meskipun ukurannya kecil, chia seed adalah salah satu makanan paling bergizi di planet ini. Mereka penuh dengan serat, protein, asam lemak omega-3, dan berbagai mikronutrisi.
  • Chia seed mengandung antioksidan
    Chia seed tinggi antioksidan yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.
  • Hampir semua kandungan karbohidrat dalam chia seed adalah serat
    Hampir semua karbohidrat dalam chia seedadalah serat. Ini memberi mereka kemampuan untuk menyerap 10–12 kali berat badan mereka dalam air. Makanan berserat juga memiliki berbagai efek bermanfaat bagi kesehatan.
  • Chia seed Memiliki Protein Berkualitas Tinggi
    Chia seed memiliki protein berkualitas tinggi, jauh lebih tinggi daripada kebanyakan makanan nabati. Protein adalah makronutrien yang paling penting untuk metabolisme tubuh.
  • Kandungan Serat dan Protein Tinggi dalam chia seed Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan
    Chia seed tinggi protein dan serat, keduanya telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Namun, studi tentang chia seed masih memberikan hasil yang beragam.
  • Chia seed mengandung tinggi Asam Lemak Omega-3
    Chia seed sangat tinggi dalam asam lemak omega-3 ALA. Adalah salah satu lemak yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak dan pembentukan hormon serta mengurangi jumlah lemak jahat.
  • Chia seed dapat menurunkan risiko penyakit jantung Anda
    Studi tentang efek chia seed pada faktor risiko penyakit jantung masih belum dapat disimpulkan. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat, sedangkan penelitian yang lain tidak.
  • Chia seed mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang
    Chia seed tinggi kalsium, magnesium, fosfor dan protein. Semua nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Chia seed dapat mengurangi kadar gula darah
    Studi menunjukkan bahwa chia seed dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan makanan mengandung tinggi karbohidrat, hal ini dapat bermanfaat bagi orang dengan diabetes tipe 2.
  • Chia seed dapat membantu mengurangi peradangan kronis
    Walaupun belum terbukti secara klinis, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan chia seed dapat mengurangi penanda peradangan yang dikenal sebagai hs-CRP. Namun, manfaat kesehatan ini tidak pasti dan diperlukan penelitian lebih lanjut.
  • Chia seed mudah untuk dikonsumsi
    Chia seed mudah disiapkan dan sering ditambahkan ke dalam bubur atau smoothies. Walaupun di Indonesia chia seed masih belum terlalu mudah di dapat di pasar dan harganya yang relatif mahal dibandingkan dengan makanan pokok lainnnya.

Studi menunjukkan bahwa mereka memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan hingga mengurangi peradangan. Jika Anda belum mengonsumsi chia seed, Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkannya ke dalam diet Anda. Chia seed layak termasuk ke dalam kategori superfood.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chia Seeds Nutrition & Facts About Weight Loss Claims. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/truth-about-chia#1)
Chia Seeds. Harvard T.H. Chan School of Public Health. (https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/chia-seeds/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app