Olahraga dan Kebugaran

Ketahui Manfaat Dari Senam Kegel Bagi Pria dan Wanita

Dipublish tanggal: Mar 10, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Manfaat Dari Senam Kegel Bagi Pria dan Wanita

Apakah kamu pernah mendengar mengenai senam kegel?  Ya, senam Kegel memang semakin populer belakangan ini baik dikalangan pria maupun wanita. 

Awalnya senam Kegel dikenal sebagai senam yang bermanfaat bagi ibu yang sudah melahirkan, namun sekarang ini kegunaan senam kegel tidak terbatas hanya untuk para kaum wanita, kaum pria pun banyak yang mengandrungi senam ini.  

Loh kok bisa ya para kaum pria menyukai senam? Ya karena walau namanya senam, tapi senam itu bukan seperti senam ibu-ibu lainnya, senam kegel lebih fokus kepada latihan otot. Nah untuk kamu yang penasaran apa itu senam kegel, yuk simak lebih lanjut artikel ini.

Apa itu Senam Kegel ?

Senam Kegel ialah senam yang ditujukan untuk melatih atau mengencangkan otot-otot panggul bagian bawah sehingga badan dan anggota tubuh kamu yang lain tidak perlu ikut bergerak. 

Awal mulanya senam ini dikembangkan oleh seorang spesialis kandungan asal Amerika Serikat, yaitu dr. Arnold Kegel pada tahun 1940-an dengan tujuan utama untuk mengatasi masalah inkontinensia urine pada wanita yang baru saja melahirkan, inilah asal mulanya mengapa senam ini berfokus pada otot panggul bagian bawah yang terletak pada area panggul atau selangkangan, tepatnya yaitu otot yang digunakan untuk mengendalikan laju urine (air kencing). 

Namun seiring perkembanganya jaman, senam ini telah terbukti mampu untuk mengatasi berbagai masalah seputar panggul dan organ intim jika dilakukan secara rutin. 

Oleh karena itulah saat ini, dokter kandungan atau ahli urologi di seluruh dunia sudah sering merekomendasikan senam Kegel sebagai perawatan rumah untuk berbagai kondisi kesehatan yang menyangkut organ reproduksi atau organ intim seseorang.

Manfaat bagi Wanita

  • Membantu para Wanita yang ingin melahirkan secara normal. Senam kegel mampu menguatkan otot-otot dasar panggul wanita sehingga sirkulasi darah di sekitar daerah vagina dan dubur berlangsung lebih lancar.

    Dengan otot panggul yang kuat, waktu mengejan yang dibutuhkan oleh ibu hamil ketika melahirkan akan lebih singkat sehingga memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir.
  • Merapatkan vagina setelah proses persalinan normal. Hal ini penting bagi wanita yang baru saja melahirkan terutama untuk yang melahirkan lewat proses normal.
  • Mempercepat pemulihan vagina setelah proses episiotomi atau proses dimana vagina wanita digunting saat melahirkan). Pasalnya, senam Kegel bisa meningkatkan sirkulasi darah yang lancar ke area vagina.

    Darah yang mengandung oksigen dan berbagai nutrisi ini sangat diperlukan untuk meregenerasi beragam sel dan jaringan vagina yang mengalami kerusakan akibat proses episiotomi.  
  • Mengencangkan vagina yang sudah mengendur, misalnya pada saat wanita memasuki usia menopause. Manfaat ini bisa membantu mewujudkan performa seksual yang lebih memuaskan.
  • Membantu mengatasi gejala-gejala prolaps organ panggul. Prolaps organ panggul ialah suatu kondisi saat otot dan ligamen yang menopang organ-organ di area panggul melemah.

Manfaat bagi Pria

  • Membantu mengurangi inkontinensia urine. Inkontinensia urine adalah keadaan sulit menahan buang air kecil atau selalu merasa ada keinginan untuk buang air kecil, baik pada pria maupun wanita
  • Melancarkan peredaran darah sehingga penis bisa berereksi lebih kuat saat berhubungan seks. Penelitian yang dilakukan oleh sekumpulan ahli kesehatan di Israel menemukan bahwa latihan otot panggul bawah ini bisa membantu kaum pria dengan disfungsi ereksi atau impotensi agar bisa mempertahankan ereksinya serta membantu mengendalikan fungsi dan respon seksual kaum pria.
  • Mencegah dan membantu mengatasi ejakulasi dini. Menurut penelitian, senam kegel dalam waktu kurang lebih dua belas minggu dapat membantu lebih dari 50 persen pria dengan masalah ejakulasi dini untuk menunda orgasme sehingga seks terasa lebih memuaskan.     
  • Mencegah kencing tidak tuntas atau post-micturition dribble atau urine masih menetes setelah buang air kecil terutama pada pria. Penelitian membuktikan bahwa senam ini memang mampu membantu pria mengendalikan keluarnya urine, terutama setelah menjalani operasi prostat.
  • Menjaga kesehatan fungsi prostat pria. Senam kegel bermanfaat untuk melatih otot-otot yang ada di sekitar prostat sehingga bisa menopang berbagai organ reproduksi pria dengan kuat.

Setelah menyimak artikel diatas, apakah kamu masih ragu akan dampak positif dari senam kegel ini? Yuk kita coba bersama-sama mempraktekan senam Kegel ini bersama pasangan, sahabat bahkan keluarga kita agar kegiatan senam lebih terasa menyenangkan. 


19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kegel exercises for men. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/kegel_exercises_for_men/article.htm)
What are pelvic floor exercises?. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/common-health-questions/womens-health/what-are-pelvic-floor-exercises/)
What are Kegel exercises and what sexual health benefits might they have?. ISSM. (https://www.issm.info/sexual-health-qa/what-are-kegel-exercises-and-what-sexual-benefits-might-they-have/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Manfaat dan Gerakan Dasar Senam Lantai untuk Pemula
Manfaat dan Gerakan Dasar Senam Lantai untuk Pemula

Menurut banyak penelitian belajar gerakan senam lantai dapat membuat otak seseorang lebih pintar. Senam lantai dapat meningkatkan kesehatan kognitif dengan memperluas daya ingat, perhatian, penalaran, dan keterampilan belajar. Berlatih senam lantai juga dapat berdampak pada area otak tertentu yang bertanggung jawab untuk gerakan fisik dan koordinasi.

Buka di app