Cara Efektif Merapatkan Vagina, Terbukti Aman

Dipublish tanggal: Mei 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Efektif Merapatkan Vagina, Terbukti Aman

Sebagai wanita, Anda harus pintar menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim. Jangan sampai menimbulkan masalah yang bisa membuat hubungan dengan pasangan terganggu.  Salah satu kasus yang sering dialami wanita usai melahirkan adalah otot vagina yang mengendur. Problem ini sebenarnya sangat umum dan merupakan hal yang alamiah. Meski begitu menimbulkan ketidaknikmatan saat berhubungan intim dengan pasangan. Vagina yang tidak rapat juga bisa memicu inkontinensia urin.

Bagaimana Cara Aman dan Efektif Merapatkan Vagina?

Untuk Anda yang mengalami masalah vagina mengendur, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Sebaiknya pilih tips yang aman agar kesehatan vagina tidak terganggu. Penasaran dengan cara aman untuk merapatkan vagina? Temukan jawabannya dibawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Vagina via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket vagina hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b15 perawatan vagina

1. Menerapkan pola makan yang sehat

Langkah termudah untuk mengembalikan vagina yang kendur adalah dengan menjaga asupan makanan. Salah satu penyebab vagina menjadi kendur yaitu proses penuaan. Berkurangnya kolagen dan elastin karena radikal bebas membuat vagina tidak rapat. Untuk menangkal bahaya radikal bebas, caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya antioksidan.

Asupan antioksidan bisa Anda dapatkan dari sayur dan buah-buahan. Pilih yang warnanya kuat yaitu sangat gelap ataupun sangat cerah. Contohnya seperti yoghurt, ikan, jamur, dan kacang-kacangan. Olahan dari bahan tersebut bisa mengembalikan elastisitas otot pada vagina. Cara ini terbukti ampuh dan efektif mengatasi vagina kendur.

Selain itu, Anda juga harus menghindari minuman beralkohol. Makanan yang mengandung pengawet dan bahan kimia keras juga jangan dikonsumsi. Berhentilah merokok agar kesehatan vagina tetap terjaga. Alkohol, rokok, dan bahan pengawet menjadi sumber radikal yang bisa menurunkan kadar kolagen dan elastin.

2. Melakukan senam

Melemahnya otot panggul bagian bawah menjadi penyebab mengendurnya vagina. Masalah ini tentu membuat kenikmatan berhubungan seks berkurang. Pelemahan otot panggul bisa terjadi karena proses persalinan normal ataupun penuaan. Meski termasuk hal yang wajar, namun elastisitas vagina bisa Anda kembalikan.

Untuk mengencangkan otot-otot vagina, Anda bisa melakukan senam kegel di rumah. Gerakan yang berpusat pada panggul bagian bawah tersebut sangat aman dipraktikkan. Senam kegel bisa dilakukan sembari berbaring ataupun duduk. Bagi Anda yang baru melahirkan, gerakan ini tidaklah susah. Selain senam kegel, ada juga senam pinggul. Jika kondisi tubuh cukup fit, praktikkan saja squat dan gerakan mengangkat kaki.

Lakukan secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika selama melakukan gerakan, Anda mengalami cidera. Sebaiknya hentikan latihan terlebih dahulu. Banyak wanita yang membuktikan senam kegel dapat mengencangkan vagina lebih efektif. Andapun bisa mencobanya agar otot vagina kembali rapat.

3. Terapi laser

Dari segi medis, terapi laser cukup aman dilakukan. Terapi tersebut ampuh mengatasi vagina kendur yang disebabkan penuaan alami. Lapisan pada vagina akan ditembak menggunakan sinar laser. Tujuannya untuk merangsang produksi kolagen pada kulit. Hasilnya, vagina dan lapisan kulit akan kembali kenyal dan kencang.

Terapi laser tidak membutuhkan pembedahan sama sekali. Prosesnya juga relatif cepat, hanya butuh 15 menit saja. Alat penembak laser dengan panjang 6 cm akan dimasukkan kedalam vagina. Setelah ditembakkan, rasa hangat pada terasa. Kondisi tersebutlah yang memicu produksi kolagen dan elastin. Cara ini cukup efektif untuk meremajakan vagina agar kembali kencang.

Jadi jika Anda mengalami masalah vagina kendur, tak perlu risau karena ada cara untuk mengencangkannya. Diperlukan kerja keras dan konsistensi agar hasilnya lebih cepat dan maksimal. Pilih cara yang lebih aman dan mudah menurut Anda.

24 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vaginal Plastic Surgery: Vaginoplasty and Labiaplasty Procedures. WebMD. (https://www.webmd.com/women/guide/vaginoplasty-and-labiaplasty-procedures#1)
Vaginismus. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/vaginismus/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cobalah Gerakan Senam Simpel Ini Untuk Kencangkan Miss V
Cobalah Gerakan Senam Simpel Ini Untuk Kencangkan Miss V

Jika vagina mengendur, maka akan berdampak pada saluran kencing yang mengalami gangguan dan menurunkan hasrat seksual pasangan. Tidak mau bukan hal ini terjadi? Untuk mengantisipasinya, lakukan senam simpel berikut ini untuk kencangkan organ V Anda!

Buka di app