Memilih Baju Senam

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Memilih Baju Senam

Memilih baju senam yang baik dapat menjadi hal yang tidak mudah mengingat dibutuhkannya banyak ruang gerak saat Anda melakukan senam. Kombinasi gerakan-gerakan lentur dan menantang serta dipenuhi dengan teknis yang membutuhkan tingkat latihan dan fokus yang tinggi harus dilengkapi dengan pakaian yang membuat Anda merasa nyama. Karenanya, Anda harus dapat memilih baju senam yang tepat. 

Bagaimana Cara Memilih Baju Senam?

Beberapa kriteria baju senam yang tepat haruslah memiliki karakteristik berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Sesuaikan jenis baju senam Anda dengan jenis gerakan yang banyak Anda lakukan

Jenis baju senam untuk training biasa cenderung berjenis lycra dan dapat merenggang, serta bertekstur halus dengan bahan velour untuk kesejukan selama berlatih fisik. 

2. Utamakan kenyamanan saat mencoba baju senam

Hal yang terpenting dari baju senam yang Anda gunakan adalah adanya baju senam yang benar-benar pas dengan tubuh Anda sehingga Anda bebas menggerakkan tubuh. Biasanya, terdapat ukuran pada baju senam yang tersedia, dan ukuran ini akan didasarkan pada panjang tubuh Anda sebagai pemakainya, ukuran lingkar pinggang dan lingkar dada. Jika Anda tidak merasa nyaman ketika menggunakan baju senam, Anda tidak akan betah menggunakannya dan akan merasa terganggu saat sedang melakukan senam. Pastikan baju senam Anda ketat namun jatuh dengan sesuai di tubuh Anda, tidak terlalu sesak dan sesuai dengan ukuran Anda.

3. Hindari kostum senam yang terlalu longgar

Kostum senam yang terlalu longgar dapat dengan mudah membuat Anda tersandung atau mudah robek serta membatasi ruang gerak Anda selama melakukan berbagai gerakan senam.

4. Ikuti rekomendasi para pelaku senam profesional

Para pesenam profesional tahu betul kostum senam seperti apa yang baik untuk digunakan. Jika guru atau instruktur senam Anda memberikan masukan mengenai jenis baju senam apa yang dibutuhkan untuk mengikuti kelasnya, sebaiknya ikuti rekomendasi beliau.

5. Utamakan keamanan Anda

Memilih baju senam juga erat hubungannya dengan kostum yang aman dan nyaman digunakan. Pesenam seringkali menggunakan alat juga dalam praktiknya dan senantiasa membutuhkan gerakan yang dinamis dan seru, yang harus dilakukan secara teratur. Pakaian senam Anda harus memungkinkan Anda untuk bebas bergerak dan aman melekat pada tubuh Anda, terutama saat Anda melakukan gerakan menggunakan alat.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Our Favorite Winter Workout Clothes for Women. ClassPass. (https://classpass.com/blog/2018/12/17/womens-winter-workout-clothes/)
This is the best women’s fitness apparel you can get for under $50. Insider. (https://www.insider.com/womens-fitness-clothes-under-50-dollars-2017-1)
What to Wear Running: The Best Clothes & Gear for Beginners. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/basic-running-clothes-for-beginners-2911840)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cobalah Gerakan Senam Simpel Ini Untuk Kencangkan Miss V
Cobalah Gerakan Senam Simpel Ini Untuk Kencangkan Miss V

Jika vagina mengendur, maka akan berdampak pada saluran kencing yang mengalami gangguan dan menurunkan hasrat seksual pasangan. Tidak mau bukan hal ini terjadi? Untuk mengantisipasinya, lakukan senam simpel berikut ini untuk kencangkan organ V Anda!

Manfaat dan Gerakan Dasar Senam Lantai untuk Pemula
Manfaat dan Gerakan Dasar Senam Lantai untuk Pemula

Menurut banyak penelitian belajar gerakan senam lantai dapat membuat otak seseorang lebih pintar. Senam lantai dapat meningkatkan kesehatan kognitif dengan memperluas daya ingat, perhatian, penalaran, dan keterampilan belajar. Berlatih senam lantai juga dapat berdampak pada area otak tertentu yang bertanggung jawab untuk gerakan fisik dan koordinasi.

Buka di app