Makanan dan Diet Sehat

Manfaat Sehat Larutan Air Garam Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 1 menit
Manfaat Sehat Larutan Air Garam Bagi Kesehatan Tubuh

Garam memiliki kandungan sodium yang tinggi, sehingga dalam masakan dan makanan sehari-hari, garam cenderung dihindari untuk menjaga organ-organ dalam tubuh tetap berfungsi dan terbebas dari segala macam penyakit. Meski demikian, garam tetaplah merupakan nutrisi penting yang dapat diperoleh manfaatnya secara lebih maksimal jika dikonsumsi dalam bentuk larutan oralit. Apa saja manfaat tersebut?

1.Detoks alami
Larutan air garam kerap digunakan dalam pengobatan tradisional Ayurvedic untuk mendetoks atau membersihkan tubuh dari racun-racun yang menumpuk, terutama racun yang terdapat di area pencernaan. Selain itu, larutan air garam juga membantu memperbaiki kerusakan dari makanan yang kurang baik yang sudah kita konsumsi, yang ternyata ikut ambil bagian merusak sel-sel penting di saluran pencernaan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

2.Menghindari tubuh dari dehidrasi
Saat Anda baru selesai berolahraga dengan intensitas tinggi dalam udara Indonesia yang super panas, mengonsumsi larutan air garam dapat dengan cepat memulihkan hilangnya cairan tubuh akibat keringat yang keluar dalam jumlah banyak. Secara alami, tubuh akan kehilangan banyak cairan alaminya dan kehilangan asupan sodium dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan.


Dengan meminum larutan air garam yang juga dapat digantikan dengan bentuk minuman berenergi yang memiliki kandungan sekitar 110 miligram sodium setiap 8 ons sajiannya, cairan dalam tubuh langsung digantikan dan asupan sodium terpenuhi. 

Meski memiliki manfaat yang baik, terutama pada tubuh dengan kondisi dehidrasi seperti saat mengalami diare atau sehabis berolahraga, namun meminum larutan air garam juga memiliki efek samping yang harus diwaspadai.

Jika Anda mengsonsumi larutan air garam secara berlebihan, sodium dapat menumpuk di dalam usus dan menyebabkan tubuh terhalangi dari kemampuan alaminya untuk menyerap air, sehingga terjadi diare. 


Meski air garam memiliki manfaat baik, namun mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup tetap diwajibkan untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh serta membantu menyehatkan pencernaan dengan mengeluarkan racun dan mencegah sembelit.

Air putih juga mampu membantu men-detoks tubuh dengan mengeluarkannya lewat urin, buang air besar dan keringat. Air putih biasa juga membantu Anda merasa kenyang dan mencegah hilangnya cairan tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Nita

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
A guide to salt water gargles: Sore throat, other conditions, and recipe. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325238.php)
Salt Water Gargle: Sore Throat, How To, Recipe, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/salt-water-gargle)
Does Gargling Wlth Salt Water Ease a Sore Throat?. WebMD. (https://www.webmd.com/cold-and-flu/features/does-gargling-wlth-salt-water-ease-a-sore-throat)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit