Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

Buah adalah jenis makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Namun, banyak orang yang masih malas memakan buah, dengan alasan memakan buah tidak praktis, perlu dikupas dan dipotong-potong terlebih dahulu. 

Saat ini ada berbagai macam olahan buah yang dapat dijumpai dengan mudah. Dahulu buah hanya diolah menjadi jus saja, tetapi sekarang buah dapat dijadikan menjadi salad.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Tidak kalah populer dengan salad sayur, salad buah juga banyak diminati. Menggunakan berbagai potongan buah segar ditambah dengan saus yang lezat, membuat salah buat tidak hanya enak untuk dimakan tetapi juga menyehatkan.

Banyak orang yang masih meragukan manfaat dari mengonsumsi buah. Banyak juga orang yang berpikir bahwa mengonsumsi buah tidak sehat karena mengandung gula. 

Mengonsumsi gula secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Namun, buah hanya mengandung gula dalam bentuk fruktosa, dan tidak berbahaya bagi kesehatan meskipun dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi dalam mengonsumsi buah-buahan.

Manfaat buah-buahan

Buah kaya akan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Ada dua jenis serat yang terkandung dalam buah yaitu serat yang larut air dan serat yang tidak larut air. Serat yang larut air biasanya berbentuk seperti gel. 

Serat ini bermanfaat untuk memperlambat penyerapan karbohidrat, sehingga tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, jenis serat ini juga dapat menurunkan kolesterol dan gula darah

Sedangkan serat tak larut air bekerja dengan mengikat makanan di sistem pencernaan untuk dikeluarkan bersama anus. Serat ini sangat baik untuk penderita konstipasi agar dapat buang air besar dengan lancar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Tidak perlu diragukan lagi, buah kaya akan kandungan vitamin dan mineral. 

Vitamin yang terkandung dalam buah antara lain vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, jaringan tubuh, kulit, dan mencegah risiko kanker prostat, vitamin B1 yang berfungsi menjaga kesehatan otot, kulit, rambut, dan saraf, serta vitamin B6 yang dapat mencegah penyakit jantung dan membantu pembentukan darah.

Selain itu buah juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, merangsang pembentukan kolagen, menguatkan imunitas, dan menjadi antioksidan, serta vitamin E yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Buah juga mengandung mineral yang penting bagi tubuh, seperti kalium, mangan, dan asam folat. Mineral ini berfungsi untuk menjaga tubuh dari risiko terkena penyakit berbahaya, seperti jantung, kolesterol, tekanan darah tinggi, serta anemia.

Cara Membuat salad buah

Ada berbagai jenis buah yang dapat dipakai untuk membuat salad. Buah yang sering dipakai untuk membuat salad buah adalah apel, alpukat, anggur, stroberi, jeruk, dan pepaya. Anda juga bisa memilih buah jenis lain sesuai selera.

Cara membuat salad buah adalah:

  1. Potonglah buah-buahan menjadi ukuran yang lebih kecil.
  2. Campurkan semua buah ke dalam satu wadah.
  3. Tuang saus ke dalam buah dan aduk hingga rata. Anda bisa menggunakan saus mayonaise atau yogurt. Menggunakan mayonaise tidak dianjurkan karena mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Sebaiknya menggunakan yogurt karena kaya akan kalsium dan bakteri yang baik untuk pencernaan.
  4. Tambahkan pemanis pada saus salad buah. Hindari menggunakan pemanis seperti gula, susu kental manis, ataupun sirup. Menggunakan madu sebagai pemanis sangat dianjurkan.
  5. Tambahkan toping. Penggunaan toping keju atau cokelat tidak dianjurkan. Keju dan cokelat mengandung kalori yang tinggi, sehingga dapat menghilangkan manfaat utama dari buah.
  6. Agar lebih segar, taruhlah salad buah di dalam lemari pendingin.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
12 Heart-Healthy Foods to Work into Your Diet. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/12-heart-healthy-foods-to-work-into-your-diet/)
Dragon Fruit Health Benefits & Nutrition. WebMD. (https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-dragon-fruit#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app