Manfaat Minum Pil KB untuk Wanita Aktif

Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 4, 2019 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Minum Pil KB untuk Wanita Aktif

Pil KB merupakan metode kontrasepsi yang mudah dan cenderung murah untuk dipilih oleh wanita yang ingin merencanakan kehamilan. Hebatnya, pil KB kini tidak hanya tersedia untuk mencegah kehamilan namun juga untuk membantu wanita mendapatkan tambahan asupan zat besi yang dibutuhkan ketika mereka memasuki periode menstruasi. Defisiensi zat besi terutama ketika menstruasi sangat riskan membuat wanita cepat lelah dan lemas.

Oleh karena itu keberadaan pil KB yang mengandung zat besi memberikan anda manfaat ganda tidak hanya untuk mencegah kehamilan namun juga mendukung segudang aktivitas anda dengan kandungan zat besi di dalamnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Beragam Jenis Pil KB di Pasaran

Pil KB yang ada di pasaran tersedia dalam dua jenis, yaitu pil KB kombinasi dan pil KB mini yang hanya mengandung satu jenis hormon saja yaitu hormon progestin.

Pil KB Kombinasi
Pil KB kombinasi adalah pil yang umumnya telah dikenal oleh masyarakat. Pil ini mengandung kombinasi dari dua jenis hormone yaitu hormone progestin dan hormon estrogen. Selain itu terdapat pula beberapa pil kosong yang tidak mengandung hormone yang dikonsumsi saat wanita sedang mengalami menstruasi. Pil KB kombinasi bekerja dengan mencegah terjadinya ovulasi, yakni ketika sel telur dilepaskan dari indung telur menuju tuba falopi. Selain itu, pil ini juga bekerja mengentalkan lendir mulut Rahim atau serviks sehingga sperma tidak dapat bertemu dengan sel telur. Pil ini juga menipiskan dinding Rahim sehingga sel telur yang sudah dibuahi tidak dapat menempel.

Pil KB mini
Pil KB mini terdiri dari pil aktif yang mengandung hormone progestin. Pil KB mini memiliki dosis hormone yang jauh lebih rendah ketimbang pil KB kombinasi. Secara umum, cara kerja pil KB mini mirip dengan pil KB kombinasi.

Pil KB untuk mendukung wanita aktif

Kini telah tersedia di pasaran pil KB yang dilengkapi dengan manfaat tambahan berupa zat besi. Zat besi pil KB terdapat pada pil placebo, yakni pil tidak aktif yang tidak mengandung hormone. Pada pil tidak aktif diberikan zat tambahan berupa ferrous fumarate yaitu zat besi yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah.

Manfaat Mengkonsumsi Pil KB

Menstruasi lebih teratur
Banyak faktor yang membuat periode menstruasi seorang wanita menjadi tidak teratur. Dengan mengkonsumsi pil KB kombinasi secara rutin, ternyata justru dapat membuat siklus menstruasi lebih teratur karena lebih mudah diprediksi.

Menghilangkan migrain yang sering dialami saat datang bulan
Anda yang sering mengalami sakit kepala sebelah atau migrain ketika datang bulan dapat terjadi dikarenakan hormone estrogen yang menurun saat menstruasi. Mengkonsumsi pil KB kombinasi secara rutin dapat membantu anda menyeimbangkan kadar hormone dalam darah sehingga risiko migraine berkurang.

Meredakan gejala endometriosis
Banyak wanita yang mengeluh nyeri dan kram pada bagian perut ketika menstruasi. Hal ini terjadi karena jaringan normal di dalam rahim atau endometrium tumbuh diluar rahim. Akibatnya adalah rasa sakit yang tidak tertahankan. Pil KB membantu meringankan rasa sakit dengan menghambat pertumbuhan endometrium.

Mencegah anemia defisiensi zat besi
Ketika wanita mengalami menstruasi, mereka akan kehilangan sejumlah darah yang berisiko membuat mereka kekurangan zat besi. Bahkan 10% wanita usia subur mengaku mengalami pendarahan berlebihan. Kondisi ini dapat mengakibatkan anemia defisiensi zat besi jika dibiarkan. Dengan mengkonsumsi pil KB yang mengandung zat besi, risiko anemia ini dapat berkurang sehingga anda tidak perlu khawatir kekurangan zat besi ketika menstruasi.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app