Manfaat Menakjubkan Buah Bit (Beetroot) bagi Kesehatan

Beragam nutrisi baik yang terkandung dalam buah bit ternyata memiliki manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan Anda. Manfaat tersebut berupa mencegah dan mengobati penyakit. Beberapa manfaat buah bit bagi kesehatan adalah sebagai berikut:
Dipublish tanggal: Sep 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Buah bit (beetroot) adalah tanaman yang tergolong dalam jenis umbi-umbian. Tanaman ini mempunyai warna merah gelap dan tumbuh di dalam tanah. Beetroot memiliki bentuk dan rasa yang khas. 

Sejak zaman dahulu buah bit dimanfaatkan sebagai bahan obat alami, tetapi buah bit juga dapat diolah menjadi jus, direbus, dikukus, dipanggang, atau dimakan mentah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Buah bit memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi dalam buah bit antara lain berupa vitamin A, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, protein, karbohidrat, magnesium, kalium, zat besi, antioksidan, serat larut, dan folat. 

Tanaman ini mempunyai kandungan lemak dan kalori yang rendah. Simak beberapa manfaat menakjubkan buah bit bagi kesehatan pada uraian di bawah ini.

Manfaat buah bit (beetroot)

Beragam nutrisi baik yang terkandung dalam buah bit ternyata memiliki manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan Anda. Manfaat tersebut berupa mencegah dan mengobati penyakit. Beberapa manfaat buah bit bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan otak

Buah bit memiliki kandungan nitrit yang baik bagi kesehatan otak. Nitrit dapat membantu memperlebar pembuluh darah sehingga memperlancar aliran darah dan oksigen menuju otak. 

Mengkonsumsi jus buah bit diyakini mampu mencegah perkembangan gejala pikun, sehingga jus buah bit sangat dianjurkan diminum oleh orang lansia.

2. Menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah

Kandungan nitrat yang diubah menjadi nitrit oksidan pada buah bit mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, pigmen merah betasianin dan antioksidan yang terdapat pada buah bit dapat mengatasi masalah peradangan yang membuat kinerja jantung tidak stabil. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Gangguan pada pembuluh darah dan jantung dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah bit.

3. Menjaga kesehatan hati

Kandungan buah bit dapat mencegah timbunan pada lemak hati yang dapat memicu munculnya penyakit lain. Mengkonsumsi buah bit yang sudah diolah atau dimasak bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati.

4. Membantu melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan antioksidan yang terdapat pada buah bit dapat membantu melancarkan pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Tetapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah bit, karena dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh dan membuat kinerja ginjal semakin memburuk. 

Orang yang mempunyai penyakit ginjal harus mengkonsumsi buah bit dengan takaran yang benar.

5. Mengobati diabetes

Buah bit juga mempunyai manfaat bagi penderita diabetes. Buah bit memiliki kandungan antioksidan asam alpha-lipoic yang dapat menurunkan dan menstabilkan kadar gula dalam darah, serta dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyembuhan saraf yang rusak pada penderita diabetes. 

6. Mengobati peradangan

Buah bit dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan di dalam tubuh. Sebenarnya peradangan wajar terjadi pada tubuh manusia untuk melawan benda asing. Namun jika peradangan tidak kunjung sembuh, maka dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

7. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan pigmen merah betacyanin diduga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker secara efektif. Selain itu, para peneliti juga mempercayai bahwa buah bit mampu melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker. Tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

8. Memenuhi nutrisi bagi ibu hamil dan janin

Folat yang terdapat dalam buah bit sangat penting dikonsumsi bagi ibu hamil. Folat bermanfaat untuk mencegah cacat pada bayi dan menurunkan risiko bayi terlahir prematur. Tetapi ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi buah bit dalam jumlah yang banyak. 

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk memperoleh informasi mengenai kebutuhan folat bagi Anda dan janin Anda.

9. Meningkatkan kinerja saraf dan otot

Buah bit mengandung mineral kalium yang cukup banyak, sehingga bisa meningkatkan kinerja saraf dan otot. Buah bit juga dapat mengatasi kelelahan, mengatasi irama jantung tidak teratur, dan mencegah kram otot

Selain itu, para peneliti juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi buah bit sebelum berolahraga dapat meningkatkan kinerja fisik dan stamina.

Itulah beberapa manfaat buah bit yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Walaupun buah bit mempunyai banyak manfaat, bukan berarti Anda bisa mengkonsumsi buah bit dalam jumlah yang besar. 

Mengkonsumsi buah bit dalam jumlah yang besar dapat mengakibatkan kerusakan ginjal, dan menurunkan kadar kalsium dalam tubuh. Apabila Anda masih ragu mengenai dosis mengkonsumsi buah bit ini, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter.


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Beetroot: Benefits and nutrition. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/277432)
Beetroot 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/foods/beetroot)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app