Manfaat Glucosamine yang Harus Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Agu 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 18, 2020 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Glucosamine yang Harus Anda Ketahui

Apa itu Glucosamine?

Glucosamine adalah senyawa alami yang secara kimia diklasifikasikan sebagai gula amino. 

Glucosamine berfungsi sebagai bahan penyangga untuk berbagai molekul fungsional dalam tubuh, tetapi glucosamine lebih dikenal memiliki manfaat dalam memelihara tulang rawan dalam sendi.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Glucosamine juga ditemukan pada beberapa hewan dan jaringan non-manusia lainnya, termasuk cangkang kerang, tulang hewan, dan jamur. Suplemen glucosamine sering dibuat dari sumber-sumber alami ini.

Glucosamine biasanya digunakan untuk mengobati dan mencegah kelainan sendi, seperti osteoartritis. Suplemen glucosamine dapat digunakan secara oral atau dioleskan dalam bentuk krim atau salep.

4 Manfaat Glucosamine

Dapat Mengurangi Peradangan

Glucosamine sering digunakan sebagai suplemen untuk mengobati gejala berbagai penyakit akibat peradangan

Cara kerja glucosamine dalam mengobati penyakit tidak dapat dipahami dengan baik, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa glucosamine dapat mengurangi peradangan - terutama bila digunakan bersama dengan suplemen chondroitin.

Menjaga Kesehatan Sendi

Glucosamine dapat ditemukan secara alami di dalam tubuh Anda. Salah satu fungsi utama glucosamine adalah untuk mendukung perkembangan jaringan yang sehat di antara persendian. 

Tulang rawan adalah jenis jaringan putih halus yang menutupi ujung tulang Anda di mana mereka bertemu untuk membentuk sendi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Jenis jaringan ini, bersama dengan cairan pelumas yang disebut cairan sinovial,  memungkinkan tulang untuk bergerak dengan bebas satu sama lain, meminimalkan gesekan dan memungkinkan gerakan tanpa rasa sakit pada sendi. 

Glucosamine membantu membentuk beberapa senyawa kimia yang terlibat dalam pembuatan tulang rawan artikular dan cairan sinovial.

Sering digunakan untuk mengobati Kelainan pada Tulang dan Sendi

Suplemen glucosamine biasanya dikonsumsi untuk mengobati berbagai kondisi tulang dan persendian. glucosamine dipercaya memiliki potensi untuk mengobati gejala dan menghambat perkembangan penyakit yang berhubungan dengan osteoartritis, rheumatoid arthritis dan osteoporosis

Meskipun glucosamine biasanya digunakan untuk mengobati berbagai kondisi tulang dan persendian, diperlukan lebih banyak penelitian mengenai efek glucosamine terhadap penyakit yang bersangkutan.

Penggunaan Lainnya

Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa salah satu bentuk glucosamine dapat membantu orang-orang dengan penyakit saluran pencernaan (IBD). 

Di tempat lain, para ilmuwan di University of California, Irvine, menemukan bahwa suplemen N-acetyl glucosamine (GlcNAc) dapat menekan respons autoimun yang merusak jaringan pada pasien dengan Multiple Sclerosis.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Tampaknya GlcNAc dapat menghambat pertumbuhan dan fungsi sel-T abnormal yang secara keliru menyebabkan sistem kekebalan seseorang untuk menyerang dan menghancurkan mielin, jaringan yang mengisolasi saraf.

Temuan ini didukung oleh studi yang dilakukan di Jefferson Medical College. Para peneliti menemukan bahwa glucosamine over-the-counter (OTC) membantu menunda timbulnya gejala MS pada tikus dan meningkatkan kemampuan mereka untuk bergerak dan berjalan.

Sebuah studi lebih lanjut menemukan bahwa glucosamine mungkin memiliki efek carry-over ketika digunakan dengan ibuprofen untuk mengurangi tingkat nyeri pada orang dengan masalah sendi temporomandibular (TMJ).

Apakah Glucosamine benar-benar bekerja?

Meskipun saat ini banyak klaim mengenai efek positif glucosamine pada banyak penyakit, penelitian yang tersedia hanya mendukung penggunaannya untuk berbagai kondisi dengan sampel yang sedikit.

Saat ini, bukti terkuat mendukung penggunaan glucosamine sulfat untuk pengobatan jangka panjang gejala osteoartritis. 

Namun pada penelitian yang sama, glucosamine mungkin tidak menimbulkan efek yang diinginkan pada semua orang. 

Menurut data yang tersedia, kecil kemungkinannya untuk menjadi pengobatan yang efektif untuk penyakit lain atau kondisi peradangan.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan glucosamine, perhatikan kualitas suplemen yang Anda pilih,  karena pemilihan kualitas suplemen dapat membuat perbedaan dalam efek yang dihasilkan oleh suplemen tersebut.

Di beberapa negara sangat sedikit regulasi tentang suplemen makanan. Karena itu, label mungkin menipu. Oleh karena itu ada baiknya untuk memeriksa sertifikasi pihak ketiga untuk memastikan Anda mendapatkan persis apa yang Anda bayar. 

Jika Anda ingin menggunakan suplemen glucosamine dalam penanganan kondisi medis terkait, ada baiknya bagi Anda untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter atau dokter spesialis Anda. 

Walaupun glucosamine dipercaya sebagai vitamin tulang, pada beberapa kasus (menyangkut masalah tulang) glucosamine tidak memiliki efek apapun sehingga sebelum menggunakan ini, Anda memerlukan pertimbangan dokter terlebih dahulu.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Glucosamine: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-glucosamine-88809)
Glucosamine: Uses, evidence, and side effects. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/265748)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app