Teh Kombucha, Ketahui Manfaat dan Risikonya Sebelum Diminum

Dipublish tanggal: Sep 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Teh Kombucha, Ketahui Manfaat dan Risikonya Sebelum Diminum

Teh kombucha mungkin tidak begitu familiar Anda. Namun, teh hasil fermentasi ini nyatanya mulai banyak dilirik karena ingin mencoba sendiri manfaat teh kombucha bagi kesehatan tubuh.

Teh kombucha dihasilkan melalui proses fermentasi teh, ragi, dan gula selama seminggu atau lebih. Selama proses fermentasi berlangsung, zat asam, bakteri, serta alkohol akan terbentuk di dalam jenis teh ini. Proses pengolahan itulah yang membuat teh kombucha memiliki rasa yang tajam, asam, dan beraroma seperti cuka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Manfaat teh kombucha bagi kesehatan

Teh yang juga dikenal dengan julukan teh jamur ini mengandung vitamin B, sedikit alkohol, antioksidan, natrium, gula, dan probiotik. Berdasarkan kandungan itulah, teh kombucha dipercaya mempunyai sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Menurut hasil penelitian serta beberapa riset, berbagai manfaat kombucha bagi tubuh adalah sebagai berikut:

1. Bagus untuk pencernaan

Kandungan antioksidan dan probiotik yang ada di dalam minuman teh kombucha mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal bakteri jahat penyebab infeksi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Pada studi penelitian yang diterapkan pada hewan juga memperlihatkan bahwa kombucha mengandung kaya antioksidan dan probiotik. Hal ini berguna untuk membantu proses pembuangan zat beracun pada organ hati, sehingga sangat baik untuk memelihara kesehatan hati.

Baca Juga: Benarkah Rutin Minum Secangkir Teh Dapat Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak?

2. Melindungi tubuh dari kanker

Manfaat teh kombucha dipercaya mampu mencegah pertumbuhan serta penyebaran sel-sel kanker. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan berupa polifenol di dalam kombucha. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efek anti kanker pada teh kombucha.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

3. Menurunkan tingkat gula darah tubuh

Pada studi penelitian yang diterapkan pada hewan percobaan, diketahui bahwa manfaat teh kombucha mampu memperlambat pencernaan karbohidrat di dalam tubuh. Karena itulah, teh kombucha dipandang bisa mengurangi kadar gula darah, sehingga ada kemungkinan berdampak baik bagi penderita diabetes.

4. Mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan ginjal

Berdasarkan studi kecil yang dilakukan pada hewan percobaan, teh kombucha diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL). Ditambah lagi dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, manfaat teh kombucha ini bagus untuk kesehatan jantung dan ginjal.

Baca Juga: Demi Kesehatan, 5 Teh Herbal Ini Wajib Dikonsumsi

Hal yang perlu diketahui sebelum minum teh kombucha

Popularitas teh kombucha yang terus meningkat membuat sebagian orang tertarik untuk membuat teh fermentasi ini sendiri di rumah. Tetapi sebenarnya, hal tersebut tidak dianjurkan.

Teh kombucha dibuat dengan teknik fermentasi tertentu. Salah cara membuat teh kombucha malah bisa membuat teh ini terkontaminasi bakteri berbahaya penyebab keracunan.

Meskipun ada banyak manfaat teh kombucha yang menggiurkan, minuman ini juga mempunyai sejumlah efek samping yang perlu Anda waspadai. Terutama bila diminum terlalu banyak, efek sampingnya bisa menyebabkan sakit kepala dan mual.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Sejumlah efek samping teh kombucha tersebut dipengaruhi oleh kandungan alkohol di dalamnya. Minuman ini juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, bayi dan anak-anak, pecandu alkohol, penderita penyakit hati, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang tergolong lemah.

Bila Anda mulai tertarik ingin minum teh kombucha untuk membuktikan khasiatnya, ada baiknya konsultasikan dulu ke dokter. 

Baca Juga: 3 Resep Teh Buah Segar yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Are There Benefits to Drinking Kombucha?. The New York Times. (https://www.nytimes.com/2019/10/16/style/self-care/kombucha-benefits.html)
Kombucha: Benefits and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319630.php)
Kombucha - Ingredients, Health Benefits, and Risks. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/the-truth-about-kombucha)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app