7 Deretan Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Maag

Dipublish tanggal: Okt 24, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Nov 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
7 Deretan Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Maag

Sakit maag bisa muncul akibat salah pilih makanan sehari-hari. Apabila Anda punya sakit maag, maka Anda harus lebih cemat dalam memilah-milih makanan agar gejala maag tidak mudah kambuh. Memangnya, apa saja makanan untuk penderita maag yang harus dihindari dan jadi pantangan? Berikut daftarnya.

Makanan untuk penderita maag yang wajib dihindari

Dispepsia atau yang biasa kita kenal dengan nama maag adalah salah satu penyakit yang muncul karena makan terlalu banyak atau terlalu cepat, sering stres, sering mengonsumsi obat tertentu, atau yang lainnya. Tidak jarang maag dipicu karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan sering minum minuman beralkohol. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari apabila Anda tidak ingin gejala maag kambuh. Beberapa makanan untuk penderita maag yang harus dihindari adalah:

1. Makanan dan minuman yang asam 

Yang dimaksud dengan makanan dan minuman yang asam misalnya saja buah jeruk, lemon, dan minuman bersoda. Kondisi lambung umumnya tidak tahan dengan rasa asam dari makanan, sehingga Anda perlu menghindarinya agar gejala maag tidak makin parah.

Baca Selengkapnya: 8 Buah untuk Sakit Maag yang Aman dan Dianjurkan

2. Makanan yang terlalu pedas 

Makanan pedas adalah salah satu makanan yang wajib dihindari oleh penderita maag. Ini karena rasa pedas bisa memicu terjadinya infeksi dan iritasi pada lambung. 

Berkaitan dengan makanan yang pedas, penderita maag juga tidak dianjurkan memakan makanan yang keras. 

3. Produk dari susu

Susu adalah minuman yang memiliki kandungan laktosa. Kandungan laktosa di dalam susu cenderung lebih sulit dicerna di dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Hal tersebut menyebabkan perut menjadi mudah kembung. Tak hanya itu, kandungan laktosa yang berlebihan di dalam tubuh juga dapat menyebabkan diare dan sering buang angin.

Akan tetapi, ini bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi susu sama sekali, lho. Pasalnya, selain laktosa masih ada banyak kandungan dan nutrisi penting lainnya di dalam susu. 

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi dokter dan menanyakan jenis minuman susu apa yang harus Anda hindari dan mana yang boleh dikonsumsi. 

4. Makanan berlemak dan dimasak dengan cara digoreng 

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa makanan yang berlemak dan digoreng adalah musuh utama tubuh. Tubuh yang memiliki terlalu banyak kandungan lemak berisiko tinggi mengalami obesitas di masa mendatang.

Selain itu, makanan yang berlemak juga bisa melambatkan fungsi otot pencernaan, sehingga lambung lebih sulit untuk menjadi kosong. Apabila Anda sedang dalam keadaan diare, maka makanan berlemak bisa memperparah diare.

Makanan yang digoreng adalah salah satu makanan yang sulit untuk dicerna, akibatnya perut Anda jadi mudah kembung sepanjang waktu. Tidak hanya itu, makanan yang digoreng juga mengandung serat yang sedikit sehingga sulit untuk dicerna. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

5. Makanan dan minuman manis 

Hindari makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan seperti fruktosa. Pemanis buatan bisa saja tidak terserap dengan sempurna sebelum mencapai usus, sehingga memungkinkan untuk menjadi pemicu penyakit maag. 

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi gula jawa sebagai pengganti gula biasa. Anda juga bisa memilih makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan agar Anda mendapatkan asupan serat dan gula alami dalam satu kali makan. 

Baca Juga: Camilan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

6. Alkohol 

Alkohol sangat berbahaya untuk hati dan tidak jarang membawa pengaruh negatif untuk pencernaan. Tidak hanya itu, alkohol juga memiliki sifat iritatif sehingga bisa semakin memperparah kondisi lambung. 

7. Minuman mengandung kafein 

Teh, kopi, dan soda dapat memicu dan memperparah gejala maag. Agar lebih aman, akan lebih baik apabila tubuh lebih banyak meminum air putih dibandingkan dengan minuman yang mengandung kafein

Apabila Anda menghindari makanan-makanan di atas, maka Anda bisa menjaga lambung agar tidak terserang maag kembali. Masih ada banyak sekali jenis makanan yang bisa Anda pilih untuk dikonsumsi tanpa membuat gejala maag kambuh.

Beberapa tips yang bisa diterapkan untuk penderita maag adalah makan dengan porsi sedikit tapi sering dan mengunyah makanan dengan perlahan. Kalau Anda sudah memiliki riwayat maag, maka jangan makan terlalu cepat. 

Beberapa orang kadang membutuhkan dokter untuk menjadwalkan pola makannya. Konsultasikan lebih lanjut pada dokter atau ahli gizi untuk menentukan mana makanan untuk penderita maag yang boleh dan harus dihindari.

Baca Juga: Pilih Makanan Tepat untuk Penderita Asam Lambung

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sarkar A, et al. (2016). Curcumin as a potential therapeutic candidate for Helicobacter pylori associated diseases. DOI: (http://doi.org/10.3748/wjg.v22.i9.2736)
Peptic ulcer disease. (2012). (http://patients.gi.org/topics/peptic-ulcer-disease/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app