Selain Susu, 10 Makanan Ini Juga Menjadi Sumber Kalsium Tinggi

Dipublish tanggal: Nov 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Nov 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Selain Susu, 10 Makanan Ini Juga Menjadi Sumber Kalsium Tinggi

Susu merupakan salah satu sumber kalsium paling tinggi. Namun sayangnya, hal ini menjadi pantangan bagi orang-orang yang alergi susu atau tidak kuat menerima kandungan dalam susu. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa makanan sumber kalsium lainnya yang bisa menjadi alternatif. Yuk, simak daftar makanan sumber kalsium berikut ini!

Makanan sumber kalsium selain susu

Sekitar 99% kalsium dalam tubuh akan disimpan di tulang dan gigi, sedangkan 1% nya akan disebarkan ke seluruh bagian tubuh selain keduanya. Banyak hal yang mempengaruhi cadangan kalsium dalam tubuh, misalnya saja jenis kelamin, ras dan juga aktivitas yang dilakukan sehari-hari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Baca Selengkapnya: Fungsi Kalsium untuk Tubuh Sehat dan Mengusir Penyakit

Memang benar bahwa susu adalah sumber kalsium yang cukup tinggi. Tapi kalau tubuh Anda tidak bisa menerima kandungan yang ada dalam susu atau memiliki alergi laktosa, maka Anda bisa mengonsumsi makanan lain, seperti:

1. Ikan sarden 

Ikan sarden merupakan jenis ikan yang mengandung kalsium cukup banyak. Mengonsumsi sekitar 70 grma ikan sarden saja sudah mampu memenuhi 286 mg kalsium. Bahkan, tulang lunak pada ikan sarden juga mengandung kalsium, lho!

2. Ikan salmon 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan salmon memang memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh. Apabila Anda mengonsumsi 70 gram ikan salmon, maka Anda bisa mendapatkan 180 mg kalsium baik untuk tubuh. 

3. Brokoli 

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang menjadi sumber kalsium tinggi. Dilihat dari nutrisinya, sekitar 50 gram borokoli mengandung 30 mg kalsium. Asal pengolahannya tepat, maka Anda bisa mendapatkan kandungan kalsium ini secara maksimal bagi tubuh. 

Baca Selengkapnya: Ini Dia, Manfaat Brokoli yang Luar Biasa

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

4. Pakcoy

Banyak orang yang mengenal pakcoy ini dengan nama sawi sendok atau bok choy. Pakcoy mengandung 150 mg kalsium dan bisa dimakan sebagai bahan lalapan. 

5. Bayam 

Bayam memang paling lezat apabila dibuat menjadi masakan sayur bening. Selain kaya serat, bayam juga mengandung kaya kalsium. Hal ini terbukti dari setiap 100 gram bayam mengandung 150 mg kalsium yang baik untuk tubuh.

6. Tahu 

Tahu adalah sumber protein nabati dan menjadi salah satu makanan sehat yang banyak dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain kaya protein, tahu juga menjadi makanan sumber kalsium yang murah meriah, lho!

Konsumsi 150 gram tahu sudah mampu memasok 300-500 mg kalsium. Kandungan ini tentunya sangat tinggi dan bagus untuk menjaga keseimbangan mineral tubuh. 

7. Biji wijen 

Biji wijen memang terlihat kecil dan seperti tidak memiliki manfaat untuk tubuh. Padahal, biji wijen adalah salah satu makanan yang mengandung banyak kalsium. 

Satu sendok makan biji wijen memiliki kandungan hingga 160 mg kalsium. Tidak jauh berbeda dengan susu, bukan?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

8. Almond 

Selain susu, kacang almond memang salah satu jenis makanan yang paling sering dikenal sebagai sumber kalsium untuk tubuh. Untuk bisa mendapatkan 75 mg kalsium, Anda hanya perlu mengonsumsi 20 buah kacang almond. Selain untuk mendapatkan kalsium, Anda juga bisa mengurangi berat badan dengan mengonsumsi kacang almond. 

9. Susu kedelai 

Apabila Anda termasuk orang yang tidak bisa meminum susu sapi karena merasa alergi laktosa, maka Anda bisa meminum susu kedelai sebagai penggantinya. Meminum 200 ml susu kedelai akan memberikan tubuh Anda sebanyak 240 mg kalsium. Jumlah ini tentunya cukup banyak untuk asupan nutrisi tubuh. 

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

10. Kacang merah 

Kacang merah ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang tidak kalah banyak dengan kacang almond. Apabila Anda mengonsumsi 230 gram atau setara satu cangkir kacang merah, maka Anda bisa mendapatkan kurang lebih 80 mg kalsium. 

Anda juga tidak perlu pusing memikirkan cara memasaknya. Pasalnya, kacang merah cukup mudah dibuat masakan umum seperti sup kacang merah atau dicampur dengan nasi biasa. 

Nah, 10 makanan sumber kalsium tersebut bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang tidak bisa minum susu karena alergi. Dengan memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh, maka tubuh Anda akan terhindar dari penyakit osteoporosis dan penyakit tulang lainnya. Jangan lupa juga untuk rutin konsultasi ke ahli gizi agar bisa tahu seberapa banyak kandungan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Best nondairy sources of calcium. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/healthy-eating/best-nondairy-sources-of-calcium)
18 non-dairy calcium-rich foods. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322585)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app