Daftar Makanan Pendukung Nutrisi Tulang Pada Masa Pertumbuhan

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Daftar Makanan Pendukung Nutrisi Tulang Pada Masa Pertumbuhan

Tinggi badan menjadi salah satu bahasan yang cukup krusial di masyarakat, terdapat sebuah anggapan yang sudah membudaya bahwa orang yang tidak bertubuh tinggi termasuk kategori golongan manusia “jelek”. 

Dengan demikian orang-orang mencari solusi untuk masalah tersebut seperti produk penambah tinggi badan. Beredar para penjual dan alat-alat tertentu yang mengklaim mampu menambah tinggi badan dengan cepat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Sebelum menyesal di kemudian hari, maka anda bisa persiapkan sejak dini saat masa pertumbuhan sedang berlangsung. Dimana pada kondisi pubertas akan lebih mendukung dalam mengalami pertumbuhan tinggi badan yang lebih optimal. 

Struktur pada tulang dilengkapi dengan beberapa nutrisi seperti kalsium, vitamin D dan C, Fosfor dan nutrisi penting lainnya. Dengan demikian kekurangan salah satu nutrisi pendukung tulang itulah menjadi salah satu penyebab terhambatnya pertumbuhan tinggi badan, selain akibat karena faktor genetik.

Beberapa makanan yang diperoleh dan dimasak dengan benar dapat dimanfaatkan sebagai gizi yang diperlukan untuk perkembangan tulang. Sehingga anda akan mendapatkan tinggi badan yang ideal. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, antara lain:

Susu

Menurut Penelitian yang dilakukan oleh National Institute Of Health’s Office of Dietary Supplements (ODS). Kandungan protein dan kalsium yang tinggi menjadikan susu baik untuk struktur tulang anda. Setidaknya 30% kalsium akan anda peroleh dari satu gelas susu yang diperlukan oleh tubuh.

Selain itu beberapa produk susu sudah mengandung difortifikasi vitamin D sehingga sangat baik bagi pertumbuhan, dimana 99% kalsium pada masa pubertas berada di bagian tulang.

Produk turunan susu

Yogurt dan keju menjadi salah satu jenis makanan yang dihasilkan dari pengolahan susu. Kedua bahan ini memiliki banyak kandungan kalsium. Konsumsi 8 ons yogurt perhari dapat memenuhi kebutuhan kalsium sebesar 42%. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Sedangkan konsumsi keju cheddar sebanyak 1,5 ons dapat mengandung lebih banyak kalsium sebesar 30%.

Dari semua jenis keju, Mozzarella sebagai jenis keju yang kaya akan kalsium yang diperlukan oleh tubuh. Apalagi saat ini telah beredar pula brand yang memproduksi keju, mengandung difortifikasi vitamin dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan.

Kuning Telur

Kuning dari telur kaya akan kandungan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga untuk kebutuhan nutrisi harian, anda dapat mengonsumsi kuning telur untuk menyumbang 6% kandungan vitamin D pada tubuh.

Buah dan Sayuran

Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis buah untuk membantu pertumbuhan tubuh seperti pepaya, jeruk, nanas dan strawberry. Dimana buah-buahan ini kaya akan vitamin C yang dapat membantu memproduksi sintetis kolagen sebagai protein bagi tulang.

Daging Merah

Kandungan fosfor dan magnesium yang dibutuhkan tulang dapat diperoleh dari konsumsi daging merah. Setengah dari massa tulang dibentuk oleh beberapa mineral seperti fosfor. Selain itu magnesium berfungsi meningkatkan kekuatan tulang dan pendukung baik untuk proses metabolisme.

Selain itu anda juga bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan laut, kacang-kacangan, oatmeal, kentang dan jagung untuk memberikan asupan fosfor dalam tubuh. Kemudian makanan yang kaya akan magnesium adalah gandum, kacang mede dan tofu.

Omega 3

Omega 3 berasal dari lemak ikan yang tidak jenuh sehingga sangat baik terhadap pertumbuhan tulang. Omega 3 memiliki peran dalam proses metabolisme tubuh. 

Jenis ikan yang kaya akan omega 3 adalah tuna dan mackerel. Pada 3 ons tuna kaleng mengandung 154 IU atau setara dengan 39% kandungan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
7 Best Bone-Building Foods. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/7-best-bone-building-foods/)
Food for strong bones. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/food-for-strong-bones/)
Osteoporosis Super-Foods for Strong Bones. WebMD. (https://www.webmd.com/osteoporosis/ss/slideshow-superfoods-for-your-bones)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app