Manfaat Sayur Pakcoy Untuk Kesehatan

Dipublish tanggal: Okt 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Des 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Sayur Pakcoy Untuk Kesehatan

Pakcoy atau sawi sendok (Brassica rapa L.) adalah tanaman asli dari China. Pakcoy yang masih tergolong keluarga dengan sawi hijau dan sawi putih ini memiliki berbagai macam kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B6, asam folat (vitamin B9), vitamin C, vitamin K, karbohidrat, serat, protein, kalium, magnesium, zat besi, dan kalsium. Dengan berbagai macam nutrisi tersebut, maka pakcoy juga memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat mengonsumsi sayur pakcoy untuk kesehatan 

Menjaga kesehatan mata

Pakcoy memiliki kandungan vitamin A yang baik bagi kesehatan terutama untuk retina mata. Pakcoy juga mengandung karotenoid sebagai prekursor vitamin A seperti lutein, beta karoten, dan zeaxanthin. Kandungan karotenoid sendiri dapat membantu mencegah katarak dan memperbaiki penglihatan di malam hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Baca selengkapnya: Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata

Menurunkan tekanan darah

Pakcoy juga mengandung banyak mineral penting bagi kesehatan tubuh seperti kalsium, kalium, dan magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah secara perlahan sehingga tekanan darah menjadi normal kembali. Tekanan darah tinggi (hipertensi) sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu terjadinya penyakit jantung, ginjal, hingga stroke. Untuk menghindari risiko penyakit tersebut, Anda dapat mengonsumsi sayur pakcoy atau sawi sendok dalam jumlah wajar untuk dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pakcoy mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C yang terdapat pada pakcoy juga dapat berperan sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas. Hal ini dapat membantu Anda menghadapi serangan penyakit yang biasanya terjadi saat cuaca sedang tidak menentu serta berbagai penyakit yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Mencegah osteoporosis dan meningkatkan kekuatan tulang

Vitamin K juga terkandung dalam sayuran pakcoy yang memiliki manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan membantu proses metabolisme tulang. Selain itu, pakcoy juga mengandung kalsium (Ca), zink (Zn), magnesium (Mg), dan zat besi (Fe) untuk memperkuat dan memperpadat tulang serta mencegah osteoporosis.

Sehingga untuk menjaga kesehatan tulang, Anda bisa mencoba mengonsumsi sayur pakcoy sekaligus memperkuat tulang Anda. Karena kekuatan tulang memang akan semakin berkurang seiring dengan pertambahan usia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Meningkatkan kesehatan jantung 

Pakcoy mengandung vitamin B6 (pyridoxine) dan vitamin B9 (asam folat). Vitamin B6 dan B9 berfungsi untuk menekan kadar homosistein dalam darah. Homosistein yaitu asam amino produksi tubuh sebagai hasil metabolisme protein. Apabila kadar homosistein dalam darah tinggi, maka akan menyebabkan timbulnya penyumbatan dalam pembuluh darah. Apabila pembuluh darah mengalami penyumbatan, maka akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung mematikan. Maka untuk mencegahnya, Anda dapat mengonsumsi sayur pakcoy yang dapat menjaga jantung dan pembuluh darah agar tetap sehat.

Memperlancar pencernaan

Pakcoy juga mengandung kaya serat sehingga dengan mengonsumsi sayur pakcoy, pencernaan akan menjadi lancar karena serat dapat memperlancar pencernaan dan mempermudah proses BAB. Kurangnya asupan serat merupakan salah satu penyebab susahnya buang air besar (BAB) dan menyebabkan pencernaan menjadi tidak lancar. 

Mengurangi resiko kanker

Pakcoy juga mengandung senyawa glucosinolate dan isothiocyanate yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh. Maka dengan mengonsumsi sayur pakcoy Anda dapat mengurangi resiko terkena kanker.

Kulit menjadi halus dan kenyal

Pakcoy mengandung vitamin C dan vitamin K yang berperan untuk meningkatkan pembentukan kolagen. Hal ini sangat membantu membuat kulit lebih kenyal, halus, lembap, dan memperlambat proses penuaan termasuk munculnya keriput pada wajah. Selain itu, kandungan antioksidan dalam pakcoy juga dapat menangkal radikal bebas serta polusi sehingga kulit Anda dapat menjadi lebih sehat. 

Baca juga: Manfaat dan Sumber Makanan yang Kaya Antioksidan


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
4 Makanan Yang Kaya Vitamin E Untuk Kesehatan Tubuhmu
4 Makanan Yang Kaya Vitamin E Untuk Kesehatan Tubuhmu

Meski hampir semua makanan mengandung vitamin E, namun ada baiknya anda mengetahui jenis makanan apa yang mengandung banyak vitamin E.

Buka di app