Macam-Macam Penyebab dan Penanganan Utama Pada Sakit Gigi

Anda tidak boleh mengabaikan sakit gigi. Sakit gigi disebabkan oleh pembusukan gigi yang bisa menjadi lebih parah jika tidak segera ditangani. Sakit gigi biasanya tidak membahayakan jiwa, tetapi pada beberapa kasus, sakit gigi bisa menandakan kondisi serius yang memerlukan perawatan medis yang secepatnya.
Dipublish tanggal: Agu 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Macam-Macam Penyebab dan Penanganan Utama Pada Sakit Gigi

Sakit gigi adalah rasa sakit yang Anda rasakan di atau di sekitar gigi Anda. Seringkali, rasa sakit merupakan tanda bahwa ada yang salah pada gigi atau gusi Anda. Namun, terkadang sakit gigi adalah sakit rujukan. 

Hal ini berarti sakit pada gigi disebabkan oleh masalah di bagian tubuh Anda yang lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Anda tidak boleh mengabaikan sakit gigi. Sakit gigi disebabkan oleh pembusukan gigi yang bisa menjadi lebih parah jika tidak segera ditangani. 

Sakit gigi biasanya tidak membahayakan jiwa, tetapi pada beberapa kasus, sakit gigi bisa menandakan kondisi serius yang memerlukan perawatan medis yang secepatnya.

Bagaimana rasanya sakit gigi?

Nyeri sakit gigi bisa berkisar dari yang ringan hingga parah, dan mungkin rasa sakitnya konstan atau sebentar.

Anda mungkin merasakan:

  • Nyeri yang berdenyut atau bengkak di atau di sekitar gigi atau gusi Anda
  • Demam
  • Nyeri yang tajam saat Anda menyentuh gigi Anda atau saat mengunyah
  • Daerah sekitar gigi yang lembut dan nyeri
  • Sensitivitas nyeri pada gigi Anda merespon terhadap makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin
  • Nyeri yang membakar atau seperti shock, yang tidak umum terjadi

Penyebab sakit gigi

1. Penyebab umum sakit gigi

Pembusukan gigi adalah alasan yang paling umum sakit gigi. Jika pembusukan gigi tidak segera ditangani, akan terbentuk nanah. Infeksi ini telah mencapai gigi Anda atau putih gigi di dalam gigi Anda. 

Segera periksakan ke dokter gigi jika Anda merasa Anda mengalami nanah pada gigi. Pada kasus yang langka, infeksi bisa menyebar ke otak, yang bisa membahayakan jiwa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Biropyron Tablet via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Screen shot 2019 05 14 at 14.26.47

Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh gigi yang menyimpang. Hal ini terjadi ketika salah satu gigi Anda, biasanya wisdom tooth, tersangkut pada jaringan gusi atau tulang Anda. Sehingga, gigi tidak bisa muncul atau tumbuh ke arah dalam.

2. Penyebab umum sakit gigi rujukan

Sinusitis adalah kondisi ketika sinus Anda menjadi terinflamasi karena infeksi virus, bakteri, atau jamur pada lubang sinus Anda. 

Karena akar dari gigi bagian atas Anda dekat dengan sinus Anda, sinusitis bisa menyebabkan rasa nyeri pada gigi bagian atas Anda.

3. Penyebab sakit gigi rujukan yang kurang umum

Sakit jantung atau kanker paru-paru juga bisa menyebabkan sakit gigi. Pada beberapa kasus, sakit gigi mungkin menjadi tanda waspada serangan jantung.

Jantung dan paru-paru bisa menyebabkan sakit gigi disebabkan oleh lokasi saraf vagus. Saraf ini dimulai dari otak Anda dan ke organ-organ yang berbeda di tubuh Anda, termasuk jantung dan paru-paru Anda. 

Saraf kemudian menuju ke rahang Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

4. Penyebab sakit gigi rujukan yang langka

Trigeminal neuralgia dan occipital neuralgia adalah kondisi neurologis yang menyakitkan yang menyebabkan saraf oksipital dan trigeminal menjadi teriritasi atau terinflamasi. 

Saraf-saraf ini melayani tengkorak, wajah dan gigi Anda. Ketika saraf ini terinflamasi, nyeri yang Anda rasakan seperti berasal dari gigi Anda.

Menangani sakit gigi

Sakit gigi biasanya memerlukan perawatan medis. Perawatan di rumah dapat membantu meredakan rasa nyeri sambil Anda menunggu dokter gigi atau dokter umum untuk merawat Anda.

1. Perawatan gigi 

Kebanyakan orang memeriksakan diri ke dokter gigi karena alasan sakit gigi, karena kebanyakan sakit gigi disebabkan oleh permasalahan pada gigi Anda. 

Dokter gigi Anda akan menggunakan X-ray dan pemeriksaan fisik pada gigi Anda untuk mendeteksi pembusukan gigi dan masalah gigi lainnya.

Dokter gigi Anda akan memberi Anda pereda nyeri dan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi. 

Jika sakit gigi Anda disebabkan oleh pembusukan gigi, dokter gigi Anda akan mengangkat pembusukannya dengan bor dan mengisi lubang hasil bor dengan material gigi. Gigi yang sudah parah harus dicabut dengan operasi.

Jika dokter gigi tidak bisa menemukan penyebab sakit gigi Anda, mereka akan merujukkan Anda ke dokter untuk diagnosis dan perawatan lanjutan.

2. Pengobatan sinusitis

Dokter Anda dapat mengobati sinusitis dengan antibiotik atau obat dekongestan. Pada kasus yang jarang, sinusitis mungkin memerluka operasi untuk membuka saluran hidung Anda.

3. Pengobatan trigeminal neuralgia dan occipital neuralgia

Tidak ada obat untuk kondisi ini. Pengobatan biasanya terdiri dari peredaan nyeri dengan obat.

Jika dokter mencurigai Anda memiliki serangan jantung, dokter akan mengirim Anda ke unit gawat darurat. Jika dokter gigi mencurigai Anda memiliki penyakit jantung atau paru-paru, Dokter akan merujukkan ke dokter untuk pemeriksaan lanjutan.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What is an impacted tooth? (2018). (https://www.aaoinfo.org/blog/what-is-an-impacted-tooth/)
Rooban T, et al. (2011). Tooth decay in alcohol and tobacco abusers. DOI: (https://dx.doi.org/10.4103%2F0973-029X.80032)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app