Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Maca: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 19, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Akar maca, Lepidium meyenii atau ginseng peruvian adalah tanaman yang tumbuh di Peru bagian tengah, tepatnya di dataran tinggi pegunungan Andes. Akar maca Telah dibudidayakan sebagai tanaman sayuran di daerah ini selama setidaknya lebih dari 3000 tahun.

Maca adalah kerabat dari lobak dan memiliki bau yang mirip dengan butterscotch. Akarnya digunakan untuk membuat obat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Maca memiliki berbagai efek kesehatan, dan sangat baik untuk mengatasi gejala akibat anemia, ,meningkatkan energi, stamina, kinerja atletik, dan memori. 

Ekstrak akar maca juga digunakan untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon wanita, masalah menstruasi, gejala menopause, meningkatkan kesuburan, dan disfungsi seksual yang disebabkan oleh antidepresan, osteoporosis, depresi, kanker lambung, leukemia, HIV / AIDS, TBC, disfungsi ereksi ( ED), untuk membangkitkan hasrat seksual, dan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam makanan, maca dikonsumsi dalam bentuk bubuk, disiapkan sebagai sup, dan digunakan untuk membuat minuman fermentasi yang disebut maca chicha.

Di bidang pertanian, akar maca digunakan untuk meningkatkan kesuburan pada ternak.

Mengenai Akar Maca

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Serbuk herbal, kapsul, tablet

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Komposisi

  • Karbohidrat
  • protein
  • serat makanan
  • lemak
  • glucotropaeolin
  • M-methoxyglucotropaeolin
  • benzyl glukosinolat
  • Polifenol
  • p-methoxybenzyl isothiocyanate

Manfaat Akar Maca

Akar maca mengandung banyak bahan kimia, termasuk asam lemak dan asam amino. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat diyakini dapat diatasi dengan penggunaan suplemen akar maca:

  • Disfungsi seksual yang disebabkan oleh obat antidepresan. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi maca dua kali sehari selama 12 minggu dapat meningkatkan gejala disfungsi seksual pada wanita yang menggunakan antidepresan.
  • Infertilitas pria. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi produk maca spesifik (Maca Gelatinizada La Molina, Laboratorium Hersil, Lima, Peru) setiap hari selama 4 bulan dapat  meningkatkan jumlah semen dan sperma pada pria sehat. 
  • Tetapi tidak jelas apakah  suplemen akar maca dapat meningkatkan kesuburan.
  • Kondisi pascamenopause. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi maca (Maca Powder Healthy Choices, Murwillumbah, NSW, Australia) setiap hari selama 6 minggu dapat meningkatkan tekanan darah dan mengatasi gangguan suasana hati, termasuk depresi dan kecemasan pada wanita pascamenopause. 
  • Tetapi manfaatnya sangat kecil.
  • Hasrat seksual. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi produk maca tertentu (Maca Gelatinizada La Molina, Laboratorium Hersil, Lima, Peru) setiap hari selama 12 minggu dapat meningkatkan hasrat seksual pada pria sehat.
  • anemia
  • Leukemia
  • Chronic Fatigue Syndrome atau sindrom kelelahan kronis (CFS).
  • Meningkatkan energi dan kinerja atletik
  • Meningkatkan daya ingat
  • Ketidakseimbangan hormon wanita
  • Masalah menstruasi
  • Gejala menopause
  • Osteoporosis
  • Kanker perut
  • TBC
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • HIV / AIDS

Yang perlu Anda ketahui adalah, dibutuhkan lebih banyak bukti penelitian untuk menilai efektivitas akar maca terhadap penyakit-penyakit di atas. Konsultasikan dengan dokter Anda terkait penggunaan suplemen apapun untuk mengatasi masalah kesehatan Anda.

Dosis Akar Maca

Meningkatkan energi

Dosis untuk meningkatkan energi biasanya adalah 1500 mg / hari yang dibagi menjadi tiga dosis, yang masing-masing mengandung 500 mg. Suplemen ini biasanya dikonsumsi dengan atau tanpa makanan.

Meningkatkan hasrat seksual

Untuk meningkatkan hasrat seksual, Anda perlu mengkonsumsi dosis yang tepat. Konsumsilah antara 1500-3000 mg dalam dosis yang terbagi setiap hari. Dianjurkan untuk mengkonsumsi dosis ini hingga 12 minggu untuk mendapatkan manfaatnya.

Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan dosis merupakan hal yang sangat penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang tertera pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan suplemen herbal apapun.

Efek samping Akar Maca

Maca cukup aman digunakan bagi kebanyakan orang ketika dikonsumsi dalam jumlah yang yang wajar. Maca juga cukup aman bila diminum dalam jumlah yang lebih besar sebagai obat (hingga 3 gram setiap hari) hingga 4 bulan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tampaknya penggunaan maca dapat ditoleransi dengan baik oleh kebanyakan orang.

Interaksi Akar Maca

Maca telah digunakan selama ribuan tahun sebagai makanan pokok. Belum ada masalah keamanan yang teridentifikasi selama menggunakan suplemen akar maca dengan dosis yang direkomendasikan. Tidak ada interaksi yang teridentifikasi dengan obat-obatan apapun. 

Namun, Anda harus selalu membicarakan dengan dokter mengenai penggunaan suplemen apapun untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu.

Perhatian


7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dording, C., Schettler, P., Dalton, E., Parkin, S., Walker, R., & Fehling, K. et al. (2015). A Double-Blind Placebo-Controlled Trial of Maca Root as Treatment for Antidepressant-Induced Sexual Dysfunction in Women. Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine, 2015, 1-9. https://doi.org/10.1155/2015/949036. Hindawi. (https://www.hindawi.com/journals/ecam/2015/949036/)
Ethnobiology and Ethnopharmacology of Lepidium meyenii (Maca), a Plant from the Peruvian Highlands. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3184420/)
Maca Root: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/ways-maca-may-benefit-your-health-89573)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp