Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Lutut Tidak Bisa Ditekuk atau Diluruskan - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.555.726 orang

Sendi lutut adalah sendi tubuh yang bekerja paling keras, karena sendi lutut berfungsi untuk menahan beban tubuh. Jika lutut Anda tidak bisa ditekuk atau diluruskan, Anda mungkin mengalami kondisi yang disebut dengan “lutut terkunci”.

Saat Anda mengalami kondisi ini, Anda akan merasa bahwa lutut Anda tidak bisa digerakan dan terkunci pada tempatnya. Lutut yang terkunci akan menimbulkan rasa sakit saat dicoba untuk digerakan dan tentu saja hal ini membatasi rentang gerak.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Apa penyebab lutut terkunci?

Kondisi utut terkunci, biasanya disebabkan oleh salah satu dari kondisi berikut: robek meniskus, fragmen tulang terlepas yang mengambang di dalam sendi atau rasa sakit yang sangat parah sehingga membatasi pergerakan lutut.

1. Meniscus yang robek

Pada sendi lutut terdapat dua meniscus, meniscus lateral dan medial, yang terletak di antara tulang paha besar (femur) dan salah satu tulang pada tungkai bawah (tibia). Meniscus adalah struktur pada persendian yang berbentuk seperti tapal kuda yang berfungsi sebagai peredam kejut pada sendi, membantu mendistribusikan berat badan, memberikan stabilitas sendi dan menjaga tulang agar tidak bergesekan.

Gerakan berputar secara tiba-tiba atau trauma pada lutut dapat menyebabkan robekan meniscus. Ketika meniscus robek, potongan (fragmen) meniscus kadang-kadang terjebak di antara tulang paha dan tibia, sehingga menyebabkan lutut terkunci.

Gejala yang dapat Anda alami saat mengalami robek meniskus adalah:

  • pembengkakan
  • kekakuan
  • rasa sakit, terutama ketika mencoba untuk memutar lutut Anda
  • kesulitan meluruskan lutut Anda sepenuhnya

2. Fragmen lepas

Potongan kecil tulang atau tulang rawan yang mengambang di dalam sendi dapat menyebabkan gejala lutut terkunci. Adanya potongan kecil di dalam rongga persendian, mungkin disebabkan oleh trauma, peradangan atau tumor non-kanker.

Kondisi medis tertentu seperti osteoartritis atau rheumatoid arthritis (rematik) juga dapat menyebabkan kematian jaringan di dalam sendi lutut juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Gejala yang dapat ditimbulkan oleh fragmen longgar meliputi:

  • rasa sakit dan bengkak yang datang dan pergi
  • adanya sensasi teraba benjolan kecil saat Anda menyentuh lutut
  • kekakuan kronis

3. Nyeri lutut

Nyeri parah pada lutut dapat membatasi gerakan sehingga sulit untuk menentukan apakah sendi lutut benar-benar terkunci atau nyeri begitu kuat sehingga menghambat gerakan.

Bagaimana mencegah terjadinya gejala lutut terkunci?

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab lutut terkunci, dan masing-masing memiliki langkah-langkah pencegahannya masing-masing. Namun pada prinsipnya, pencegahan lutut terkunci dapat dilakukan dengan membangun dan meningkatkan kekuatan otot pada lutut dan otot-otot kaki, agar dapat membantu mencegah timbulnya cedera dan kondisi yang dapat menyebabkan lutut terkunci. Bicaralah dengan dokter Anda tentang berbagai teknik latihan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga lutut Anda tetap sehat dan kuat.

Bagaimana menangani kondisi lutut terkunci?

Diagnosa

Pemeriksaan oleh ahli bedah ortopedi biasanya dapat menentukan apakah kondisi lutut terkunci disebabkan oleh rasa sakit atau masalah mekanis. Pemeriksaan X-ray mungkin dapat membantu dalam mengidentifikasi penyebab pasti dari lutut yang terkunci tetapi robekan meniscus dan adanya fragmen yang berukuran kecil mungkin tidak terlihat pada x-ray.

Magnetic resonance imaging (MRI) adalah pemeriksaan yang menggunakan magnet dan energi gelombang radio yang digunakan untuk menangkap gambar 3D dari dalam sendi lutut . Pemeriksaan ini dapat digunakan secara akurat untuk mendiagnosis penyebab lutut yang terkunci. MRI sering dapat menunjukkan masalah yang tidak terlihat pada x-ray.

Pengobatan lutut terkunci

Perawatan lutut yang terkunci tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Perawatan awal robekan pada meniscus bertujuan untuk mengendalikan pembengkakan dan peradangan dengan metode RICE, yang berarti Rest (istirahat), Ice (es), Compress (kompresi), dan Elevation (memposisikan lutut setinggi jantung).

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Metode ini sering direkomendasikan bersama dengan penggunaan obat anti-inflamasi dan terapi fisik. Beberapa pasien secara bertahap dapat kembali ke aktivitas normal mereka, sementara yang lain memerlukan perawatan bedah.

Operasi lutut artroskopi adalah prosedur minimal invasif yang dilakukan melalui serangkaian sayatan kecil. Hal ini memungkinkan ahli bedah ortopedi untuk melihat lokasi cedera kemudian memperbaiki meniskus yang rusak.

Fragmen yang lepas juga biasanya dapat ditangani melalui prosedur arthroscopic. Jika terdapat potongan yang sangat besar, yang tidak dapat dikeluarkan melalui prosedur artroskopi, prosedur arthrotomy yang dilakukan dengan membuka sendi mungkin dilakukan untuk potongan fragmen yang terlepas.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit