Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Lidah Bergerigi - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.331.290 orang

Lidah bergerigi adalah kondisi dimana munculnya lekukan bergelombang di sepanjang sisi lidah seseorang. Walaupun tidak sedap dipandang, tetapi lidah bergelombang umumnya tidak menimbulkan nyeri.

Walaupun jarang terjadi, tetapi rongga mulut yang dekat dengan bagian lidah yang bergerigi mungkin menjadi merah atau sensitif. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan atau gesekan yang signifikan pada kulit permukaan rongga mulut.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Lidah bergerigi biasanya bukan merupakan pertanda masalah yang serius, seperti kanker. Namun, jika Anda mengalami kondisi ini, bukan berarti kondisi lidah yang bergerigi tidak perlu dikhawatirkan.

Memahami penyebab lidah bergerigi atau bergelombang dapat membantu Anda untuk mengetahui kapan Anda harus pergi ke dokter.

Penyebab timbulnya lidah bergerigi

Dalam kebanyakan kasus, lidah bergerigi terjadi karena pembengkakan atau peradangan lidah. Pembengkakan lidah juga disebut macroglossia. Macroglossia atau pembengkakan pada lidah juga dapat menyebabkan gejala lain. Mengetahui berbagai gejala lain yang muncul bersamaan dengan lidah bergerigi, dapat membantu Anda memahami apa penyebab utama masalah lidah Anda.

1. Kondisi genetik atau cacat lahir

Beberapa kelainan atau penyakit bawaan lahir dapat menyebabkan makroglosia dan lidah bergerigi, contohnya:

  • sindrom Down
  • hipotiroidisme bawaan
  • sindrom apert

Masing-masing kondisi ini memiliki gejala unik.

2. Hipotiroidisme

Gangguan tiroid ini ditandai dengan rendahnya kadar hormon tiroid. Ketika kadar hormon tiroid rendah, Anda mungkin mengalami gejala-gejala berikut selain lidah bergerigi:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • rambut rontok
  • kelelahan
  • sakit dan kram
  • memar
  • tekanan darah rendah
  • Amiloidosis

3. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan pembengkakan di seluruh tubuh Anda, termasuk lidah Anda.

4. Stress

Berbagai gejala pada mulut dapat berasal dari tingkat stres yang tinggi. Seperti nyeri pada rahang, gigi gemeretak, dan menekan lidah Anda ke gigi Anda. Dalam jangka waktu yang lama, menekan lidah Anda ke gigi dapat menimbulkan lekukan pada gigi.

5. Kebiasaan parafungsional

Anda mungkin memiliki kebiasaan menggerakan lidah atau mulut Anda yang jika Anda lakukan dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan gigi bergerigi.

6. Gangguan sendi temporomandibular (TMD atau TMJ)

Sendi engsel yang menghubungkan rahang bawah dengan tengkorak Anda kadang-kadang bisa tersangkut atau tidak selaras. Ketika ini terjadi, lidah Anda harus bekerja keras untuk menahan rahang bawah pada tempatnya.

Anda mungkin harus menekan lidah Anda ke gigi Anda dan menurunkan mulut. Jika kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dapat membuat pola penekanan bergerigi pada sisi lidah Anda.

7. Sleep apnea

Lidah bergerigi mungkin merupakan tanda sleep apnea, yang menyebabkan Anda kesulitan bernafas saat Anda tidur. Anda mungkin secara tidak sadar mendorong lidah Anda ke bawah ke gigi Anda untuk membuka jalan napas, yang jika terjadi dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan lidah bergerigi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bagaimana cara mencegah timbulnya lidah bergerigi?

Untuk mencegah terjadinya lidah bergerigi, Anda dapat melakukannya dengan meringankan pembengkakan dan mengurangi kemungkinan rasa sakit atau iritasi. Beberapa cara pencegahan sederhana yang dapat dilakukan di rumah meliputi:

  • Kompres hangat: dapat mengurangi peradangan sehingga dapat mencegah pembentukan lidah bergerigi. Selain itu, kompres hangat dapat membantu meredakan nyeri.
  • Kompres dingin: Seperti kompres hangat, penggunaan es atau kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.
  • Alat-alat gigi: Pelindung mulut dan alat-alat lain dapat membantu mengurangi tekanan. Alat pelindung mulut sangat membantu ketika Anda tidur dan tidak dapat mengendalikan lidah Anda secara sadar.

Cara mengatasi lidah bergerigi

Diagnosa

Sebelum Anda mencari cara untuk mengatasi lidah bergerigi, hal yang paling pertama perlu Anda lakukan adalah menentukan apa penyebab dasar yang menyebabkan munculnya gejala lidah bergerigi. Dengan mengetahui secara pasti penyebabnya, Anda dapat memilih pengobatan yang sesuai dan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi.

Saat Anda memeriksakan diri Anda ke dokter, dokter akan menggali lebih dalam mengenai riwayat kesehatan Anda. Dokter akan bertanya mengenai segala kemungkinan baik itu penyebab dari dalam rongga mulut atau penyakit sistemik lain yang Anda derita.

Riwayat penyakit mungkin cukup untuk menegakan diagnosis. Namun, kemungkinan dokter Anda akan meminta Anda menjalani serangkaian tes seperti pemeriksaan darah untuk memeriksa kadar protein, vitamin, mineral, atau zat kimia lain yang mungkin terkandung di dalam darah Anda.

Selain itu, pemeriksaan biopsi, atau pengambilan sampel jaringan, dapat membantu memeriksa kadar protein atau mencari gejala lain yang dapat mendukung penyebab mendasar terjadinya gejala lidah bergerigi yang Anda alami.

Pengobatan

Perawatan untuk mengatasi lidah bergerigi tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa penanganan lidah bergerigi berdasarkan penyakit yang mendasarinya.

1. Kondisi genetik

Prosedur pembedahan dapat mengurangi gejala lidah bergerigi yang Anda alami. Prosedur ortodontik dapat memperbesar rongga mulut Anda, sehingga lidah Anda memiliki ruang yang cukup untuk bergerak.

2. Hipotiroidisme

Pengobatan suplementasi tiroid dapat diberikan untuk mengembalikan kadar hormon tiroid yang seimbang dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi gejala.

3. Amiloidosis

Amiloidosis belum bisa ditangani sepenuhnya, tetapi gejala dapat dikurangi dengan perawatan umum seperti kemoterapi dan transplantasi sel induk.

4. Dehidrasi

Minum banyak cairan sepanjang hari, setiap hari dapat membantu mencegah dehidrasi dan menghilangkan pembengkakan atau peradangan pada lidah.

5. Stress

Pengobatan stress yang diresepkan oleh dokter dapat membantu mengurangi gejala stress yang dapat menyebabkan munculnya lekukan pada lidah.

6. Kebiasaan parafungsional

Kebiasaan seperti menyodorkan lidah dan menggertakan gigi, adalah kebiasaan yang dapat menyebabkan lidah bergerigi. Terapi okupasi dapat dilakukan untuk mengurangi kebiasaan Anda melakukan hal-hal tersebut.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit