Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Lakukan Tips Ini untuk Mengecilkan Perut Buncit Anda

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Jan 19, 2020 Waktu baca: 3 menit

Perut adalah salah satu bagian tubuh manusia yang mempunyai elastisitas tinggi dan mudah untuk berlemak. 

Lemak yang terdapat dalam rongga perut dan mengelilingi organ-organ dalam perut disebut lemak visceral (visceral fat). Lemak ini yang dapat membuat perut Anda menjadi buncit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sebenarnya setiap orang memiliki lemak di perut dan hal ini wajar. Namun, ketika lemak pada perut sangat banyak, maka hal ini bisa mengganggu kesehatan Anda. 

Tidak hanya orang yang mempunyai berat badan berlebih, orang kurus juga bisa mengalami perut buncit. Banyak faktor penyebabnya seperti, faktor genetik, gaya hidup, dan lainnya. 

Perut buncit dapat mengganggu penampilan seseorang. Mungkin sebagian orang akan mengira Anda hamil. Selain itu, mempunyai perut buncit dapat memicu penyakit seperti, diabetes, stroke, dan penyakit jantung

Ketika seseorang sudah terlanjur mempunyai perut buncit, biasanya mereka akan mencari cara mengecilkan perut buncitnya. Ikuti tips di bawah ini supaya perut buncit Anda mengecil!

Rutin berolahraga

Kunci utama untuk mengecilkan perut buncit Anda adalah dengan rutin melakukan olahraga. Menurut penelitian, orang kurus yang mempunyai pola makan sehat tetapi jarang berolahraga akan menyimpan lemak visceral dalam perutnya. 

Ada banyak olahraga yang bisa Anda lakukan seperti, jalan cepat, bersepeda, senam aerobik, berenang, sit-up, dan push-up. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Minimal melakukan latihan fisik tersebut sekitar 3 menit sehari. Selain membantu mengecilkan perut buncit, olahraga rutin juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh seperti, mengendalikan berat badan, memperlambat munculnya lemak visceral, dan membuat tubuh Anda menjadi bugar.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan protein

Sudah saatnya Anda harus memperhatikan pola makan sehat. Hal ini tidak hanya untuk mengecilkan perut, tapi untuk menjaga asupan gizi yang masuk dalam tubuh Anda. 

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan seperti, buah, sayur-sayuran, biji-bijian yang memiliki kandungan serat dan protein. Kandungan serat yang tinggi dapat membantu mengikat air, sehingga akan membantu pencernaan untuk melarutkan lemak.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi susu dan produk berbahan dasar susu dalam porsi yang kecil. 

Selain itu, sebaiknya Anda selalu berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula tinggi. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga berat badan Anda. 

Mengkonsumsi smoothie atau cairan

Mungkin Anda pernah mengalami perut yang membuncit ketika bangun tidur. Hal ini disebabkan karena Anda terlalu banyak makan malam di hari sebelumnya. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Hal yang dapat Anda lakukan agar perut tidak semakin membesar adalah dengan mengkonsumsi smoothie, sup, dan perbanyak mengkonsumsi cairan. 

Mengkonsumsi banyak air putih juga disarankan bagi Anda. Selain untuk membuat perut tetap rata, mengkonsumsi air putih juga membantu menurunkan berat badan dan menjaga keseimbangan air dalam tubuh Anda.

Menghindari mengkonsumsi alkohol dan minuman bersoda

Jika sebelumnya Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol atau minuman bersoda, sebaiknya Anda menghindarinya mulai sekarang. 

Anda bisa mengubah kebiasaan tersebut dengan memperbanyak minum air putih atau cairan lainnya. 

Alkohol mempunyai kandungan gula dan kalori yang sangat banyak dna hal ini sama sekali tidak bermanfaat bagi tubuh Anda. 

Alkohol dapat menyebabkan tubuh menjadi lambat dalam membakar lemak hingga 36%. Sedangkan minuman bersoda dapat membuat perut Anda menjadi semakin melebar.

Selain menghindari alkohol dan minuman bersoda, sebaiknya Anda juga menghindari kebiasaan merokok. Memang merokok dapat mengurangi berat badan, namun merokok juga dapat menyebabkan perut Anda menjadi buncit.

Kelola stress Anda

Tanpa Anda tahu, sebenarnya mengelola stress dapat membantu mengecilkan perut buncit yang selama ini Anda alami. 

Banyak kegiatan yang bisa membantu Anda dalam mengelola stress seperti, bersantai dengan keluarga atau teman, yoga, dan berolahraga.

Bahkan penelitian yang dilakukan di India menunjukkan bahwa yoga dapat menghilangkan gas berlebih di perut dan membantu melancarkan pencernaan, serta membantu menghilangkan lipatan perut. 

Setidaknya lakukan yoga atau meditasi lainnya selama 10-20 menit per hari.

Mempunyai jam tidur yang cukup

Salah satu penyebab perut buncit yaitu kurang tidur. Idealnya orang dewasa memiliki waktu tidur antara 7 sampai 8 jam. 

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa orang yang mempunyai jam tidur cukup akan mempunyai lebih sedikit lemak visceral jika dibandingkan dengan orang yang mempunyai jam tidur kurang dari 5 jam setiap harinya.

Tidur lebih awal juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh Anda. Misalnya, Anda akan terhindar dari rasa kelaparan di tengah malam, serta dapat menyeimbangkan kadar kortisol dan meningkatkan produksi leptin. 

Selain itu, semua tips di atas akan lebih efektif untuk mengecilkan perut buncit jika Anda mempunyai jam tidur yang cukup.

Perut buncit memang bisa dialami oleh siapa saja dan hal tersebut masih bisa dianggap wajar jika tidak berlebihan. Cara terbaik untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan menjaga pola hidup sehat serta rutin melakukan olahraga.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit