L-Glutamine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 5, 2019 Update terakhir: Okt 24, 2020 Tinjau pada Mar 22, 2019 Waktu baca: 4 menit

Suplementasi L-glutamine yang Perlu Anda Ketahui Manfaatnya

Pernahkah Anda mendengar tentang manfaat yang luar biasa dari penggunaan L-glutamine? L-glutamine pertama kali digunakan dalam bentuk bubuk oleh orang-orang di industri fitness (termasuk binaragawan) yang menggunakan L-glutamine untuk mempertahankan pembentukan otot, L-glutamine adalah asam amino yang merupakan komponen pembentuk protein dan dibutuhkan oleh tubuh Anda dalam jumlah besar.

Penggunaan L-glutamine yang paling umum adalah untuk memenuhi tujuan berikut: untuk menurunkan berat badan dengan cepat, membakar lemak dan meningkatkan masa otot. Selain penggunaan L-glutamine dalam dunia body building, ilmu pengetahuan yang semakin berkembang sekarang menunjukkan bahwa manfaat L-glutamine tidak hanya sebatas untuk membentuk tubuh ideal saja, 

Iklan dari HonestDocs
Beli Suplemen Fitness via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 25

L-glutamine dapat digunakan untuk meningkatkan pencernaan dan kesehatan otak, meningkatkan kinerja atletik, ditambah lagi, asam amino ini sangat membantu dalam mengobati gejala Inflammatory Bowel Syndrome/ IBS (gejala gangguan pada usus bagian bawah yang tidak diketahui penyebab pastinya) dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bahkan, L-glutamine adalah salah satu dari tiga suplemen paling direkomendasikan secara keseluruhan untuk IBS dan / atau membentuk tubuh yang ideal. Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel ini lebih lanjut.

Mengenai L-Glutamine

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Suntik

Kandungan:

Suplemen asam amino

Apa itu L-glutamine?

Glutamine adalah asam amino essensial dan non-esensial yang sering disebut glutamine. L-glutamine diproduksi oleh tubuh dan juga ditemukan dalam makanan seperti ayam, Ikan, kubis, bayam, produk susu, Tahu, kacang-kacangan, kacang polong, bit.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Tubuh membutuhkan 20 asam amino esensial dan nonesensial yang berfungsi untuk membentuk protein yang mana protein digunakan untuk memperbaiki sel yang rusak dan pertumbuhan pada anak-anak.Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan protein yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda.

Ada dua bentuk L-glutamine. Anda bisa mendapatkan L-glutamine biasa dalam apa yang disebut bentuk bebasnya, yang mana harus diminum setelah makan agar penyerapannya sempurna . 

Jenis lain dari L-glutamine disebut Trans-Alanyl -Glutamine (TAG) atau Alanyl-L-Glutamine - keduanya adalah asam amino yang melekat pada asam amino lain, yang pada dasarnya berarti Anda bisa mencernanya dengan lebih baik. Tidak seperti bubuk glutamin bentuk-bebas, Anda bisa meminumnya dengan perut kosong.

Tetapi kedua bentuk bubuk glutamin paling baik dikonsumsi setelah atau tepat sebelum latihan, diminum setelah makan untuk mendukung metabolisme dan penurunan berat badan Anda serta untuk membangun otot.

Dosis Glutamin

Biasanya, dosis terbaik dari penggunaan L-glutamine adalah konsumsi antara 2 hingga 5 gram dua kali sehari, dan hingga 10 gram setiap hari untuk atlet.

Meskipun penggunaan L-glutamine berlebih jarang menimbulkan masalah, jika Anda mengonsumsi L-glutamine dalam jangka panjang, sebaiknya Anda juga mengonsumsi vitamin B, terutama vitamin B12, yang mengontrol penumpukan glutamin dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

5 Kegunaan L-glutamine yang sudah terbukti secara klinis

  • Meningkatkan kesehatan saluran cerna
    L-glutamine bermanfaat bagi kesehatan Anda jika Anda memiliki masalah pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS). Efek dari L-glutamine dalam penelitian ini menunjukkan bahwa L-glutamine mengurangi peradangan usus.
  • Membantu “usus bocor”
    Ada jutaan orang yang berjuang dengan kondisi yang disebut sindrom usus bocor, yang pada dasarnya merupakan penyebab utama penyakit autoimun saat ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Lancet meneliti 20 pasien rumah sakit dan menemukan bahwa suplementasi dengan L-glutamine menurunkan permeabilitas usus dan mengurangi gejala usus bocor.Ini juga dapat membantu menyembuhkan bisul dengan bertindak perlindungan dari kerusakan lebih lanjut, ditambah menawarkan alternatif, sehat alami untuk antibiotik untuk pengobatan sakit maag.
  • Meningkatkan kesehatan otak
    Sebuah prekursor untuk neurotransmitter glutamat di otak Anda, glutamin adalah kunci untuk meningkatkan kesehatan otak Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan di New York University School of Medicine menunjukkan bahwa bahkan cedera otak traumatis ringan menyebabkan atrofi otak, dan sebagian besar kerusakan ini disebabkan oleh siklus glutamin-glutamat yang terganggu dan peningkatan abnormal tingkat glutamat.
  • Meningkatkan pertumbuhan otot dan mengurangi perusakan otot
    Selama latihan yang intens, tubuh Anda menjadi stres dan otot dan tendon Anda membutuhkan lebih banyak glutamine daripada jumlah yang disediakan oleh diet normal.Jadi, setelah latihan yang intens, kadar glutamine seluler dapat turun hingga 50% dan kadar plasma hingga 30%! Keadaan otot-wasting ini adalah pintu gerbang bagi tubuh untuk menggunakan otot Anda untuk energi daripada karbohidrat. Tetapi glutamin dapat mencegah hal ini terjadi.
  • Membakar lemak dan memperbaiki diabetes
    Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar HGH naik hampir 400% setelah suplementasi glutamin. Respon hormonal ini mengarah pada peningkatan metabolisme bahkan saat seseorang beristirahat dan meningkatkan efek pembakaran lemak pasca berolahraga. Efek ini sangat penting untuk membakar lemak, menurunkan berat badan dan membangun massa otot tanpa lemak.

Efek Samping L-Glutamine 

Secara umum, suplementasi L-glutamine biasanya dianggap aman bagi kebanyakan orang, namun ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan jika Anda ingin mengkonsumsi L-glutamine, yaitu jika Anda memiliki masalah pada ginjal, jantung dan hati.

Ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa beberapa jenis sel tumor memberi makan L-glutamine dan sehingga pemberian L-glutamine menyebabkan sel tumor tumbuh dan berkembang biak.

Oleh karena itu, orang-orang dengan kanker, atau mereka yang memiliki risiko tinggi terkena kanker, mungkin disarankan untuk menghindari suplemen L-glutamine.

Beberapa orang memiliki reaksi alergi terhadap L-glutamine. Jika reaksi alergi terjadi, mereka mungkin mengalami:

  • mual
  • muntah
  • nyeri sendi
  • gatal-gatal

Perhatian medis segera diperlukan jika ada reaksi di atas terjadi setelah seseorang mengonsumsi suplemen L-glutamine.

Menggunakan obat ini sesuai panduan dosis sangat disarankan karena sangat penting. Mengkonsumsi terlalu banyak L-glutamine dalam bentuk suplemen juga dapat mengakibatkan efek samping yang merugikan.

Interaksi L-Glutamine

Belum diketahui obat yang dapat berinteraksi dengan L-glutamine. Beritahukan dokter bila Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan lain atau apabila ingin mengonsumsi obat-obatan lain.

Peringatan

  • Hindari pemberian obat ini kepada anak-anak.
  • Beritahukan dokter bila Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan lain di luar L-glutamine.
  • Beritahukan dokter bila Anda memiliki riwayat penyakit asidosis, gangguan ginjal atau hati.
  • Apabila terjadi reaksi alergi, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
MIMS Indonesia (2018). L-Alanyl-L-Glutamine. (http://www.mims.com/indonesia/drug/info/l-alanyl-l-glutamine/)
NIH (2018). Pubchem. Alanyl Glutamine. (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/l-Alanyl-l-glutamine)
BPOM RI. Cek Produk BPOM. L-Alanyl-L-Glutamine. (https://cekbpom.pom.go.id/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app