Giardiasis - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: May 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 810.315 orang

Giardiasis adalah infeksi di usus kecil Anda yang disebabkan oleh parasit mikroskopis yang disebut Giardia lamblia. Giardiasis menyebar melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, makan makanan yang terkontaminasi atau minum air yang terkontaminasi. Infeksi Giardia lamblia juga sering terjadi pada Anjing dan kucing.

Kondisi ini dapat ditemukan di seluruh dunia, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Giardiasis lebih sering terjadi di negara-negara berkembang dengan populasi yang padat penduduk yang tidak memiliki akses air bersih dan tingkat sanitasi yang buruk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Apa penyebab terjadinya Giardiasis?

G. lamblia ditemukan dalam kotoran hewan dan manusia. Parasit ini juga tumbuh subur dalam makanan, air, dan tanah yang terkontaminasi, dan dapat bertahan hidup di luar inang untuk jangka waktu yang lama. Mengkonsumsi parasit ini secara tidak sengaja dapat menyebabkan infeksi.

Rute Infeksi Giardiasis paling sering adalah melalui minum air yang mengandung G. lamblia. Air yang terkontaminasi dapat berasal dari kolam renang, spa, dan danau. Sumber kontaminasi lainnya dapat melalui kotoran hewan, popok, dan pupuk pertanian.

Terinfeksi giardiasis dari makanan jarang terjadi karena panas dapat membunuh parasit. Kebersihan yang buruk saat menangani makanan atau mencuci makanan dengan air yang terkontaminasi dapat meningkatkan penyebaran infeksi.

Infeksi Giardiasis juga dapat menyebar melalui hubungan seks anal tanpa kondom. Selain itu Anda juga rentan terinfeksi Giardiasis jika bekerja di tempat penitipan bayi. Penyebaran infeksi Giardiasis di tempat penitipan bayi terjadi ketika mengganti popok atau tertular melalui pispot yang digunakan bersama-sama.

Gejala Giardiasis

Beberapa orang dapat terinfeksi giardia tanpa mengalami gejala apa pun. Gejala giardiasis umumnya muncul satu atau dua minggu setelah terpapar. Gejala umum yang dapat ditemukan pada giardiasis, meliputi:

  • kelelahan
  • mual
  • diare atau tinja berminyak
  • kehilangan selera makan
  • muntah
  • perut kembung
  • penurunan berat badan
  • sakit kepala
  • sakit perut

Bagaimana saya bisa mencegah Giardiasis?

Anda tidak dapat mencegah giardiasis, tetapi Anda dapat menurunkan risiko terinfeksi giardiasis dengan mencuci tangan secara menyeluruh, terutama jika Anda bekerja di tempat-tempat endemis di mana kuman dapat menyebar dengan mudah, seperti pusat penitipan anak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Kolam, aliran, sungai, dan badan air lainnya semuanya dapat menjadi sumber giardia. Jangan meminum air jika Anda berenang di salah satu tempat-tempat tersebut.

Hindari meminum air dari tempat penampungan kecuali jika air sudah direbus, diobati dengan yodium, atau sudah melalui proses penyaringan. Bawa air kemasan saat Anda hiking atau berkemah.

Saat bepergian ke tempat giardiasis terjadi, jangan minum air keran. Anda juga harus menghindari menyikat gigi dengan air ledeng. Hindari makan produk lokal yang tidak dimasak.

Berhati-hatilah dengan praktik seksual yang terkait dengan penyebaran infeksi ini, seperti seks anal. Gunakan kondom untuk mengurangi kemungkinan tertular giardiasis.

Bagaimana penanganan Giardiasis yang tepat?

Diagnosis

Diagnosa Giardiasis dapat ditegakkan melalui pemeriksaan tinja. Dokter Anda juga dapat melakukan enteroskopi. Prosedur ini dapat dilakukan dengan memasukan tabung fleksibel di tenggorokan dan masuk ke usus kecil Anda. Pemeriksaan ini memungkinkan dokter untuk memeriksa saluran pencernaan Anda dan mengambil sampel jaringan.

Perawatan Giardiasis

Dalam kebanyakan kasus, giardiasis akhirnya dapat sembuh dengan sendirinya. Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat jika infeksi Anda parah atau berkepanjangan. Sebagian besar dokter akan merekomendasikan penggunaan antibiotik. Antibiotik yang biasanya digunakan untuk mengobati giardiasis:

  • Metronidazole adalah antibiotik yang perlu diminum selama lima hingga tujuh hari. Obat metronidazole dapat menyebabkan mual dan meninggalkan rasa logam di mulut Anda.
  • Tinidazole sama efektifnya dengan metronidazole, dan dapat mengobati giardiasis dengan penggunaan dosis tunggal.
  • Nitazoxanide adalah pilihan populer untuk anak-anak karena tersedia dalam bentuk cair dan hanya perlu dikonsumsi selama tiga hari.
  • Paromomycin memiliki kemungkinan lebih rendah untuk menyebabkan cacat bawaan lahir dibandingkan dengan antibiotik lain, meskipun wanita hamil harus menunggu sampai setelah melahirkan sebelum minum obat apa pun untuk mengobati giardiasis. Obat ini diberikan dalam tiga dosis selama 5 sampai 10 hari.

Referensi

Cernikova, et al. (2018). Five Facts about Giardia lamblia. PLOS Pathogens, 14(9): e1007250.

Delgado, A. Healthline (2017). Giardiasis.

KidsHealth (2018). Infections: Giardiasis.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit