Kh-3: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 2 menit

Mengenai KH-3

Golongan: resep dokter

Kemasan: botol (injeksi), kapsul

Manfaat KH-3

KH-3 atau procaine memiliki beberapa manfaat antara lain : mengatasi arthritis atau radang sendi, cerebral atherosclerosis (pengerasan pembuluh darah arteri di otak), dementia, depresi, kerontokan rambut, tekanan darah tinggi, dan permasalahan seksual. Namun, efektivitas manfaat KH-3 memerlukan penelitian dan bukti lebih lanjut.

KH-3 juga digunakan untuk bahan anestesi (bius) lokal sebagai penghilang rasa sakit. Penggunaan KH-3 untuk bahan bius lokal membutuhkan resep dokter dan tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Suplemen Fitness via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 25

Efek samping KH-3

KH-3 memiliki efek samping terutama bila dikonsumsi melalui mulut. Konsumsi KH-3 melalui mulut dapat menyebabkan heartburn, migraine (sakit kepala sebelah), dan SLE (Systemic Lupus Erythematosus). Penyakit SLE memiliki gejala seperti nyeri sendi, ruam kemerahan, masalah paru – paru, dan masih banyak lagi.

Bila Anda menggunakan KH-3 atau procaine sebagai bahan bius lokal dan dokter Anda memberikan resepnya langsung, maka KH-3 aman digunakan.

Dosis KH-3

Untuk menghilangkan rasa sakit, dosis KH-3 sebagai obat bius lokal adalah sesuai dengan resep dokter.

  • Interaksi KH-3
  • KH-3 dapat berinteraksi dengan obat Digoxin (Lanoxin). Obat Digoxin (Lanoxin) dapat membantu jantung berdetak lebih cepat dan kuat serta dapat mengontrol detak jantung. Sedangkan KH-3 dapat memperlambat detak jantung, sehingga konsumsi Digoxin (Lanoxin) bersamaan dengan KH-3 dapat menyebabkan detak jantung menjadi sangat lambat.
  • KH-3 juga bisa berinteraksi dengan obat yang merelaksasi otot. Apabila Anda menyuntikkan KH-3 untuk mematikan rasa bersamaan dengan konsumsi obat relaksasi otot, dapat menyebabkan mati rasa yang berkepanjangan.
  • Sebaiknya, Anda memberi tahu dokter bila Anda mengonsumsi obat relaksasi otot sebelum dokter menyuntikkan KH-3. Contoh obat relaksasi otot : Atracurium (Tracurium), Pancuronium (Pavulon), dan lain-lain.
  • KH-3 dapat berinteraksi juga dengan Succinylcholine. Konsumsi obat Succinylcholine bersamaan dengan suntikan KH-3 yang dapat mematikan rasa menyebabkan mati rasa yang berkepanjangan.
  • KH-3 juga berinteraksi dengan asam amino salisilat. Proses pemecahan KH-3 dalam tubuh akan menghasilkan senyawa para-aminobenzoic acid (PABA). PABA mungkin akan menurunkan keefektifan obat yang mengandung asam amino salisilat, sehingga Anda perlu berhati-hati bila mengonsumsi kedua obat tersebut secara bersamaan.
  • KH-3 juga bisa berinteraksi dengan antibiotik tertentu. Proses pemecahan KH-3 dalam tubuh akan menghasilkan senyawa para-aminobenzoic acid (PABA). PABA akan menurunkan keefektifan antibiotik tertentu misalnya Sulfonamide.
  • Contoh antibiotik lain yang bisa berinteraksi dengan KH-3 antara lain Sulfamethoxazole (Gantanol), Sulfasalazine (Azulfidine), Sulfisoxazole (Gantrisin), dan Trimethoprim / Sulfamethoxazole (Bactrim, Septra).

Perhatian

Bagi ibu hamil dan menyusui, sebaiknya tidak menggunakan KH-3 untuk melakukan pengobatan sendiri, karena belum ada penelitian lebih lanjut yang menyatakan KH-3 aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Bagi penderita myasthenia gravis (penyakit yang dapat menyebabkan lemah otot), sebaiknya Anda tidak menyuntikkan procaine atau KH-3 ke urat nadi secara langsung.

Bagi penderita SLE (Systemic Lupus Erythematosus), KH-3 dapat menyebabkan penyakit lupus Anda semakin parah. Jadi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi KH-3 bila Anda mengidap penyakit lupus.

Bagi penderita pseudocholinesterase deficiency, Anda akan lebih sensitif terhadap obat bius / anestesi tertentu. Jadi, sebaiknya Anda tidak menggunakan KH-3 dengan cara disuntik.


1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
KH-3 Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/kh-3.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app