Ketahui Beberapa Cara Mencegah Keriput di Kulit Wajah Anda Berikut Ini

Apakah hal tersebut bisa dicegah ? Ya, tentu saja bisa. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, maka simak beberapa tips berikut ini yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang guna mencegah timbulnya keriput di wajah Anda.
Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Seiring bertambahnya usia, kulit di wajah akan mengalami yang namanya proses penuaan kulit. Ciri-cirinya adalah munculnya garis halus/keriput di kulit wajah.

Garis halus/keriput ini sering dianggap mengganggu penampilan karena kulit wajah menjadi tampak kendur/tidak kencang. Apakah hal tersebut bisa dicegah ? 

Ya, tentu saja bisa. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, maka simak beberapa tips berikut ini yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang guna mencegah timbulnya keriput di wajah Anda.

Bagaimanakah cara untuk mencegah keriput di kulit wajah ?

1. Lakukan perawatan kulit mendasar

Untuk memiliki kulit sehat dan awet muda, Anda bisa terapkan 4 kunci utama perawatan kulit yaitu :

  • Hindari paparan sinar matahari langsung. Jika harus beraktivitas di luar ruangan, pakai pakaian yang melindungi dari sinar matahari (baju dan celana panjang);,
  • Gunakan tabir surya ber-SPF 30/lebih;
  • Gunakan krim pelembab untuk menghindari kondisi kulit kering; dan
  • Sebaiknya jangan merokok.

2. Tidur dalam posisi telentang

Tidur tengkurap/menyamping menyebabkan kulit wajah Anda rentan bergesekan dengan sarung bantal/kasur dan nantinya akan meninggalkan bekas “garis tidur” di kulit wajah Anda. 

Dimana garis tersebut tak akan langsung hilang saat Anda sudah terbangun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Maka, sebaiknya Anda tidur dalam posisi berbaring terlentang karena posisi ini membuat lapisan atas kulit rileks dan tidak tertekan dalam jangka waktu lama.

3. Konsumsilah ikan salmon

Ikan salmon serta beberapa jenis ikan air dingin lainnya merupakan makanan sumber protein dan asam omega-3 terbaik. Kandungan tersebut berfungsi dalam proses regenerasi sel serta jaringan tubuh yang rusak. 

Para ahli mengungkapkan, kandungan asam lemak esensial ikan salmon adalah nutrisi terbaik yang membantu menjaga kesehatan kulit dan membantu mengurangi garis halus/keriput di wajah. 

Konsumsi ikan salmon dengan rutin dapat menjaga kekencangan kulit Anda dan membantu Anda tampak lebih awet muda.

4. Gunakanlah kedelai dalam perawatan kulit

Kedelai dipercaya mampu memperbaiki tampilan kulit dan melindunginya. 

Studi mengungkapkan bahwa kedelai yang diaplikasikan ke kulit/dikonsumsi dalam bentuk suplemen/obat bisa membantu melindungi serta menyembuhkan kulit yang rusak karena paparan sinar matahari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

5. Minum coklat hangat

Minuman coklat merupakan minuman anti keriput, yang menurut sebuah penelitian, kakao dengan kandungan 2 antioksidan yaitu epicatechin dan catechin, bermanfaat dalam memberikan perlindungan kulit dari kerusakan karena paparan sinar matahari.  

Mampu meningkatkan aliran darah ke sel-sel kulit, menjaga kelembabannya serta membuat kulit menjadi lebih halus.

6. Hindarilah memicingkan mata

Kebiasaan memicingkan mata ketika silau/mencoba membaca teks yang jaraknya jauh/ terlalu kecil, ternyata dapat mengakibatkan timbulnya lipatan/garis halus di kulit sekitar mata Anda.

Sebaiknya, Anda gunakan kacamata baca atau kacamata hitam untuk mengatasinya. Kacamata berfungsi melindungi kulit di sekitar area mata dari kerusakan karena paparan sinar matahari. 

Selain itu, Anda tidak akan lagi memicingkan mata terlalu sering karena kesilauan.

7. Jangan terlalu sering mencuci muka

Sebaiknya, batasilah rutinitas mencuci wajah Anda. Mencuci wajah yang terlalu sering tidak akan membersihkan dengan maksimal atau menyehatkan kulit wajah Anda, justru akan menyebabkan kulit kering dan mudah teriritasi.

Cucilah muka 2 kali sehari setiap pagi dan malam. Namun, Anda cukup membilas muka menggunakan air hangat di malam hari apabila aktivitas Anda tidak terlalu banyak di luar ruangan, terkena debu atau make-up.

8. Gunakan skincare dengan kandungan vitamin C

Vitamin ini mampu melindungi kulit wajah Anda dari kerusakan akibat paparan radiasi sinar UV A dan UV B, membantu mengurangi kemerahan, bintik hitam, warna kulit tidak merata, dan meningkatkan kolagen.

Untuk mencegah munculnya keriput, jenis vitamin C yang tepat dan sebaiknya digunakan adalah Asam L-askorbat atau yang mengandung ascorbyl palmitate.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya keriput di kulit wajah Anda. Tentu harus dilakukan dengan rutin dan bersabar guna mendapatkan hasil kulit yang cerah, kenyal dan tampak selalu awet muda.


36 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Edmonson KG, et al., eds. Laser skin resurfacing: Cosmetic and medical applications. In: Fitzpatrick's Dermatology. 9th ed. McGraw-Hill Education; 2019.
Chemical peels: FAQS. American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/cosmetic/younger-looking/chemical-peels-faqs.
Riggin EA. Decision Support System. Mayo Clinic, Rochester, Minn. July 26, 2016.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app