5 Cara Cegah Kulit Keriput

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Cara Cegah Kulit Keriput

Pertambahan usia berpengaruh pada kondisi kulit seseorang. Semakin bertambahnya usia, sel-sel kulit membelah lebih lambat yang menyebabkan penipisan pada lapisan kulit. Banyaknya aktivitas yang telah dilalui dan cuaca yang berganti menjadi salah satu faktor penyebab kulit kering. Akibat kondisi kulit yang kering maka muncullah kerutan atau garis-garis halus pada permukaan kulit yang biasa disebut keriput. 

Apa saja penyebab kulit keriput?

Selain faktor usia, ada banyak kondisi lingkungan dan juga kebiasaan yang menyebabkan kulit lebih cepat berkeriput, seperti:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

1. Terkena sinar matahari langsung

Kulit keriput terjadi akibat terkena sinar matahari terlalu sering. Seperti yang diketahui bahwa sinar ultraviolet dapat menembus dan merusak struktur pendukung di kulit. Hindari sinar matahari langsung dengan penggunaan tabir surya pada wajah maupun kulit tubuh yang tidak tertutup pakaian. 

2. Kekurangan cairan dalam tubuh

Dehidrasi tubuh bukan hanya menurunkan stamina dan fungsi organ dalam tubuh, tetapi juga berpengaruh pada kondisi kulit. Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka kulit menjadi kering. Dalam kondisi kering, keriput dapat dengan mudah terbentuk di seluruh area tubuh.

3. Merokok

Tembakau pada rokok memiliki efek yang bisa mengakibatkan warna kulit terlihat tidak sehat dan bertekstur kasar serta kering. Bukan hanya berpengaruh aktif pada organ paru-paru, rokok juga memberikan efek buruk pada bagian keindahan tubuh. Faktanya, orang yang memiliki kebiasaan merokok akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. 

4. Posisi tidur

Biasakan tidur dengan posisi telentang atau menghadap ke atas agar kulit wajah tidak tertekan. Jika tekanan terjadi terus menerus dalam waktu yang lama, hal ini akan menimbulkan kerutan pada bagian wajah yg terhimpit. 

5. Berat badan tidak stabil

Perubahan berat badan biasa disebabkan oleh program diet yang tidak teratur. Sebabnya, seiring perubahan tersebut, kulit akan melebar dan mengecil pula mengikuti perkembangan berat badan yang naik turun. Hal Ini akan merusak struktur elastisitas sehingga membuat kulit menjadi kendur dan mendapatkan kerutan.

Cara pencegahan kulit keriput

Pertambahan usia memang tidak dapat dihindari, namun datang nya keriput di wajah dapat dihindari dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

1. Menghindari paparan sinar matahari langsung

Saat berada dibawah sinar matahari langsung, gunakan tabir surya pada wajah dan juga bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Bila diperlukan gunakan topi, jaket, payung atau alat bantu lainnya agar tidak terkena sinar matahari langsung. 

2. Pola hidup sehat

Mengatur pola hidup sehat dengan kebiasaan baik, menghindari rokok dan mengkonsumsi air mineral dengan jumlah yang cukup setiap harinya. Waktu tidur yang cukup juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit, pastikan tidur malam selama 8 jam dalam sehari. 

3. Olahraga teratur

Olahraga memicu sistem kardiovaskular untuk bergerak sehingga bagus untuk kulit karena mendapatkan nutrisi dan juga sirkulasi oksigen. Peredaran darah menjadi lancar dan pori-pori kulit menjadi elastis sehingga tekstur kulit tetap lembut dan sehat.

4. Menggunakan produk untuk menjaga kelembaban kulit

Saat ini banyak sekali produk yang dikhususkan untuk menjaga kelembaban kulit wajah dan tubuh. Namun harus diperhatikan apakah produk aman untuk digunakan dan pastikan produk telah terdaftar di BPOM. Gunakan produk tersebut secara rutin sesuai yang dianjurkan untuk mendapat hasil yang maksimal. Bila kondisi kulit memerlukan perawatan ekstra, klinik kecantikan yang tersebar luas dapat membantu Anda mengatasinya.

5. Hindari stress

Stress dapat mengakibatkan penyakit serius bagi tubuh. Tak hanya itu, stress juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Kulit akan menjadi kusam dan kering karena organ dalam tubuh terganggu akibat stress yang dirasakan serta peredaran darah menjadi tidak lancar. Akibatnya kulit menjadi tidak sehat dan mudah menjadi keriput.

41 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
4 Surprising Things That Are Giving You Wrinkles (and How to Fix Them). Byrdie. (https://www.byrdie.com/causes-of-wrinkles)
Everyday Habits that Cause Wrinkles. The Healthy. (https://www.thehealthy.com/beauty/face-body-care/causes-of-wrinkles/)
Wrinkles: Facts on Treatments and Cosmetic Procedures. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/wrinkles/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Begini Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam
Begini Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam

Terjadinya proses penuaan karena usia mungkin tidak dapat dihindari, namun berbagai faktor lainnya bisa ditangani, misalnya paparan sinar matahari, perubahan hormon, pola makan, stress dan merokok.

Buka di app