Ketahui 6 Daftar Makanan Energi Tinggi yang Aman untuk Diet

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ketahui 6 Daftar Makanan Energi Tinggi yang Aman untuk Diet

Jika anda sedang diet, tentu membutuhkan makanan agar tetap dapat memasok kebutuhan energi harian anda. Namun, anda tentunya akan memperhatikan keamanan makanan tersebut untuk diet seperti apakah tinggi lemak atau tidak. 

Untuk itu di bawah ini ada beberapa pilihan makanan tinggi energi namun tetap aman untuk diet.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

1. Yogurt

Yogurt merupakan produk turunan susu yang difermentasi menggunakan kultur bakteri hidup yang kaya dengan probiotik atau bakteri baik bagi tubuh. Yogurt memiliki cita rasa sedikit asam karena proses fermentasi. 

Yogurt kaya akan kandungan protein tinggi yang baik bagi pertumbuhan otot dan sebagai sumber protein tubuh. Mengkonsumsi yogurt dapat membuat anda kenyang tahan lama karena teksturnya yang lembut namun padat. 

Karena mengandung bakteri baik, yogurt bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dikenal merupakan makanan yang baik sebagai sumber protein yang baik bagi tubuh. Kacang-kacangan juga merupakan jenis makanan terbaik sebagai pengganti sumber protein tubuh selain hewani terutama bagi anda yang merupakan vegetarian. 

Contoh produk kacang-kacangan yang kaya protein adalah tempe dan tahu yang dibuat dari kacang kedelai. Selain kaya protein, kacang-kacangan juga kaya akan magnesium yang dapat mengontrol gula darah dalam tubuh dan juga untuk produksi energi tubuh. Magnesium juga bermanfaat untuk mendukung fungsi otot.

3. Buah-buahan

Buah mengandung serat dan juga sejumlah karbohidrat dalam jumlah yang aman bagi anda yang sedang menghindari makanan berkalori tinggi. Buah juga kaya akan kandungan mineral dan multivitamin yang baik bagi tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Contoh buah yang memberi asupan energi baik bagi tubuh dan mengandung lemak baik yang bahkan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah buah alpukat. Kandungan lemak baik ini juga menjadi sumber energi bagi tubuh.

4. Telur dan daging rendah lemak

Meski anda sedang diet rendah kalori, jangan hindari telur dan daging rendah lemak. Kuncinya adalah pilihlah daging yang mengandung lemak sedikit misalnya pilih ayam tanpa kulitnya. 

Daging rendah lemak bisa menjadi sumber energi tinggi seperti kalkun, tenderloin daging sapi, dada ayam tanpa kulit, dan ikan. Karena tetap mengandung lemak dalam jumlah yang sedikit, sumber makanan ini tetap aman dan sehat karena asupan lemak tetap dibutuhkan tubuh untuk menjalankan kerja sel dan sejumlah organ.

Meski telur mengandung cukup tinggi kolesterol, namun asupan kolesterol tetap dibutuhkan untuk sel dan membantu menghasilkan vitamin D. Konsumsi telur dalam jumlah aman setiap hari misalnya maksimal dua butir setiap hari. Ingat juga untuk mengolah makanan ini dengan aman dengan merebusnya ataupun memanggang.

5. Ikan

Ikan merupakan sumber makanan kaya protein dan Omega 3 yang baik bagi perkembangan otak anak. Oleh karena itu, anak-anak disarankan untuk sering mengkonsumsi ikan yang mengandung banyak mineral, multivitamin dan senyawa yang baik untuk pertumbuhan. 

Salah satu ikan yang mengandung sumber energi tinggi adalah ikan salmon. Kandungan Omega 3 dalam ikan dapat mencegah penyakit jantung dan membantu tumbuh kembang otak. Lemak esensial dalam ikan juga bermanfaat untuk kesehatan mata.

6. Beras merah dan gandum

Meski anda sedang diet, namun jangan menghindari semua makanan berbau karbohidrat tinggi. Karbohidrat tetap dibutuhkan bagi tubuh terutama karbohidrat kompleks

Di dalam karbohidrat kompleks terdapat serat yang justru membuat tubuh terasa kenyang lebih lama. Anda juga bisa mendapat asupan energi yang cukup untuk menjalani hari. Makanan seperti oatmeal, beras merah dan gandum utuh merupakan pilih pas untuk anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Eating to boost energy. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/healthbeat/eating-to-boost-energy)
The 28 best energy-boosting foods and drinks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323947)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app