Ventrikel kanan outlet ganda Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
Ventrikel kanan outlet ganda Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apakah ventrikel kanan outlet ganda?

Ventrikel kanan outlet ganda adalah cacat lahir yang jarang terjadi pada jantung.

Jantung memiliki 2 ruang pengumpul atas (atrium kanan dan kiri), 2 ruang pemompaan bawah (ventrikel kanan dan kiri), 1 arteri meninggalkan ventrikel kanan (arteri pulmonalis) dan 1 meninggalkan ventrikel kiri (aorta).

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Pada jantung normal, aorta meninggalkan ventrikel kiri, membawa darah (merah) yang kaya oksigen ke tubuh. Arteri pulmonalis meninggalkan ventrikel kanan, membawa darah (biru) yang rendah oksigen ke paru-paru.

Di ventrikel kanan outlet ganda, kedua "outlet" jantung⎯arteri paru-paru dan aorta⎯keluar secara tidak normal dari ventrikel kanan. Ini menyebabkan darah yang kaya oksigen dan rendah oksigen bercampur sebelum meninggalkan jantung.

Banyak jenis cacat jantung termasuk dalam kategori ventrikel kanan outlet ganda. Mereka semua berbagi ciri yang sama di mana aorta dan arteri pulmonalis keduanya keluar dari ventrikel kanan. Selain itu, bagian jantung yang lain mungkin berbeda.

Pada ventrikel kanan outlet ganda, hampir selalu ada lubang di septum, atau dinding, antara ventrikel kanan dan kiri, yang disebut cacat septum ventrikel, yang memungkinkan darah bercampur di dalam jantung. Beberapa anak juga memiliki lubang di septum antara atrium kanan dan kiri yang disebut cacat septum atrium. Mereka juga dapat memiliki cacat lain, seperti katup jantung abnormal (stenosis paru, stenosis aorta atau kelainan katup mitral) atau arteri abnormal (koarktasio aorta atau atresia paru).

Apa yang menyebabkan ventrikel kanan outlet ganda?

Ini adalah cacat bawaan. Dokter tidak tahu mengapa hal itu bisa terjadi. Dokter berpendapat ini terjadi sangat awal dalam kehamilan, ketika jantung bayi terbentuk, sebelum seorang wanita bahkan tahu dia hamil.

Ventrikel kanan outlet ganda jarang terjadi. Sekitar 1 dari setiap 10.000 bayi memiliki kondisi ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Gejala Ventrikel Double Outlet Kanan

Berbagai masalah jantung masuk ke dalam kategori ventrikel kanan outlet ganda. Gejalanya akan bervariasi, tergantung pada bagaimana darah bergerak masuk dan keluar dari jantung.

Pada banyak pasien, ventrikel kanan outlet ganda memungkinkan darah yang rendah oksigen (biru) meninggalkan ventrikel kanan melalui aorta dan memompa darah. keluar ke tubuh anak. Kelainan jantung ini menyebabkan gejala yang terkait dengan pasokan oksigen yang lebih rendah dari normal. anak mungkin terlihat memiliki kulit kebiru-biruan, misalnya.

Selain itu, pada anak-anak dengan ventrikel kanan outlet ganda, paru-paru mungkin mendapatkan lebih banyak darah dari biasanya. Ini dapat menyebabkan bayi bernapas sangat cepat atau bekerja lebih keras untuk bernapas. Ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi di paru-paru dan menyebabkan gagal jantung.

Anak mungkin memiliki gejala seperti ini:

  • Kulit kebiru-biruan, bibir atau bantalan kuku (sianosis) atau kulit pucat
  • Kesulitan makan
  • Gagal untuk berkembang
  • Bernafas cepat atau paru-paru bekerja lebih keras untuk bernafas
  • Berkeringat lebih dari biasanya

Mendiagnosis Ventrikel Kanan Outlet Ganda

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter Anda akan memeriksa anak, memeriksa detak jantung mereka dan mendengarkan jantung mereka. Pada anak-anak dengan ventrikel kanan outlet ganda, dokter mungkin dapat mendengar murmur jantung⎯suara darah bergerak di jantung yang tidak normal.

Dokter akan menanyakan detail tentang gejala anak, riwayat kesehatannya, dan riwayat kesehatan keluarga Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

anak juga akan memerlukan tes yang menyediakan lebih banyak informasi tentang bagaimana jantung mereka terlihat dan bekerja. Tes ini mencakup:

  • Ekokardiografi
  • Sinar-X dada
  • Elektrokardiografi

Anak mungkin memerlukan tes lain yang menyediakan lebih banyak informasi tentang bagaimana jantung mereka terlihat dan bekerja. Termasuk:

Mengobati Ventrikel Kanan Outlet Ganda

Cacat jantung ini tidak akan membaik dengan sendirinya. Anak-anak dengan ventrikel kanan outlet ganda perlu pembedahan untuk memperbaiki kondisi tersebut. Prosedur dan waktu yang tepat tergantung pada kondisi anak, termasuk seberapa parah dan apakah mereka memiliki kelainan jantung lain, tetapi biasanya dilakukan dalam beberapa hari pertama hingga bulan. anak kemungkinan memerlukan lebih dari 1 operasi atau prosedur.

anak akan membutuhkan tindak lanjut seumur hidup dengan seorang ahli jantung yang berspesialisasi dalam cacat lahir pada jantung. Untuk memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan jangka panjang anak, kami memiliki Program Penyakit Jantung Bawaan Dewasa khusus untuk mengalihkan anak ke perawatan orang dewasa ketika mereka sudah siap.

1. Operasi

Secara umum, anak-anak perlu operasi untuk melakukan hal berikut:

  • Mengirim darah (merah) yang kaya oksigen, yang berasal dari paru-paru, ke aorta secara langsung. Dari sana, dapat dikirim ke seluruh tubuh mereka.
  • Mengirim darah rendah oksigen (biru), yang keluar dari tubuh, keluar dari aorta mereka secara langsung. Darah ini harus menuju paru-paru mereka terlebih dahulu untuk mengambil oksigen.
  • Menutup lubang tambahan di jantung untuk menjaga darah (merah) yang kaya oksigen terpisah dari darah yang rendah oksigen (biru).

Bagaimana tujuan ini tercapai tergantung pada jenis ventrikel kanan outlet ganda yang dimiliki anak. Ahli jantung dan ahli bedah yang merawat anak akan berbicara dengan Anda tentang pendekatan terbaik untuk jantung anak.

2. Obat

Untuk persiapan operasi, anak mungkin memerlukan obat-obatan seperti ini:

  • Diuretik, yang membantu ginjal membersihkan tubuh dari air tambahan
  • Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor, yang menurunkan tekanan darah
  • Digoxin, yang membuat jantung berdetak lebih lambat dan dengan kekuatan lebih

3. Transplantasi

Dalam kasus yang jarang terjadi, jantung tidak dapat diperbaiki dan transplantasi jantung mungkin disarankan. Tim transplantasi jantung adalah salah satu yang terbaik di negara ini, merawat anak-anak dengan masalah jantung ini atau lainnya yang tidak dapat dikontrol menggunakan perawatan lain. Baca lebih lanjut tentang Program Transplantasi Jantung kami atau lihat statistik dan hasil kami.

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cetta, F., Boston, U.S., Dearani, J.A. et al. Double outlet right ventricle: Opinions regarding management. Curr Treat Options Cardio Med 7, 385–390 (2005). https://doi.org/10.1007/s11936-005-0022-2. Springer Link. (Accessed via: https://link.springer.com/article/10.1007/s11936-005-0022-2)
Brandt, P., Calder, A., Barratt-Boyes, B., & Neutze, J. (1976). Double outlet left ventricle. The American Journal Of Cardiology, 38(7), 897-909. https://doi.org/10.1016/0002-9149(76)90803-1. American Journal of Cardiology. (Accessed via: https://www.ajconline.org/article/0002-9149(76)90803-1/fulltext)
Luciani, Giovanni B.; De Rita, Fabrizio; Lucchese, Gianluca; Barozzi, Luca; Rossetti, Lucia; Faggian, Giuseppe; Mazzucco, Alessandro Current management of double-outlet left ventricle, Journal of Cardiovascular Medicine: May 2017 - Volume 18 - Issue 5 - p 311-317 doi: 10.2459/JCM.0000000000000101. LWW Journals. (Accessed via: https://journals.lww.com/jcardiovascularmedicine/Abstract/2017/05000/Current_management_of_double_outlet_left.4.aspx)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app