Cacat Septum Atrial Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 15, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cacat Septum Atrial Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apa itu cacat septum atrial?

Bayi yang lahir dengan cacat septum atrial (ASD) memiliki lubang pada dinding yang memisahkan 2 ruang atas jantung yaitu atrium kanan dan atrium kiri. Dinding pemisah disebut septum.

Biasanya, jantung bekerja seperti ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10
  • Darah rendah oksigen (biru) kembali dari tubuh ke atrium kanan.
  • Mengalir ke ventrikel kanan.
  • Ventrikel kanan memompa ke paru-paru, tempat darah menerima oksigen.
  • Darah (merah) yang kaya oksigen kembali dari paru-paru ke atrium kiri.

Darah ini mengalir ke ventrikel kiri dan kemudian dipompa keluar ke tubuh melalui aorta. Ketika ada celah antara atrium, darah yang kaya oksigen melewati dari atrium kiri ke atrium kanan. Dengan lubang kecil, sejumlah kecil darah mengalir antara atrium dan anak tidak memiliki gejala.

Dengan bukaan yang lebih besar, akan lebih banyak darah mengalir ke sisi kanan jantung. Ha; ini menyebabkan sisi kanan terlalu banyak bekerja dan membesar. Selain itu, paru-paru menerima darah ekstra, akan mengalami tekanan lebih tinggi dari pada pembuluh darah paru-paru (hipertensi paru).

Cacat septum atrium pada anak-anak

Normal bagi bayi memiliki lubang kecil, yang disebut foramen ovale, di antara atrium mereka saat berkembang di dalam rahim. Pembukaan ini biasanya menutup segera setelah lahir.

Beberapa bayi memiliki lubang abnormal, atau ASD. Sebagian besar tidak diketahui mengapa lubang tersebut dapat berkembang. Hampir 4 dari setiap 100.000 bayi memiliki ASD. Cacat ini terjadi dua kali lebih banyak pada anak perempuan dibandingkan pada anak laki-laki.

Beberapa anak dengan ASD dilahirkan dengan kelainan jantung lainnya (kelainan jantung bawaan), seperti kelainan septum ventrikel. Anak-anak dengan sindrom genetik tertentu, seperti Down-Syndrome, berisiko lebih tinggi untuk mengalami ASD

Gejala Cacat Septum Atrial

ASD ringan umumnya tidak menimbulkan gejala sama sekali hingga anak mencapai masa kanak-kanak atau dewasa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cacat yang lebih besar dapat menyebabkan gejala segera setelah lahir, seperti:

Mendiagnosis Cacat Septum Atrium

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter Anda akan memeriksa anak, memeriksa detak jantung mereka dan menggunakan stetoskop untuk mendengarkan jantung mereka. Pada anak-anak dengan ASD, dokter sering dapat mendengar bunyi jantung abnormal atau murmur jantung - bunyi berdesing yang disebabkan oleh aliran darah melalui lubang dari sisi kiri jantung ke kanan. Dokter akan menanyakan detail tentang gejala anak, riwayat kesehatannya, dan riwayat kesehatan keluarga Anda.

Dokter kemudian akan meminta tes diagnostik seperti sinar-X dada, ekokardiogram atau elektrokardiogram. anak mungkin memerlukan tes lain yang memberikan lebih banyak informasi tentang ASD, ukuran koneksi jantung atau pembuluh darah ke jantung. Tes-tes ini mungkin termasuk kateterisasi jantung atau MRI (magnetic resonance imaging).

Selain itu, dokter mungkin memerlukan tes lain yang menyediakan lebih banyak informasi tentang bagaimana jantung bekerja, termasuk pemeriksaan MRI jantung dan kateterisasi jantung.

Mengobati Cacat Septum Atrial

anak mungkin tidak memerlukan pengobatan untuk ASD. Pada beberapa anak, ASD tidak menimbulkan masalah. Jika lubangnya kecil, ia dapat menutup sendiri saat anak tumbuh. Dalam hal ini, dokter Anda dapat merekomendasikan pemantauan kondisi anak.

Beberapa anak memerlukan perawatan karena ukuran cacat, efeknya pada jantung atau gejala yang ditimbulkannya. Jenis ASD yang paling umum dijaga sebelum usia sekolah dan sebelum anak memiliki gejala.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Pilihan Perawatan untuk ASD

Beberapa ASD dirawat dengan perangkat yang menutupi pembukaan di septum. Perangkat ditempatkan melalui pembuluh darah besar di selangkangan menggunakan tabung tipis panjang (kateter) melalui pembuluh darah besar di selangkangan hingga ke jantung. Prosedur ini disebut kateterisasi jantung.

Anak-anak lain membutuhkan pembedahan untuk menutup lubang dengan jahitan (jahitan) atau patch.

Posisi dan ukuran cacat adalah faktor penting dalam menentukan cara perawatan. Anak-anak perlu mencapai usia dan berat tertentu untuk mendapatkan kateterisasi. Jika cacatnya terlalu besar dan dekat dengan katup jantung, dokter mungkin tidak dapat menutupnya menggunakan perangkat; sebagai gantinya, anak akan membutuhkan operasi.

Transisi ke Perawatan Dewasa

Untuk memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan jangka panjang anak, kami memiliki Program Penyakit Jantung Bawaan Dewasa khusus untuk mengalihkan anak ke perawatan orang dewasa ketika mereka sudah siap.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Riggin EA. Allscripts EPSi. Mayo Clinic.
Connolly H, et al. Surgical and percutaneous closure of atrial septal defects in adults. https://www.uptodate.com/contents/search.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app