Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Fisik

Kenali 7 Tanda Awal Diabetes Tipe 2

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.538.068 orang

Kenali 7 Tanda Awal Diabetes Tipe 2

Berdasarkan penelitian, diabetes tipe 2 mempengaruhi hampir 10 persen dari populasi orang dewasa sekitar 30 juta orang, dan diperkirakan 7 juta dari mereka belum didiagnosis. Juga, 84 juta orang dewasa lainnya menderita prediabetes, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Dengan angka-angka seperti ini, penting bagi semua orang untuk mengetahui tanda-tanda awal diabetes tipe 2.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ketika Anda memiliki diabetes tipe 2, tubuh Anda kehilangan kemampuannya untuk menggunakan glukosa dalam darah, juga dikenal sebagai gula darah. Kadar gula darah jangka panjang dan tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan saraf, kerusakan ginjal, kehilangan penglihatan, dan penyakit jantung.

Tanda-tanda awal diabetes tidak selalu terlihat. Juga, banyak orang tidak menunjukkan gejala, dan dapat tetap tidak terdiagnosis untuk waktu yang lama. Jika Anda merasa mengalami gejala-gejala awal ini, segera konsultasikan diri ke dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

Sering buang air kecil

Juga dikenal sebagai poliuria, sering dan / atau buang air kecil berlebihan adalah tanda bahwa kadar gula darah Anda cukup tinggi sehingga "tumpah" ke dalam urin Anda. Ketika ginjal Anda tidak dapat mengimbangi jumlah glukosa, mereka membiarkan sebagian masuk ke urin Anda.

Ini membuat Anda harus sering buang air kecil, termasuk di malam hari.

Rasa haus yang ekstrim

Rasa haus yang ekstrem adalah gejala umum awal dari diabetes. Hal ini terkait dengan kadar gula darah tinggi, yang menyebabkan rasa haus mereka sendiri, dan diperburuk oleh gejala sering buang air kecil. Seringkali, minum tidak akan memuaskan rasa haus.

Meningkatnya rasa lapar

Rasa lapar yang hebat, atau polifagia, juga merupakan tanda peringatan dini diabetes. Tubuh Anda menggunakan glukosa dalam darah untuk memberi makan sel-sel.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ketika sistem ini rusak, sel-sel tidak dapat menyerap glukosa. Akibatnya, tubuh akan terus-menerus mencari lebih banyak bahan bakar, sehingga menyebabkan rasa lapar terus-menerus.

Karena Anda memiliki terlalu banyak glukosa yang beredar sehingga ikut keluar dalam urin, Anda juga dapat mengalami penurunan berat badan. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi tanda peringatan diabetes.

Nyeri saraf atau mati rasa

Anda mungkin mengalami kesemutan atau mati rasa di tangan, jari, kaki, dan jari kaki. Hal ini merupakan tanda kerusakan saraf, atau neuropati diabetes. Kondisi ini biasanya berkembang dengan lambat.

Anda mungkin mengalami ini setelah bertahun-tahun hidup dengan diabetes, tetapi ini bisa menjadi pertanda pertama bagi banyak orang.

Luka penyembuhan lambat

Ada beberapa alasan luka akan sembuh lebih lambat jika Anda menderita diabetes. Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi mempersempit pembuluh darah Anda, memperlambat sirkulasi darah dan membatasi nutrisi dan oksigen yang diperlukan agar tidak sampai ke luka.

Kadar gula darah yang lama dan berkepanjangan juga merusak sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga tubuh Anda lebih sulit melawan infeksi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Penglihatan kabur

Penglihatan kabur biasanya terjadi pada awal diabetes yang tidak terkelola. Hal ini bisa merupakan hasil dari kadar gula darah yang tiba-tiba tinggi, yang mempengaruhi pembuluh darah kecil di mata, menyebabkan cairan meresap ke dalam lensa mata. Keburaman mata biasanya akan teratasi dan membutuhkan penanganan segera oleh dokter.

Dengan kadar gula darah tinggi yang berkepanjangan, Anda menjadi berisiko untuk kondisi yang lebih serius yang dapat menyebabkan kebutaan, seperti retinopati diabetik.

Bercak kulit gelap

Perubahan warna gelap dan beludru di lipatan kulit Anda disebut acanthosis nigricans. Ini adalah tanda peringatan dini lain dari diabetes tipe 2. Kondisi ini paling umum di daerah ketiak, leher, dan selangkangan, dan kulit juga menjadi menebal.

Hal ini disebabkan oleh kelebihan insulin dalam darah, yang umum pada orang dengan diabetes tipe 2 karena resistensi insulin adalah prekursor utama diabetes tipe 2.

Jika Anda mencurigai bahwa Anda mungkin mengalami salah satu dari tanda-tanda awal diabetes tipe 2, segera hubungi dokter Anda. Diagnosis dini dan perawatan cepat dapat secara signifikan mengurangi risiko komplikasi serius dan mengancam jiwa.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit