Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI
Kesehatan Fisik

Cara Mencegah Diabetes

Update terakhir: SEP 17, 2019 Tinjau pada SEP 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 863.142 orang

Cara Mencegah Diabetes

"Mencegah lebih baik daripada mengobati". Kata-kata itu sangatlah tepat untuk mencegah penyakit apa saja, terutama untuk penyakit kronis seperti diabetes melitus.

Mengingat penyakit diabetes ini membutuhkan pengobatan jangka panjang dan ketekunan pengidapnya dalam menjalani pengobatan tersebut, tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit pula.  Tujuan dari pengobatan tersebut tak lain ialah agar gula darah tetap terkontrol dan agar tidak terjadi komplikasi (baca juga Komplikasi Diabetes).

Oleh karena itu Pencegahan dabetes ini penting,  penting untuk setiap orang namun lebih penting lagi bagi yang memiliki resiko tinggi terhadap diabetes. Baiklah, tak perlu panjang lebar, berikut ini saya sajikan  "Cara Mencegah Diabetes".

Perbanyak Aktifitas Fisik

Terdapat banyak manfaat dari aktivitas fisik secara teratur, diantaranya :

  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan gula darah
  • Meningkatkan kepekaan jaringan tubuh terhadap insulin -  membantu menjaga gula darah dalam rentang normal
  • Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung
  • Memperlambat perjalanan komplikasi
  • Menguatkan otot-otot
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa baik latihan aerobik dan latihan ketahanan (anaerobik) dapat membantu mengendalikan diabetes.

Banyak Makan Serat

Banyak makan serat dapat mencegah diabetes, karena manfaat dari konsumsi serat makanan, antara lain :

  • Mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah
  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Menjaga  berat badan, karena makan kaya serat membuat  rasa kenyang
  • Sebagai antioksidan
  • Memperbaiki kualitas pembuluh darah

Makanan tinggi serat termasuk buah-buahan, sayuran,  kacang-kacangan dan biji-bijian.

Konsumsi biji-bijian

Meskipun tidak jelas mengapa biji-bijian dapat mencegah diabetes, biji-bijian dapat mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Banyak makanan yang terbuat dari biji-bijian yang sudah siap santap, termasuk aneka roti, produk pasta dan sereal. Biji-bijian mengandung kadar glukosa darah yang rendah sehingga dengan takaran tertentu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menurunkan berat badan

Jika Anda kelebihan berat badan, pencegahan diabetes dapat bergantung pada penurunan berat badan. Setiap kehilangan kilogram berat badan Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Dalam suatu studi, orang dewasa dengan kelebihan berat badan mengurangi risiko diabetes mereka sebesar 16 persen untuk setiap kilogram (2,2 pon) dari berat badan yang hilang. Juga, mereka yang dapat menurunkan berat badan - setidaknya 5 sampai 10 persen dari berat badan awal - dan berolahraga secara teratur mengurangi risiko diabetes hampir 60 persen selama tiga tahun.

Diet rendah gula

Diet rendah karbohidrat, diet rendah gula digunakan untuk membatasi konsumsi gula pada penderita diabetes. Pada penderita diabetes rata-rata kalori maksimal yang dimakan setiap hari sebesar 1500kalori.

Kapan harus ke dokter ?

Jika Anda lebih tua dari usia 45 dan berat badan Anda normal, tanyakan kepada dokter apakah perlu pemeriksaan diabetes. The American Diabetes Association merekomendasikan skrining glukosa darah jika:

  • Usia 45 atau lebih tua
  • kelebihan berat badan
  • keluarga dengan riwayat diabetes
  • memiliki gejala klasik seperti mudah lapar (polifagia), sering haus (polidipsi), sering berkemih, peurunan berat badan atau peningkatan berat badan berlebihan

Berkonsultasilah dengan dokter tentang pencegahan diabetes. Dia akan menghargai usaha Anda untuk menjaga tubuh agar terhindar dari diabetes, dan mungkin dokter akan menawarkan saran tambahan berdasarkan riwayat medis atau faktor-faktor lainnya.

 

Referensi

Centers for Disease Control and Prevention (2017). Living with Diabetes.

Healthline (2017). 13 Ways to Prevent Diabetes.

Mayo Clinic (2016). Diabetes prevention: 5 tips for taking control.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit