Kebiasaan Sehat

Kelenjar Getah Bening

Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Okt 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening adalah salah satu bagian dalam tubuh yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh manusia. Meskipun berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh, kelenjar getah benih sangat mudah diserang gangguan dan penyakit. 

Beberapa penyakit yang sering menyerang kelenjar ini seperti pembesaran kelenjar getah bening dan kanker getah bening mungkin sudah tidak asing ditelinga Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apa itu kelenjar getah bening?

Kelenjar getah bening adalah struktur jaringan yang memiliki bentuk bulat dengan ukuran sekitar 1 cm dan berperan sebagai penyaring cairan limfa. Ukuran kelenjar getah bening dapat disamakan dengan ukuran sebuah kepala peniti atau buah zaitun dengan bentuk yang menyerupai kacang merah. 

Terdapat ratusan kelenjar getah bening didalam tubuh yang biasanya dapat ditemukan di area leher, paha, ketika, sekitar usus, dan di antara paru-paru. Kelenjar ini dapat ditemukan sendiri atau dapat berupa kumpulan. 

Sepeti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kelenjar getah bening merupakan sistem kekebalan tubuh, kelenjar ini memiliki sel-sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi yang menyerang sistem imun tubuh. 

Tetapi, fungsi utama dari kelenjar getah bening adalah menyaring cairan getah bening dari organ terdekat atau pada area tubuh. Kelenjar getah bening juga membangun sistem getah bening bersamaan dengan pembuluh limpa

Kelenjar getah bening dan sistem getah bening 

Tidak hanya mengetahui apa itu kelenjar getah bening beserta fungsinya, Anda juga perlu memahami bagaimana cara kerja sistem getah being didalam tubuh. Sistem getah bening yang terbentuk dari kelenjar getah bening ini merupakan bagian yang penting dari sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. 

Sistem getah bening, diluar aliran darah, bekerja dengan mengumpulkan cairan, zat sisa, dan hal-hal lain pada jaringan tubuh. Cairan getah bening akan dibawa oleh pembuluh getah bening menuju kelenjar getah bening. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dalam perjalanannya, kelenjar getah bening akan menyaring cairan tersebut, menjebak bakteri, virus dan zat asing lain yang terkandung didalamnya. Agen-agen berbahaya tersebut akan dihancurkan oleh sel darah putih khusus (limfosit). Setelah melalui penyaringan, cairan, garam dan potein akan dikembalikan ke dalam peredaran darah. 

Apabila Anda mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening, hal itu menunjukkan bahwa terdapat virus atau bakteri yang menyebabkan masalah seperti infeksi, cedera atau kanker kelenjar getah bening. 

Daerah kelenjar getah bening yang seingkali mengalaim pembengkakan adalah leher, paha bagian dalam dan ketiak. Oleh sebab itu, jika Anda merasakan hal-hal seperti itu, segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. 

Kanker kelenjar getah bening

Kanker kelenjar getah bening merupakan kanker ganas yang menyerang sistem limfatik dalam tubuh. Kanker ini biasanya disebabkan oleh berbagai organisme, seperti virus, protozoa dan jamur. 

Virus yang menyerang seperti Varicella Zoster (virus yang menyebabkan cacar air), HIV (virus yang menular pada penderita AIDS), Herpes Simplex (virus yang menyebabkan penyakit herpes, dan virus flu yang menyebabkan influensa). 

Ada dua jenis kanker kelenjar getah bening yang bisa menyerang tubuh Anda, yaitu kanker kelenjar getah bening Hodgkin dan non Hodgkin. Kanker kelenjar getah bening muncul pada tubuh manusia melalui 2 cara, yaitu: 

  1. Kanker kelenjar getah bening yang berasal dari kelenjar itu sendiri
  2. Kanker kelenjar getah bening yang tersebar di kelenjar dari tempat lain 

Pada cara yang kedua, biasanya disebabkan oleh adanya infeksi virus yang datang melalui telinga, hidung atau mata. Jika Anda memiliki kanker, kelenjar getah bening Anda akan diperiksa untuk memastikan apakah kelenjar tersebut terpengaruh oleh kanker atau tidak. 

Karena seringkali penderita kanker kelenjar getah bening tidak menyadari hal tersebut karena tidak menunjukkan gejala atau ciri-ciri kanker kelenjar getah bening seperti pada umumnya. 

Adapun pemeriksaan yang sering dilakukan untuk mengetahui kanker kelenjar getah bening dengan cara meraba seluruh kelenjar getah bening yang memang dapat diraba pada tubuh pasien seperti pada leher, ketiak dan paha; melalui CT scan; dan juga mengangkat kelenjar getah bening yang berada di dekat kanker. 

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Definition and Function of Lymph Nodes. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/lymph-nodes-function-513705)
Lymph nodes. healthdirect. (https://www.healthdirect.gov.au/lymph-nodes)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app