Kadar Hematokrit Tidak Normal, Waspadai Beragam Penyakit Ini!

Dipublish tanggal: Sep 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kadar Hematokrit Tidak Normal, Waspadai Beragam Penyakit Ini!

Kadar hematokrit adalah kondisi kadar sel darah merah dalam darah. Bila kadar sel darah merah dalam darah terlalu tinggi atau terlalu rendah maka Anda harus waspada. 

Hal ini karena kondisi hematokrit yang tidak normal dapat menjadi tanda bahwa seseorang mengalami penyakit tertentu seperti anemia dan penyakit lainnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Memiliki peran membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, sel darah merah memang harus dijaga betul agar tidak mengalami masalah. 

Bila sel darah ini mengalami masalah maka akan mengakibatkan kondisi yang tidak baik pada sistem yang lain. 

Mengingat pentingnya sel darah merah dalam tubuh, maka diperlukan proporsi jumlah sel darah merah dalam rentang standar nilai normal. 

Hal ini dapat dilihat dari hematokrit (Ht) yang akan menunjukkan jumlah persentase perbandingan sel darah merah terhadap volume darah.

Kadar hematokrit dinyatakan dalam satuan persen, misalnya hematokrit 25% artinya ada 25 militer sel darah merah dalam 100 mililiter darah. 

Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki kadar hematokrit yang berbeda-beda. Perbedaan ini bisa dipicu oleh usia, jenis kelamin dan tempat laboratorium pengujiannya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Berikut adalah rentang nilai normal hematokrit dilihat dari usia dan jenis kelamin:

  • Bayi baru lahir : 55% sampai 68%
  • Usia 1 minggu : 47% sampai 65%
  • Usia 1 bulan : 37% sampai 49%
  • Usia 3 bulan: 30% sampai 36%
  • Usia 1 tahun : 29% sampai 41%
  • Usia 10 tahun : 36% sampai 40%
  • Dewasa pria : 42% sampai 54%
  • Dewasa perempuan : 38% sampai 46%

Hematokrit tidak normal pertanda Anda mengidap penyakit ini

Untuk mengetahui kondisi sel darah merah seseorang biasanya akan dilakukan tes hematokrit. Tes ini merupakan bagian dari pemeriksaan darah lengkap yang dapat membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit seseorang. 

Selain itu, tes ini akan membantu dalam menentukan seberapa baik tubuh seseorang dalam merespon pengobatan yang telah diberikan. 

Biasanya akan dilakukan tes hematokrit bila ada indikasi penyakit disebabkan oleh tinggi atau rendahnya sel darah merah. Kondisi kesehatan yang dapat memicu kadar hematokrit rendah yaitu

Sedangkan untuk kadar hematokrit yang tinggi dapat diakibatkan oleh:

Selain itu,, kadar hematokrit dapat terjadi pada orang yang tinggal di ketinggian dan perokok berat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Prosedur Pemeriksaan Hematokrit

Pemriksaan hematokrit dimulai dengan pengambilan sampel darah pada bagian pembuluh vena yang paling menonjol biasanya di bagian siku. 

Setelah diambil sampel maka dilakukan evaluasi menggunakan centrifuge yang merupakan alat yang berputar dengan kecepatan tinggi untuk memisahkan isi dalam darah. 

Supaya darah tidak membeku diberikan antikoagulan khusus. Ketika tabung uji dari centrifuge diambil, maka akan jelas terlihat bahwa darah akan terbagi menjadi tiga bagian yang terpisah yaitu sel darah merah, antikoagulan, dan plasma darah

Kemudian akan terlihat sel darah merah yang mengendap di bagian bawah tabung sehingga bisa dihitung kadar hematokrit dalam darah. 

Setelah didapat hasilnya dilanjutkan dengan membandingkan dengan nilai normal. Sehingga didapatlah hasil akhir kadar hematokrit darah dalam kondisi normal atau abnormal.

Dalam melakukan pemeriksaan hematokrit perlu adanya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan hasil akurat dalam pemeriksaan. 

Seseorang yang baru saja dalam kondisi mengalami kekurangan darah, transfusi darah, dehidrasi berat dan orang yang tinggal di dataran tinggi dapat membuat hasil tes tidak akurat. 

Meskipun tes hematokrit tidak menimbulkan efek samping namun Anda perlu waspada jika terjadi pembengkakan atau perdarahan yang tidak kunjung sembuh setelah pengambilan sampel darah. 

Jika hasil kadar hematokrit sudah diperoleh maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Hal ini untuk menghindari risiko penyakit lain yang mungkin akan muncul.

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Effects of Normal as Compared with Low Hematocrit Values in Patients with Cardiac Disease Who Are Receiving Hemodialysis and Epoetin. The New England Journal of Medicine. (https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJM199808273390903)
What does hematocrit (Hct) mean from a complete blood count (CBC)?. WebMD. (https://www.webmd.com/a-to-z-guides/qa/what-does-hematocrit-hct-mean-from-a-complete-blood-count-cbc)
Hematocrit - Health Encyclopedia. University of Rochester Medical Center. (https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=167&contentid=hematocrit)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app