Jangan Anggap Sepele Gangguan pada Sistem Peredaran Darah

Aliran darah yang mengalami gangguan akan menyebabkan organ tubuh merasakan kerusakan dan menimbulkan beberapa komplikasi penyakit. Berikut terdapat beberapa gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah yang tidak bisa dianggap remeh, di antaranya:
Dipublish tanggal: Sep 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Apr 1, 2020 Waktu baca: 3 menit
Jangan Anggap Sepele Gangguan pada Sistem Peredaran Darah

Terdapat beragam sistem yang ada di dalam tubuh manusia. Salah satu sistem dalam tubuh yang bertanggung jawab atas pengiriman darah, oksigen, dan nutrisi ke seluruh tubuh adalah sistem peredaran darah

Sistem peredaran darah akan mengalami gangguan jika aliran darah ke bagian tubuh tertentu berkurang, contohnya akibat adanya tekanan darah tinggi, aterosklerosis, atau serangan jantung

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Sistem peredaran darah terdiri dari jantung dan pembuluh darah, yang mencakup pembuluh darah arteri, vena, dan kapiler. 

Jantung merupakan organ utama dalam sistem peredaran darah, yang memliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Berbeda dari jantung, arteri dan vena justru memiliki fungsi yang lain. 

Dalam sistem peredaran darah, ateri berfungsi untuk membawa darah keluar dari jantung ke seluruh tubuh, sedangkan vena akan membawa darah kembali ke jantung. 

Dua pembuluh darah ini dihubungkan oleh jaringan kapiler yang berfungsi untuk mengirim, nutrisi dan oksigen ke sel tubuh, serta mengeluarkan zat sisa metabolisme seperti karbondioksida. 

Beberapa gangguan pada sistem peredaran darah 

Aliran darah yang mengalami gangguan akan menyebabkan organ tubuh merasakan kerusakan dan menimbulkan beberapa komplikasi penyakit. 

Berikut terdapat beberapa gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah yang tidak bisa dianggap remeh, di antaranya: 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

1. Tekanan darah tinggi (hipertensi) 

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi dalam sistem peredaran darah. 

Dalam perjalanannya, gangguan ini dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan beberapa organ tertentu, seperti jantung, otak dan ginjal. 

Meskipun gangguan ini seringkali tidak memunculkan gejala, namun kadang gejala yang terjadi meliputi sakit kepala, mimisan, sesak napas, dan pusing. 

2. Aterosklerosis 

Aterosklerosis merupakan gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah ketika arteri mengeras dan kaku. Kondisi akan mengakibatkan aliran darah tidak dapat mengalir ke oragn dan jaringan tubuh tertentu. 

Aterosklerosis terjadi akibatnya adanya penumpukan kolestrol, kalsium, dan jaringan ikat di dinding arteri karena proses peradangan

Risiko terjadinya gangguan ini akan semakin meningkat apabila seseorang mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi), obesitas, diabates, dan memiliki kebiasaan merokok. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Sering terjadi tanpa memunculkan gejala tertentu, aterosklerosis dapat menyebabkan arteri menyempit atau tersumbat. Penyumbatan ini biasanya terjadi pada arteri yang mengarah ke otak, jantung, lengan, dan kaki, serta ke ginjal. 

3. Serangan jantung 

Serangan jantung terjadi ketika darah yang harus disuplai ke jantung tersumbat secara tiba-tiba. Gangguan pada sistem peredaran ini memerlukan penanganan medis sesegera mungkin karena termasuk dalam kondisi darurat medis serius. 

Umumnya, kondisi ini debabkan oleh bekuan darah. Gejala-gejala yang menandakan seseorang mengalami serangan jantung meliputi nyeri dada, sesak napas, pusing, merasa lemah, serta munculnya perasaan cemas yang luar biasa.

 Penyebab utama dari gangguan ini adalah penyakit jantung koroner

4. Trombosis vena dalam (deep vein thrombosis atau DVT)

Gangguan dalam bentuk bekuan darah ini berkembang dalam pembuluh darah dalam tubuh dan  biasanya terjadi di bagian tungkai kaki. 

Trombosis vena dalam atau deep vein thrombosis biasa muncul dengan gejala seperti sakit, bengkak dan nyeri pada salah satu tungkai kaki, kulit berubah kemerahan, dan terasa hangat. 

Penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi emboli paru, sehingga memerlukan penanganan medis sesegera mungkin. 

5. Iskemia 

Kondisi di mana jaringan tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup disebut dengan iskemia

Gangguan yang terjadi di jantung ini biasanya disebabkan oleh satu atau lebih arteri koroner yang mengalami penyumbatan atau penyempitan, yaitu arteri yang berfungsi untuk memasok darah ke otot jantung

6. Stroke 

Menjadi salah satu gangguan sistem peredaran darah yang sering mengancam jiwa, stroke terjadi ketika terputusnya suplai darah ke bagian otak. 

Kondisi ini akan menyebabkan kerusakan otak, kelumpuhan, dan bahkan kematian. Adanya sumbatan oleh bekuan darah di pembuluh darah yang memasok darah dan nutrisi ke otak menjadi salah satu penyebab gangguan ini. 

Stroke membutuhkan pertolongan medis sesegera mungkin untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi. 

Jangan menganggap remeh gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah, karena dapat berakibat fatal bagi jiwa. Segera cari pertolongan medis apabila seseorang mengalami kondisi-kondisi di atas. 

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya gangguan pada sistem peredaran darah dan penyakit lainnya, Anda sebaiknya melakukan olahraga yang rutin, berhenti merokok, serta berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. 

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Symptoms and Causes of Poor Circulation. Healthline. (https://www.healthline.com/health/poor-circulation-symptoms-causes)
What are the symptoms of poor circulation?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322371.php)
Peripheral Artery Disease (PAD): Symptoms, Causes, Treatment. WebMD. (https://www.webmd.com/heart-disease/peripheral-artery-disease-of-the-legs)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app