Kesehatan Fisik

Gangguan Tidur - Penyebab, Gejala, & Pengobatan

Dipublish tanggal: Mar 10, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 27, 2019 Waktu baca: 3 menit
Gangguan Tidur - Penyebab, Gejala, & Pengobatan

Definisi

Gangguan tidur adalah suatu kondisi yang sering mempengaruhi kemampuan seseorang untuk dapat tidur secara berkualitas. Mengalami kesulitan tidur memang cukup umum terjadi, tetapi sangat tidak umum apabila kesulitan tidur hampir setiap hari, terbangun tetapi masih kelelahan atau mengantuk pada siang hari.

Mengalami hal seperti ini hampir setiap saat dapat membuat orang merasa frustasi dan melelahkan. Kualitas tidur yang buruk pada malam hari menyebabkan rasa lelah selama pagi hari dan energi cepat sekali terkuras pada siang hari apapun aktivitas yang dilakukan.

Selelah apapun seseorang yang mengalami gangguan tidur tetap tidak bisa tidur pada malam hari. Siklus ini akan terus terjadi, memberikan dampak serius pada suasana hati, energi, efisiensi, dan kemampuan mengatur stres.

Dengan tidak mengatasi hal gangguan tidur, seseorang akan merusak kesehatan dan menyebabkan penambahan berat badan, kecelakaan, tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik, masalah ingatan dan membuat hubungan dengan orang lain menjadi tegang.

Jika seseorang ingin merasa sangat baik, jagalah kesehatan dan membentuk kualitas tidur yang baik adalah keharusan, bukan kemewahan. Meskipun seseorang masih mengalami gangguan tidur bahkan sudah dalam waktu yang lama, seseorang masih bisa mempelajari cara untuk dapat tidur secara berkualitas.

Hal tersebut dapat dimulai dengan mengetahui gejala dan pola tidur, lalu membuat perubahan kebiasaan pada siang hari dan rutinitas tidur menjadi lebih baik. Jika masih belum berhasil, periksakan pada spesialis tidur yang terlatih dalam pengobatan gangguan tidur, sehingga bisa diketahui penyebab utama dan cara untuk memperbaiki kualitas tidur dan kualitas hidup.

Gejala

Secara umum, gejala yang ditimbulkan dari gangguan tidur antara lain:

  • Sering terbangun di malam hari
  • Terbangun tapi tetap merasa lelah
  • Merasa tidur tidak cukup
  • Tidur secara berlebihan
  • Tidur pada saat yang tidak tepat
  • Rasa payah pada siang hari dan lelah yang mempengaruhi dan mengganggu aktivitas sehari-hari
  • Perubahan suasana hati yang terus menerus dan tiba-tiba
  • Kesulitan untuk fokus, perhatian dan mengingat
  • Mendengkur

Jika gejala di atas tetap muncul secara konsisten selama beberapa minggu atau bulan, segera hubungi dokter atau minta penanganan dari spesialis tidur yang ahli.

Macam-macam gangguan tidur

Insomnia

Insomnia adalah ketidakmampuan seseorang untuk tidur, biasanya pada tidur malam hari, yang disebabkan stres, jet-lag, masalah kesehatan, pengobatan yang sedang dijalani atau banyaknya kopi yang diminum. Insomnia juga dapat disebabkan oleh gangguan tidur lainnya atau gangguan suasana hati seperti kecemasan dan depresi.

Apapun penyebab insomnia, memperbaiki kebersihan tidur, memperbaiki kebiasaan pada siang hari dan mencoba untuk santai dapat membantu menyembuhkan insomnia tanpa bantuan spesialis maupun mengonsumsi obat tidur.

Apnea tidur

Apnea tidur adalah tipe gangguan tidur yang umum terjadi dan dapat disembuhkan. Apnea tidur terjadi apabila nafas seseorang tiba-tiba berhenti saat tidur dan menyebabkan seseorang tersebut terbangun secara terus menerus.

Seseorang tidak mengingat kalau ia terbangun, tetapi akan merasa kelelahan pada siang hari, mudah marah dan depresi, atau produktivitasnya menurun. Apnea tidur termasuk dalam gangguan tidur yang serius dan berpotensi membahayakan jiwa seseorang, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan.

Restless Legs Syndrome

Restless Legs Syndrome (RLS), adalah gangguan tidur yang menyebabkan keinginan untuk menggerakkan kaki atau tangan pada malam hari. Keinginan tersebut terjadi pada saat tidur atau berbaring dan biasanya terjadi karena merasa tidak nyaman, kebas, nyeri, atau sensasi merinding.

Untuk mengatasi gangguan tidur ini, salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat yang ada di rumah.

Narkolepsi

Narkolepsi adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang merasa mengantuk pada siang hari yang tidak dapat diatasi dan berlebihan. Hal ini biasanya disebabkan kesalahan dalam mekanisme otak yang mengatur tidur dan bangun seseorang.

Seseorang yang mengalami narcolepsy dapat tiba-tiba tertidur pada saat sedang beraktivitas. Meskipun masih belum ada obatnya, penanganan khusus dari ahli dapat mengendalikan gejala sehingga seseorang dapat hidup normal.

Penanganan

Penanganan secara medis gangguan tidur dapat berupa hal-hal berikut:

  • Obat tidur
  • Suplemen melatonin
  • Pengobatan alergi atau pilek
  • Pengobatan untuk penyakit penyebab gangguan tidur
  • Alat bantu pernapasan atau prosedur operasi (umumnya untuk apnea tidur)
  • Pelindung gigi (biasanya untuk gangguan teeth grinding)

33 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WebMD (2016). Sleep Disorders: Sleepwalking Basics. (https://www.webmd.com/sleep-disorders/sleepwalking-causes)
Blahd, W. WebMD (2016). What are REM and Non-REM Sleep? (https://www.webmd.com/sleep-disorders/sleep-101)
Ahmed, et al. Medscape (2015). Sleepwalking. (https://emedicine.medscape.com/article/1188854-overview)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app