Segudang Manfaat Vitamin D untuk Gigi dan Mulut, Anda Wajib Tahu!

Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Segudang Manfaat Vitamin D untuk Gigi dan Mulut, Anda Wajib Tahu!

Vitamin D dikenal sebagai jenis vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Itulah sebabnya bila Anda ingin memiliki gigi yang sehat dan kuat, Anda perlu memenuhi asupan vitamin D setiap harinya. Lantas, apa saja manfaat vitamin D untuk gigi dan mulut serta dari mana sumber vitamin D bisa didapatkan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat vitamin D bagi kesehatan gigi dan mulut

Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang mudah larut di air dan tersedia pada sejumlah bahan makanan. Tidak hanya berguna untuk menguatkan tulang, vitamin D juga sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Beberapa di antaranya adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

1. Mempermudah penyerapan kalsium

Asupan vitamin D yang cukup pada tubuh sangat berguna untuk membentuk senyawa kortisol. Senyawa tersebut selanjutnya akan dimanfaatkan untuk mengoptimalkan proses penyerapan kalsium. Jika kebutuhan akan kalsium tercukupi, maka masalah gigi berlubang, gusi bengkak, dan lain sebagainya bisa dicegah.

Baca Juga: Fungsi Kalsium untuk Tubuh Sehat dan Mengusir Penyakit

2. Memperkuat gigi

Kandungan vitamin D yang cukup dan tidak berlebihan pada tubuh sangat bermanfaat untuk memperkuat gigi. Namun jika kadarnya berlebih, hal ini justru bisa memicu penyakit berbahaya yang berkaitan dengan mata, ginjal, paru-paru, dan pembuluh darah

Begitu pun jika tubuh kekurangan asupan vitamin D, maka Anda bisa mengalami berbagai macam gejala seperti mudah lelah, nyeri otot, dan nyeri sendi.

3. Memperpanjang usia gigi

Ciri-ciri gigi yang sehat adalah berwarna putih gading, kelembaban gigi terjaga, tidak ada keluhan ngilu, tidak berlubang, dan kondisi giginya utuh. Gigi yang sehat tetunya juga akan memiliki usia yang lebih lama dan tidak mudah retak, dibandingkan dengan gigi yang tidak sehat.

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari, maka kesehatan gigi Anda akan tetap terjaga dan tidak mengalami masalah sama sekali. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

4. Melawan penyakit gigi dan mulut

Kerja vitamin D dalam tubuh sangat berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Jika asupannya tercukupi, maka serangan kuman dan bakteri yang bersarang di mulut bisa segera dimusnahkan. Dengan begitu, berbagai penyakit yang berhubungan dengan gigi dan mulut dapat dicegah.

5. Mencegah radang gusi

Peradangan pada gusi bisa disebabkan oleh kumpulan bakteri yang bersarang pada permukaan gigi. Nah, kondisi ini bisa dicegah jika asupan vitamin D tercukupi.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh adalah dengan konsumsi ikan laut, olahan susu, dan daging merah.

Apa saja makanan sumber vitamin D?

Sumber vitamin D terbaik bahkan bisa Anda dapatkan secara gratis, yaitu melalui paparan sinar matahari pagi. Dengan berjemur setiap pagi saja, Anda sudah mendapatkan asupan vitamin D yang diperlukan tubuh selama sehari. 

Baca Selengkapnya: Agar Tubuh Sehat, Kapan Waktu Terbaik Berjemur di Pagi Hari?

Selain itu vitamin D juga dihasilkan oleh beberapa jenis makanan seperti ikan tuna, salmon, makarel, sarden, herring, daging merah, kuning telur, olahan susu, dan lain-lain.

Beragam cara menjaga kesehatan gigi dan mulut

Agar terhindar dari berbagai masalah yang berkaitan dengan gigi dan mulut, memenuhi asupan vitamin D saja ternyata tidak cukup. Kondisi gigi dan mulut harus dijaga kesehatannya dengan beberapa cara di bawah ini:

  • Batasi konsumsi makanan yang manis.
  • Sikat gigi 2 kali dalam sehari, yaitu sesudah makan dan sebelum tidur malam.
  • Gunakan sikat gigi berbahan lembut.
  • Gunakan obat kumur yang mengandung antiseptik dan antibakteri.
  • Berhenti merokok.
  • Lakukan flossing, yaitu membersihkan gigi dengan benang setidaknya sekali dalam sehari.
  • Konsultasi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang berperan besar dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena itulah, asupannya harus dicukupi dengan rutin berjemur setiap pagi dan konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu rajin membersihkan gigi dan mulut supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan seperti gusi berdarah, gigi berlubang, dan lain sebagainya.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What's the link between vitamin D, gum health, and diabetes?. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/322830)
Stein SH, Tipton DA. Vitamin D and its impact on oral health--an update. The Journal of the Tennessee Dental Association 2011;91(2):30-3; quiz 34-5. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21748977)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app