HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Inilah Jenis Cedera yang Sering Dialami Pemain Sepakbola

Jenis Cedera yang Sering Dialami pada Pemain Sepakbola, antara lain:
Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Inilah Jenis Cedera yang Sering Dialami Pemain Sepakbola

Cedera sering dialami oleh seorang atlit olahraga terutama pada pemain sepakbola. Cedera memerlukan pertolongan yang profesional dengan segera. 

Cara yang lebih efektif dalam mengatasi cedera adalah dengan memahami jenis cedera yang dialami dan mengenali bagaimana tubuh memberikan respon terhadap cidera tersebut. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka dapat mengakibatkan gangguan atau kecacatan fisik.

Jenis cedera yang sering dialami pada pemain sepakbola:

  • Keseleo (Sprain)
  • Cedera ACL
  • Cedera Hamstring
  • Cedera Kepala

Keseleo adalah bentuk cedera berupa penguluran atau kerobekan pada ligamen (jaringan yang menghubungkan tulang dengan tulang) atau kapsul sendi, yang memberikan stabilitas sendi. 

Cedera pada ligamen lutut bisa berupa memar, robekan maupun sampai putus. Jika cedera ligament hanya berupa memar, maka hanya dibutuhkan perawatan konservatif saja untuk memulihkan cedera tersebut. 

Namun jika yang terjadi berupa robekan atau bahkan sampai putus, maka harus dilakukan operasi untuk menyambung.

Penyebab yang sering terjadi adalah tumpuan kaki yang salah saat mendarat setelah melakukan lompatan. 

Selain itu juga bisa disebabkan ketika badan mencoba memutar secara berlebihan dan kurang hati-hati tanpa diikuti perpindahan kaki yang sesuai. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health

Penyebab yang cukup fatal adalah tendangan langsung pada lutut yang menyebabkan sendi lutut teregang secara berlebihan.

Gejalanya dapat berupa nyeri, inflamasi atau peradangan, dan pada beberapa kasus, ketidakmampuan menggerakkan tungkai. 

Untuk menghindari keseleo, diperlukan pemanasan yang cukup dan stretching yang tepat bisa mencegah terjadinya cedera tersebut.

ACL adalah ligamen (jaringan ikat) yang berada di lutut. ACL ini sering sekali mengalami cedera. Separuh dari kasus cedera ACL kerap kali disertai dengan cedera struktur lainnya dalam sendi lutut. 

Misalnya kerusakan meniskus (bantalan tulang), tulang rawan, dan ligamen lainnya.

Cedera ini terjadi bila saat badan berputar atau jatuh, paha atas berputar ke arah dalam dan kaki bawah berputar ke arah luar. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Anti Inflamasi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 42

Komplikasi cedera ini adalah melekatnya salah satu ujung ACL di meniscus, ACL mengalami over stretch (meregang secara berlebihan), dan menarik meniscus itu sampai lepas dari lutut kaki. 

Jika cedera ini cukup parah, maka pemain tersebut mengalami cedera ganda yakni ACL dan meniscus. Jika mengalami hal tersebut maka tingkat pemulihannya akan sangat lama. 

Apabila tidak segera diatasi, maka rasa nyeri yang timbul tidak akan hilang, orang tersebut tidak dapat beraktivitas, dan memicu perkapuran dini.

Otot Hamstring adalah otot yang letaknya ada pada bagian belakang paha. Pemain sepakbola seringkali mengalami cedera pada otot ini. Gangguan tersebut dapat berupa robekan atau regangan otot. 

Pada cedera ringan, biasanya hanya terasa seperti tertekan pada paha bagian belakang. Pada cedera yang berat akan mengalami nyeri yang hebat hingga menyebabkan tidak dapat berjalan. 

Cedera hamstring dapat didiagnosis berdasarkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti MRI.

Penanganan bagi pemain sepakbola yang mengalami cedera otot hamstring adalah :

  • Mengistirahatkan otot-otot yang terkena hamstring
  • Mengompres dengan es batu pada bagian yang sakit, terutama saat awal-awal cedera
  • Menekan bagian yang sakit dengan perban elastis
  • Memakai tongkat apabila muncul rasa nyeri saat berjalan
  • Meregangkan dengan perlahan paha dan pinggul
  • Terapi fisik
  • Operasi, apabila terbukti otot mengalami robekan

Otot harus kuat dan lentur untuk mencegah adanya cedera hamstring. Oleh karena itu latihan perengangan dan penguatan otot dengan baik sangat penting dilakukan. 

Selain itu, sebelum melakukan olah raga hendaknya selalu melakukan pemanasan, dan sesudahnya melakukan pendinginan.

Masalah yang terjadi pada Piala Dunia 2014 yang melibatkan pemain sepakbola Uruguay, membuat cedera kepala yang mengakibatkan gegar otak mendapatkan perhatian luas. 

Pada permainan sepakbola tabrakan antar pemain sering terjadi. Cedera yang melibatkan kepala biasanya menyebabkan trauma yang berkepanjangan, karena kepala merupakan organ yang vital bagi tubuh manusia.    

Para pemain yang pernah mengalami cedera pada bagian kepala biasanya menggunakan pelindung tambahan untuk menghindari terulangnya hal tersebut. 

Sebab, cedera ini akibatnya tidak main-main dan bisa mengancam nyawa sang pemain apabila kembali terulang.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
AHA: Soccer Is Called the Beautiful Game, But Injuries Can Make It a Dangerous One. Drugs.com. (https://www.drugs.com/news/aha-soccer-called-beautiful-game-but-injuries-can-make-dangerous-one-75656.html)
Heading footballs 'linked to brain damage in professional players'. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/news/neurology/heading-footballs-linked-to-brain-damage-in-professional-players/)
Soccer Injuries: Common Causes and Tips for Prevention . Healthline. (https://www.healthline.com/health/sports-injuries/soccer-injuries)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app