Cedera ACL Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cedera ACL Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apa itu cedera ACL?

Cedera ACL adalah kerusakan pada ligamen anterior cruciate (ACL) pada lutut. ACL merupakan satu dari empat ligamen yang menjaga lutut agar tidak bergoyang atau goyah ketika Anda bergerak.

Bagaimana cara kerja lutut?

Untuk memahami cedera ACL, ada baiknya Anda mengetahui sedikit tentang cara kerja lutut.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

Lutut adalah sendi besar di mana tulang kering (tibia) bertemu tulang paha (femur). Dua ligamen ini terletak pada kedua sisi lutut.

Ligamentum kolateral medial (MCL) ada di bagian dalam dan menjaga lutut agar tidak menekuk.

Ligamentum kolateral lateral (LCL) ada di bagian luar dan menjaga lutut agar tidak bengkok.

Dua ligamen lain - ACL dan posterior cruciate ligament (PCL) - saling bersilangan di tengah lutut. Mereka bekerja sama menjaga tulang kering menempel pada tulang paha.

ACL menghubungkan bagian depan tulang kering ke bagian belakang tulang paha sehingga tulang kering tidak meluncur di depan tulang paha.

Apa yang menyebabkan cedera ACL?

Ketika lutut dipaksa bergerak pada posisi yang tidak biasa, ACL dan ligamen lainnya dapat robek, baik sebagian atau seluruhnya. Hal ini terjadi ketika anak-anak:

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health
  • Berhenti atau mengubah arah secara tiba-tiba.
  • Memutar lutut
  • Menekuk lutut ke samping.

Hal ini dapat terjadi akibat kecelakaan saat bermain ski, bersepeda atau mengendarai mobil. Hal ini juga dapat terjadi selama olahraga yang membutuhkan gerakan melompat, berputar dan gerakan berhenti serta memulai yang begitu cepat, seperti bola basket, bola voli dan sepak bola. Anak-anak terkadang dapat merobek ACL mereka ketika tersandung atau jatuh, atau ketika mereka melakukan kontak fisik dengan orang lain saat bermain olahraga.

Siapa yang berisiko mengalami cedera ACL?

Cedera pada ACL umumnya terjadi pada atlet yang masih dalam perkembangan. Para peneliti berpikir cedera ini disebabkan oleh 3 alasan utama:

1. Anak sering berolahraga.

2. Dokter lebih cenderung mengenali cedera lutut pada anak-anak.

3. Kita menjadi lebih baik dalam mengidentifikasi cedera pada ligamen.

Gadis remaja berisiko 2 hingga 8 kali lipat mencederai ACL mereka daripada anak laki-laki pada usia yang sama. Kita tidak tahu persis mengapa ini terjadi, tetapi mungkin ada hubungannya dengan anatomi, kekuatan otot, koordinasi dan perbedaan hormon.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Anak yang lebih besar cenderung lebih sering terkena cedera ACL daripada anak yang lebih kecil. Sampai sekitar usia 12 tahun, anak-anak berisiko tinggi mematahkan tulang di bagian ligamen melekat.

Gejala Cedera PCL

Jika lutut anak tiba-tiba membengkak setelah kecelakaan atau cedera, kemungkinan ACL mereka sobek atau masalah lutut serius lainnya. Selain bengkak, gejala cedera ACL meliputi:

  • Suara letupan pada lutut saat cedera
  • Sakit parah
  • Lutut terasa tidak stabil

Mendiagnosis Cedera ACL

Untuk membantu melindungi anak dari cedera yang bisa melukai pertumbuhan tulang dan persendian, penting untuk mendapatkan evaluasi menyeluruh dan perawatan yang tepat.

Tes yang mungkin dibutuhkan anak

rumah sakit tidak dapat memastikan bahwa anak mengalami ACL yang robek sampai bengkak pada lutut bawah. Hal ini biasanya memakan waktu 7 hingga 10 hari. Pada saat itu, rumah sakit dapat melakukan:

  • Radiografi pada lutut anak untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang apa yang salah
  • Pemindaian MRI (magnetic resonance imaging) jika tidak jelas apakah ACL robek atau jika rumah sakit menduga anak mungkin memiliki cedera lain

Mengobati Cedera ACL

Hal ini dibutuhkan jika Anda ingin mengobati cedera ACL dengan metode yang tidak memerlukan operasi. Terutama jika terjadi pada anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh.

1. Terapi fisik untuk cedera ACL

Jika cedera anak ringan, mereka mungkin dapat pulih dengan bantuan terapi fisik saja. Staf rumah sakit ahli dalam merancang dan mengajarkan latihan yang membantu mengembalikan gerak lutut anak dan memperkuat otot-otot di sekitarnya.

rumah sakit memiliki gym olahraga khusus untuk membantu pasien rumah sakit dalam rehabilitasi.

Salah satu cara terpenting untuk mencegah cedera berulang adalah dengan merubah aktivitas yang dapat melukai lutut saat sembuh. Kegiatan-kegiatan ini meliputi atletik tingkat tinggi yang membutuhkan:

  • Melompat
  • Berputar
  • Kontak fisik dengan pemain lain
  • Bermain di permukaan yang tidak rata

2. Operasi untuk cedera ACL

anak mungkin perlu dioperasi jika:

  • Cederanya parah.
  • Terapi fisik tidak membuat lutut cukup stabil untuk kembali berolahraga.

Tujuan pembedahan pada pasien muda adalah untuk membuat lutut mereka stabil dengan risiko yang paling rendah mempengaruhi pertumbuhan mereka.

Selama operasi, ahli bedah ortopedi menggunakan jaringan yang diambil dari tendon hamstring anak untuk merekonstruksi ACL. rumah sakit mengebor lubang kecil di tulang kering dan tulang paha. Kemudian, rumah sakit melewati ligamen baru melalui lubang bor dan mengamankannya ke tulang.

Operasi ini hanya membutuhkan sayatan kecil. Dokter bedah memasukkan alat yang disebut arthroscope ke lutut anak. Mereka menggunakan gambar yang ditampilkan pada monitor besar untuk memandu tindakan mereka. Pelajari lebih lanjut tentang pembedahan arthroscopic (PDF) dan pilihan cangkok untuk pembedahan ACL pada usia muda (PDF).

Setelah operasi, anak akan menjalani terapi fisik rutin, sekitar dua kali seminggu selama 4 hingga 8 minggu. Hal ini akan membantu memperkuat otot dan menstabilkan lutut. anak mungkin akan membutuhkan terapi fisik selama 9 bulan hingga satu tahun setelah operasi.

23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
ACL injury: Symptoms, treatment, and recovery. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325866.php)
ACL (Anterior Cruciate Ligament) Injuries. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/a_to_z/acl-anterior-cruciate-ligament-injuries-a-to-z)
Anterior Cruciate Ligament (ACL) Injury or Tear. Johns Hopkins Medicine. (https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/acl-injury-or-tear)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app