Indocyanine Green: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 15, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Mei 14, 2019 Waktu baca: 4 menit

Cyanine adalah nama non-sistematis dari kelompok pewarna sintetis milik kelompok polimetin. Kata cyanin berasal dari kata bahasa Inggris "cyan", yang secara konvensional berarti warna biru-hijau. 

Cyanine memiliki banyak kegunaan sebagai pewarna fluoresen, terutama dalam pencitraan biomedis. Cyanine secara menguntungkan dapat menggantikan pewarna konvensional seperti fluorescein dan rhodamin karena menghasilkan fluoresensi yang lebih terang dan lebih stabil.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Nah, pada artikel ini akan membahas salah satu pewarnaan Cyanine, yang biasa digunakan dalam suatu diagnostik medis. Obat tersebut yaitu Indocyanine Green. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai obat Indocyanine Green. Selamat membaca.

Apa sih kegunaan dari Obat Indocyanine Green?

Indocyanine Green adalah pewarna tricarbocyanine yang larut dalam air dengan penyerapan spektral puncak pada 800 nm. Obat ini biasa digunakan dalam diagnostik medis khususnya untuk menentukan curah jantung, fungsi hati, aliran darah hati dan angiografi oftalmik. Namun, keamanan Indocyanine Green intraokular masih menjadi perhatian.

Indocyanine Green digunakan sebagai penanda dalam penilaian perfusi jaringan dan organ di banyak bidang kedokteran. Cahaya yang dibutuhkan untuk eksitasi fluoresensi dihasilkan oleh sumber cahaya inframerah dekat yang terpasang langsung ke kamera. Sebuah kamera video digital memungkinkan penyerapan fluoresensi Indocyanine Green untuk direkam secara real time, yang berarti perfusi dapat dinilai dan didokumentasikan.

Selain itu, Indocyanine Green juga dapat digunakan sebagai pelacak dalam diagnostik perfusi otak. Dalam kasus pasien stroke, pemantauan dalam fase pemulihan tampaknya dapat dicapai dengan mengukur penyerapan Indocyanine Greendan fluoresensi dalam kondisi klinis sehari-hari.

Berapa dosis yang digunakan pada Obat Indocyanine Gren?

Indocyanine Green merupakan obat yang dapat diperoleh berdasarkan resep dari dokter. Obat ini tersedia dalam bentuk injeksi . Berikut dosis obat Indocyanine Green yang biasa diberikan:

Dosis Intravena untuk Penilaian fungsi hati

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk dan Flu via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 9
  • Dewasa: 500 mcg / kg. Pasien harus dalam kondisi basal puasa.

Dosis Parenteral untuk Penilaian curah jantung

  • Dewasa: 5 mg injeksi dengan cepat ke dalam kateter jantung. Berikan beberapa dosis untuk mendapatkan sejumlah kurva pengenceran. Dosis maks: 2 mg / kg.
  • Anak: 2,5 mg / dosis. Bayi: 1,25 mg / dosis. Berikan beberapa dosis untuk mendapatkan sejumlah kurva pengenceran. Dosis maks: 2 mg / kg.

Bacalah petunjuk penggunaan obat sesuai yang tertera pada kemasan obat atau resep dokter. Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk atau pada suhu ruangan. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum mengkonsumsi obat.

Apa saja efek samping dari penggunaan obat Indocyanine Green?

Seiring dengan efek obat yang digunakan, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama.

Seperti halnya dalam penggunaan obat Indocyanine Green yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

  • Urtikaria
  • Pruritus
  • Sakit kepala
  • Perubahan warna feses
  • Diaforesis

Jika setelah menggunakan obat Indocyanine Green terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan memburuk, segera datangi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Interaksi obat Indocyanine Green

Ada beberapa obat-obatan yang harus dihindari saat mengkonsumsi obat Indocyanine Green. Karena hal tersebut dapat menyebabkan efek berbahaya pada tubuh Anda. Contoh obat ini termasuk:

  • Waktu paruh obat ini dapat berkurang dengan obat fenobarbital, fenilbutazon, primidon, fenitoin, turunan opiat (pada pecandu), haloperidol, nitrofurantoin, sulthiame
  • Dapat mengganggu ekskresi natrium sulfobromophthalein hati

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi obat Indocyanine Green?

  • Hindari penggunaan obat ini untuk penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap obat Indocyanine Green atau riwayat alergi obat-obatan lainnya
  • Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya Anda memberi tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi baik itu vitamin, herbal, obat dari resep dokter atau tanpa resep dokter. Karena beberapa obat dapat menimbulkan efek samping jika dikombinasikan dengan obat Indocyanine Green
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada pasien dengan alergi iodida, karena obat Indocyanine Green mengandung bahan Natrium Iodida
  • Obat ini memiliki efek samping sakit kepala, oleh karena itu hindari aktivitas seperti mengemudi dan aktivitas berat lainnya saat menggunakan obat ini
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada ibu hamil dan menyusui. Konsutasikan kembali mengenai manfaat dan resiko penggunaan obat ini pada kondisi tersebut
  • Obat Indocyanine Green harus digunakan dengan hati-hati pada pasien dengan gagal ginjal atau uremia, dan pasien yang menjalani dialisis
  • Obat ini dapat menyebabkan gangguan uji laboratorium dengan studi penyerapan yodium radioaktif. Karena Indocyanine Green mengandung yodium, kapasitas pengikatan yodium jaringan tiroid dapat berkurang setidaknya 1 minggu setelah pemberian hijau indosianin. Jangan melakukan studi pengambilan yodium radioaktif setidaknya selama 1 minggu setelah pemberian obat Indocyanine Green
  • Jika setelah menggunakan obat ini terjadi perburukan terhadap kondisi kesehatan Anda. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Semoga bermanfaat

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Indocyanine Green - FDA prescribing information, side effects and uses. Drugs.com. (https://www.drugs.com/pro/indocyanine-green.html)
Cyanine 863 - C24H24ClN3. U.S. National Library of Medicine National Center for Biotechnology Information. (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Cyanine-863)
Clinical applications of indocyanine green (ICG) enhanced fluorescence in laparoscopic surgery. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4471386/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app