Idebenone: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mei 16, 2019 Waktu baca: 4 menit

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit bawaan Ataksia Friedreich? Ataksia Friedreich adalah penyakit genetik langka yang menyebabkan kesulitan berjalan, kehilangan sensasi pada lengan dan kaki, dan gangguan bicara. Penyakit ini juga dikenal sebagai degenerasi spinocerebellar. Penyakit ini menyebabkan kerusakan pada bagian otak dan sumsum tulang belakang dan juga dapat memengaruhi jantung .

"Ataxia" berarti kurangnya ketertiban. Ada sejumlah jenis ataksia dengan sejumlah penyebab. Ataksia Friedreich adalah salah satu jenis dari kondisi ini. Kesulitan berjalan adalah gejala awal yang paling umum dari kondisi Ataksia Friedreich.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gejala lain termasuk kehilangan pendengaran, otot lemah, kurangnya refleks di kaki , koordinasi yang buruk atau kurang koordinasi, masalah bicara,gerakan mata yang tidak disengaja, kelainan bentuk kaki, dll. Meskipun tidak ada obat untuk mengobati ataksia Friedreich, namun ada beberapa pengobatan yang tersedia untuk membantu mengatasi gejala-gejalanya.

Nah, pada artikel ini akan membahas tentang salah satu obat-obatan yang dapat digunakan untuk menangani gejala-gejala dari Ataksia Friedreich dan penanganan pada kondisi lainnya. Obat tersebut yaitu obat Idebenone. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai obat Idebenone. Selamat membaca. 

Mengenai Idebenone

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Kandungan:

Golongan benzoquinone

Apa sih kegunaan dari Idebenone?

Obat Idebenone merupakan obat dari turunan benzoquinon dengan kemiripan struktural dengan ubiquinone. Mekanisme aksi yang tepat dari obat ini masih tidak diketahui, diduga memiliki aktivitas antioksidan dan diyakini memfasilitasi aliran elektron melalui rantai pernapasan, sehingga meningkatkan produksi energi oleh sel-sel tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Obat Idebenone biasa digunakan untuk berbagai macam penyakit seperti, penyakit genetik Ataksia Friedreich, kondisi yang menyebabkan kehilangan penglihatan (neuropati optik herediter Leber), ensefalomiopati mitokondria (gangguan saraf dan otot), sejenis distrofi otot yang disebut distrofi otot Duchenne, dll. Selain mengatasi penyakit genetik, obat ini juga dapat digunakan untuk penyakit Alzheimer, penyakit Huntington, penyakit hati, dan penyakit jantung

Berapa dosis yang digunakan pada Idebenone?

Idebenone tersedia dalam sediaan tablet minum 150mg, dan topikal. Berikut dosis obat Idebenone yang biasa diberikan:

  • Obat oral untuk Ataksia Friedreich
    Dewasa: Untuk pengobatan simtomatik:Terapi dosis rendah: Pasien berat badan ≤45 kg: 150 mg tiga kali sehar. Pasien berat badan > 45kg: 300 mg tiga kali sehari. Setelah setidaknya 6 bln terapi dosis rendah, dapat meningkat ke dosis yang lebih tinggi jika manfaat klinis dan tolerabilitas diamati. Terapi dosis lebih tinggi: Pasien bera badan ≤45 kg: 450 mg tiga kali sehari. Pasien berat badan > 45kg: 750 mg tiga kali sehari. Kembali ke dosis yang lebih rendah jika tidak ada perbaikan tambahan yang diamati setelah 6 bulan pada terapi dosis tinggi
  • Dosis Topikal / Kulit untuk Perawatan kosmetik keriput
    Dewasa: Sebagai krim 1%: Oleskan krim seukuran kacang polong untuk membersihkan, mengeringkan wajah dan leher sekali sehari untuk minggu pertama. Jika ditoleransi, dapat meningkat menjadi dua kali sehari
  • Dosis oral untuk alzheimer
    Dewasa: 90-120 mg tiga kali sehari
  • Dosis oral untuk Suatu kondisi yang diturunkan yang menyebabkan kehilangan penglihatan (neuropati optik herediter Leber)
    Dewasa: 300 mg tiga kali sehari bersamaan dengan makan 
  • Dosis oral untuk Untuk distrofi otot Duchenne
    Anak-anak: 900 mg setiap hari selama satu tahun telah digunakan pada pasien berusia 10 tahun ke atas
  • Dosis oral untuk Suatu kondisi bawaan yang menyebabkan kehilangan penglihatan (neuropati optik bawaan Leber)
    Anak-anak: 300 mg tiga kali sehari bersamaan dengan makan 

Bacalah petunjuk penggunaan obat sesuai yang tertera pada kemasan obat atau resep dokter. Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk atau pada suhu ruangan. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum mengkonsumsi obat.

Apa saja efek samping dari penggunaan Idebenone?

Seiring dengan efek obat yang digunakan, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama. Seperti halnya dalam penggunaan obat Idebenone yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

Jika setelah menggunakan obat Idebenone terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan memburuk, segera datangi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut

Kontraindikasi Idebenone

Sebelum mengonsumsi obat Idebenone, Anda harus memberi tahu dokter jika Anda sedang atau pernah mengalami beberapa kondisi dibawah ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Interaksi Obat

Hindari penggunaan obat ini untuk penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap obat Idebenone atau riwayat alergi obat-obatan lainnya. Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya Anda memberi tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi baik itu vitamin, herbal, obat dari resep dokter atau tanpa resep dokter.

Karena beberapa obat dapat menimbulkan efek samping jika dikombinasikan dengan obat Idebenone. Obat ini dapat menyebabkan peningkatan nilai tes fungsi hati (LFT), pantau LFT sebelum memulai terapi, setelah penambahan dosis, dan secara teratur sesudahnya. Keamanan dan kemanjuran obat ini belum dapat ditetapkan pada pasien anak usia kurang dari 8 tahun dan pada pasien usia lanjut usia lebih dari 65 tahun.

Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya termasuk:

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi Idebenone?

Obat ini tidak dianjurkan pada ibu hamil dan menyusui. Konsultasikan kembali mengenai manfaat dan resiko penggunaan obat ini pada kondisi tesebut. Jangan menambah, mengurangi atau menghentikan dosis pengobatan tanpa ada saran dan anjuran dari dokter. Karena hal tersebut dapat memperburuk munculnya efek samping.

Jika setelah menggunakan obat ini tidak terjadi perbaikan atau terjadi perburukan terhadap kondisi kesehatan Anda. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Idebenone: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/idebenone/supplements.htm)
Idebenone: Novel Strategies to Improve Its Systemic and Local Efficacy. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5853719/)
Idebenone: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1078/idebenone)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app