Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Goldenseal - Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 15, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.390.592 orang

Akar kering yang digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan.

Apa itu Goldenseal?

  • Nama latin : Hydrastis Canadensis L.
  • Keluarga: Ranunculaceae
  • Genus: Hydrastis
  • Bagian tanaman yang bisa digunakan obat: akar(populer), batang, bunga, dan daun

Samuel Thompson merupakan seorang herbalis yang mempopulerkan tanaman ini pada awal tahun 1800-an untuk dijadikan obat karena dipercaya dapat mengatasi berbagai kondisi.

Goldenseal tumbuh dengan subur di tanah hutan yang lembab atau padang rumput yang lembab. Tumbuh dengan liar di bagian timur Amerika Serikat dan Kanada. Penduduknya biasa menggunakannya untuk mengobati gangguan kulit, masalah pencernaan, kondisi hati, diare, sampai iritasi pada mata.

Goldenseal memiliki daun yang lebar, dengan batang tegak berbulu halus berukuran panjang, memiliki bunga-bunga kecil tidak berkelopak berwarna putih kehijauan. Memiliki tinggi sekitar 10-18 cm dari permukaan tanah. Akarnya memiliki warna kuning keemasan.

Pemanfaatannya biasa digunakan sebagai suplemen makanan yang berbentuk krim atau salep yang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka pada kulit Anda. Ramuannya juga bisa dijadikan obat kumur untuk sakit mulut dan tenggorokan.

Kandungan Goldenseal

Akar keringnya mengandung tidak kurang dari 2% hydrastine dan 2.5% berberine. Menurut studi lain terdapat 0.5% canandine. Ketiga kandungan ini tentu saja dapat bermanfaat untuk tubuh Anda.

Salah satunya berberine, merupakan senyawa yang mampu membunuh banyak jenis bakteri dalam sebuah penelitian yang dapat menyebabkan diare. Kandungan ini pun dapat membunuh berbagai macam kuman penyebab ragi dan infeksi parasit cacing pita dan giardia.

Kelebihan berberin juga dapat mengaktifkan sel-sel darah putih dan membuat lebih efektif sistem kekebalan tubuh Anda. Terkadang digunakan juga sebagai antibiotik dan disinfektan.

Manfaat Goldenseal

Goldenseal memiliki rasa yang pahit sehingga dapat menstimulasi sekresi dan aliran empedu. Khusus bagian akarnya dikatakan istimewa karena merupakan sumber kekuatan tanaman ini. Manfaatnya lainnya bisa digunakan untuk:

1. Mengatasi masalah saluran pencernaan

Umumnya obat goldenseal digunakan untuk mengatasi masalah usus dan pencernaan. Anda dapat menggunakan goldenseal karena kandungannya memiliki sifat anti inflamasi agar menjadikan sistem saluran di tubuh Anda kembali normal.

Goldenseal juga dapat membantu menjaga usus Anda menjadi sehat dan kuat. Selain itu bisa mengatasi sembelit, kembung, dan kram pada perut Anda.

2. Mengurangi infeksi sinus

Goldenseal dalam bentuk bubuk yang berasal dari batangnya memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dan infeksi dalam rongga sinus. Sifat antimikroba yang kuat dari batang bagian bawahnya dapat mencegah bahkan menghilangkan infeksi sinus.

3. Mengatasi masalah persendian

Solusi yang baik untuk mengatasi masalah persendian seperti radang sendi efektif menggunakan bubuk goldenseal yang berasal dari akarnya. Anda bisa mengoleskannya secara langsung pada kulit.

4. Mengatasi masalah pada kulit

Goldenseal memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang membuat efektif mengatasi gangguan pada kulit Anda seperti jerawat, psoriasis, eksim, sampai kulit kering.

Infeksi kulit terjadi akibat bakteri, virus, atau jamur, sehingga menggunakan goldenseal dapat dengan cepat mengatasi peradangan dengan menetralisir infeksi tersebut.

5. Meningkatkan imunitas

Goldenseal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda yang lemah. Sistem pernafasan dan usus Anda dibersihkan oleh goldenseal. Selain itu dapat mengatasi infeksi vagina dan prostat seperti penyakit gonore.

6. Menambah nafsu makan

Goldenseal dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan dengan cara meningkatkan metabolisme di tubuh Anda. Kalori dalam tubuh dibakar dengan cepat sehingga dapat mengatasi kurangnya nafsu makan.

7. Melindungi organ hati

Goldenseal menurut sebuah penelitian dapat melindungi dan mencegah terjadinya gagal hati karena diyakini memiliki efek hepatoprotektor atau memiliki senyawa yang dapat memelihara, memulihkan, dan mengobati hati.

8. Mengurangi resiko kanker

Goldenseal yang dicampur dengan tanaman herbal lain seperti semanggi merah, dapat mengurangi resiko kanker menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal kanker dan kemoterapi karena memiliki efek yang ditimbulkan oleh kandungan berberin dan melanoma.

9. Mengatasi infeksi saluran kemih

Efek antibiotik yang kuat pada goldenseal dapat mengatasi infeksi saluran kemih dan bisa membantu menjaga bakteri Escherichia.coli agar tidak menyebar dalam dinding sel di tubuh Anda.  

10. Mencegah masuk angin dan flu

Goldenseal terkenal populer memiliki manfaat yang luar biasa ketika dikombinasikan dengan tanaman herbal Echinacea, keduanya memberikan efek yang dapat mencegah Anda mengalami flu dan masuk angin.

Efek samping penggunaan Goldenseal

Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan aman bagi tubuh Anda. Namun, dalam penggunaan dosis yang kecil sampai sedang dengan mengkonsumsi dalam bentuk kapsul, serbuk, atau teh diyakini tidak akan memberikan dampak yang berbahaya.

Hindari penggunaan goldenseal untuk orang penderita sakit jantung, dapat mempengaruhi irama jantung Anda, juga bisa menaikan dan menurunkan tekanan darah.

Beberapa ahli menyatakan bahwa mengkonsumsi langsung tanaman goldenseal yang segar dan masih mentah dapat menyebabkan efek samping serius karena kemungkinan besar bisa beracun. 

Efek yang dapat ditimbulkan seperti iritasi mulut atau tenggorokan, kelumpuhan, kesemutan pada kulit kegagalan pernafasan, bahkan kematian.

Ibu hamil dan menyusui tidak diperbolehkan mengkonsumsi goldenseal karena berpotensi membahayakan yang disebabkan oleh kandungan kimianya melewati plasenta atau masuk ke dalam ASI.

Goldenseal tidak aman untuk anak-anak dan bayi, karena dapat menyebabkan kerusakan otak (kernikterus)

Dosis penggunaan Goldenseal

Dosis yang tepat digunakan sesuai dengan beberapa faktor seperti umur,  kesehatan, dan kondisi lainnya. Belum ada dosis anjuran menurut informasi ilmiah, Anda sebaiknya menggunakan sesuai resep dokter atau aturan petunjuk yang terdapat pada label produk goldenseal.

Jangan mengkonsumsi dosis berlebihan karena tidak akan efektif memperbaiki gejala Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp