Gatal-gatal Saat Latihan Fisik? Mungkin 4 Hal Penyebabnya

Apa penyebabnya sehingga Anda sering merasakan gatal-gatal saat latihan fisik? Penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya supaya mendapat penanganan yang tepat. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui penyebabnya.
Dipublish tanggal: Jun 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 11, 2019 Waktu baca: 2 menit
Gatal-gatal Saat Latihan Fisik? Mungkin 4 Hal Penyebabnya

Latihan fisik atau olahraga merupakan kegiatan yang seharusnya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Namun ada beberapa orang, melakukan latihan fisik justru menimbulkan rasa gatal. 

Sehingga bukan manfaat yang diperoleh, melainkan Anda sibuk menggaruk tubuh dan sulit fokus untuk berolahraga.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Setiap orang dapat mengalami gatal-gatal yang berbeda, mulai dari gangguan ringan hingga berat. Gatal-gatal saat olahraga bisa terjadi di daerah mana saja seperti, kulit kepala, wajah, leher, bahu, ketiak, siku, dan dada. 

Apa penyebabnya sehingga Anda sering merasakan gatal-gatal saat latihan fisik? Penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya supaya mendapat penanganan yang tepat. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui penyebabnya.

Penyebab tubuh gatal-gatal saat latihan fisik

Rasa gatal yang muncul saat Anda melakukan latihan fisik bisa disebabkan oleh berbagai penyebab berikut ini:

1. Alergi

Jika Anda mengalami rasa gatal setelah Memakai produk baru atau menggunakan baju yang dicuci dengan detergen merek baru, sebaiknya Anda coba menghentikan penggunaan dan lihatlah apakah ada perubahan atau tidak. Jika penyebabnya berasal dari produk tersebut, maka segera hentikan pemakaian. 

Pasalnya alergi dapat berasal dari kosmetik, lotion, sabun, atau detergen.

Seseorang bisa saja mengalami alergi terhadap keringat dari tubuhnya sendiri. Apabila Anda tak kunjung mengetahui penyebab alergi, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

2. Kulit kering

Penyebab rasa gatal saat latihan fisik juga bisa berasal dari cuaca kering, kelembaban udara yang rendah, dan kulit kering. Ketika Anda melakukan latihan fisik, kulit Anda bisa menjadi kering, terlebih jika Anda berolahraga di tempat yang berangin. 

Selain itu, kulit Anda dapat mengalami iritasi. Jika hal ini yang menjadi penyebabnya, solusinya adalah dengan memakai pelembab atau lotion sebelum Anda melakukan latihan fisik, serta tetap menjaga kelembaban kulit.

3. Pelepasan histamin

Histamin adalah salah satu zat alami dalam tubuh yang berfungsi melebarkan pembuluh darah. Ketika Anda melakukan latihan fisik, pembuluh darah Anda akan melebar agar tubuh memperoleh oksigen dan darah yang cukup.

Baru-baru ini muncul teori bahwa pelepasan histamin dapat menyebabkan rasa gatal saat latihan fisik. Beberapa orang dapat merasakan gatal akibat hal ini, jika Anda baru mulai aktif dalam melakukan latihan fisik mungkin tidak mengalami gatal. 

Sebelum berolahraga, para atlet profesional biasanya mengkonsumsi antihistamin guna mengurangi rasa gatal. Tapi jika rasa gatal yang dialami begitu parah, sebaiknya Anda beristirahat terlebih dahulu hingga gatalnya berkurang.

4. Efek samping dari obat

Obat-obatan dapat mempunyai efek samping berupa timbulnya rasa gatal saat latihan fisik. Golongan obat tersebut seperti antibiotik, obat pereda nyeri, dan obat diuretik. Jika Anda curiga penyebab rasa gatal Anda berasal dari obat-obatan tersebut, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Hindari menggaruk-garuk pada kulit yang gatal, karena hal tersebut hanya akan membuat rasa gatal Anda semakin parah dan bisa menimbulkan luka yang rentan terkena infeksi. Anda bisa menggunakan salep atau kompres dengan air dingin untuk mengurangi rasa gatalnya. 

Apabila Anda mengalami gatal-gatal disertai reaksi anafilaktik (sesak nafas dan tekanan darah menurun drastis), segera periksakan ke dokter, karena hal ini merupakan kondisi yang serius.

4 hal di atas merupakan penyebab yang dapat menimbulkan rasa gatal saat Anda melakukan latihan fisik. Mungkin hal tersebut membuat Anda tidak nyaman dan sulit fokus berolahraga. Ketahui penyebabnya dan segera cari solusinya.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Why are my legs itchy? Causes, symptoms, and relieving the itch. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326398.php)
Itchy Muscles: Causes and Treatment. Healthline. (https://www.healthline.com/health/itchy-muscles)
Cholinergic Urticaria: Hives From Heat or Sweat. WebMD. (https://www.webmd.com/allergies/cholinergic-urticaria-facts)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Selain Sit Up, Ini Dia 6 Latihan Untuk Membentuk Otot Perut
Selain Sit Up, Ini Dia 6 Latihan Untuk Membentuk Otot Perut

Sebagian besar dari Anda pasti sering berlatih untuk membentuk otot perut dengan latihan tradisional seperti sit up dan crunches. Tetapi, percayalah bahwa ini merupakan metode yang buruk. Sit up yang berlebihan akan mengakibatkan gangguan pada tulang belakang Anda. Nah, daripada terus berkutat pada dua jenis latihan lama tersebut, mari kita lihat beberapa latihan yang efektif untuk pembentukan otot perut:

Buka di app