7 Manfaat Ajaib Air Ketuban untuk Kesehatan Bayi dalam Kandungan

Dipublish tanggal: Nov 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
7 Manfaat Ajaib Air Ketuban untuk Kesehatan Bayi dalam Kandungan

Setiap ibu hamil pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah air ketuban. Sederhananya, air ketuban adalah cairan yang mengelilingi janin dalam kandungan dan melindunginya dari cedera maupun infeksi. Selain memahami tanda-tanda ketuban rembes, Anda juga perlu tahu fungsi air ketuban bagi janin. Sudah tahu apa saja manfaat air ketuban? Kalau belum, baca terus ulasan berikut ini, ya!

Apa itu air ketuban?

Air ketuban adalah cairan yang mengelilingi tubuh janin dalam kandungan. Cairan ini secara alami mulai diproduksi ketika kantung ketuban sudah terbentuk, yaitu sekitar 12 hari setelah pembuahan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Pertama-tama, air ketuban terdiri dari cairan tubuh sang ibu. Lalu, saat janin sudah memasuki usia 20 minggu, air ketuban mulai didominasi oleh air seni yang dikeluarkan sendiri oleh janin. 

Meskipun berasal dari air kencing janin, warna air ketuban adalah bening dan tidak memiliki bau. Komposisi air ketuban terdiri dari sel pendukung kekebalan tubuh, hormon, urine janin, dan juga nutrisi. Janin bisa belajar untuk menelan, bergerak, dan bernapas karena adanya air ketuban ini. 

Baca Juga: Ketuban Pecah? Seperti Ini Warna Air Ketuban & Baunya

Fungsi air ketuban untuk janin

Secara umum, fungsi air ketuban adalah untuk melindungi janin dari cedera dan infeksi. Air ketuban juga memberikan ruang untuk janin sehingga ia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dalam perut ibunya. 

Selain itu, masih ada banyak manfaat dan fungsi dari air ketuban untuk janin dalam kandungan, yaitu:

1. Melindungi janin dari benturan

Fungsi air ketuban yang paling utama adalah melindungi janin dari benturan yang disebabkan oleh tekanan luar, misalnya saat ibu terjatuh dan perutnya terbentur. Dengan adanya air ketuban, maka janin bisa terlindungi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

2. Menciptakan ruang gerak

Air ketuban memberikan ruang gerak bagi janin untuk bergerak di dalam perut ibu. Selain itu, fungsi air ketuban juga mampu untuk melindungi tali pusar agar tidak terjepit di antara dinding rahim dan janin. 

3. Mencegah terjadinya infeksi 

Salah satu fungsi air ketuban yang tak kalah penting ialah mencegah terjadinya infeksi pada janin. Di dalam air ketuban terdapat sel-sel yang dapat menguatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, janin akan semakin kuat dan terhindar dari infeksi selama di dalam kandungan.

4. Membuat janin tetap nyaman 

Selama dalam kandungan ibu, janin bisa terus merasa nyaman dengan bantuan air ketuban. Air ketuban dapat membuat kondisi rahim tetap nyaman dan hangat untuk janin

Pada umumnya, air ketuban memiliki suhu yang lebih hangat daripada suhu tubuh ibu. Suhu air ketuban berkisar 37.5 derajat Celsius. 

5. Mendukung perkembangan paru-paru janin

Tahukah Anda bahwa janin dalam kandungan tidak bernapas dengan cara menghirup udara, tapi dengan menelan air ketuban. Cara bernapas seperti ini dimulai saat janin berusia 10-11 minggu.

Menginjak usia kehamilan 32 minggu, janin mulai berlatih bernapas dengan cara mengembang dan mengempiskan paru-paru. Pada usia kehamilan 36 minggu, paru-paru bayi dianggap sudah matang. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

6. Membantu perkembangan sistem pencernaan janin

Tidak hanya membantu sistem pernapasan, fungsi air ketuban juga mampu mendukung perkembangan sistem pencernaan. Air ketuban yang ditelan oleh janin kemudian dikeluarkan sebagai urine untuk menjaga kestabilan jumlah air ketuban dalam kandungan.

Janin yang mengalami kesulitan menelan air ketuban dapat menyebabkan volume air ketuban jadi terlalu banyak. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa sistem pencernaan janin mengalami kelainan, sehingga perlu segera ditangani.

7. Mendukung perkembangan otot dan tulang

Air ketuban memberikan ruang gerak untuk janin sehingga mendukung terjadinya perkembangan otot serta tulang janin. 

Waspadai kelainan jumlah air ketuban 

Jumlah air ketuban dalam perut ibu umumnya terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Banyaknya air ketuban akan mencapai jumlah tertinggi pada usia kehamilan 36 minggu. Setelah masa itu, volume air ketuban akan terus menurun menjelang waktu persalinan.

Volume air ketuban yang normal adalah sebagai berikut:

  • 60 milliliter (ml) saat kandungan sudah berusia 12 minggu.
  • 175 ml saat kehamilan memasuki minggu 16 minggu.
  • 400-1200 ml saat kehamilan memasuki minggu 34-38.

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kelainan pada jumlah air ketuban, baik kelebihan maupun kekurangan. Kekurangan air ketuban (oligohidramnion) dapat disebabkan oleh kelainan plasenta, kelainan bawaan pada janin, dan kehamilan melebihi HPL (hari perkiraan lahir).

Sementara kelebihan air ketuban atau polihidramnion dapat disebabkan oleh diabetes saat hamil (diabetes gestasional), kelainan genetik pada janin,dan kelainan jantung janin. Oleh karena itu, setiap ibu hamil wajib memeriksakan kehamilannya secara rutin untuk memantau kesehatan janin dalam kandungannya.

Baca Juga: Waspada Emboli Air Ketuban yang Mengancam Ibu Hamil

36 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Waspada Emboli Air Ketuban Yang Mengancam Ibu Hamil
Waspada Emboli Air Ketuban Yang Mengancam Ibu Hamil

Saat terjadi kondisi emboli air ketuban diperlukan penanganan yang cepat, ini dikarenakan dapat memicu berbagai komplikasi yang membahayakan, seperti rusaknya jaringan dikarenakan kekurangan oksigen.

Buka di app