Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Fraktur Galeazzi - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: SEP 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 644.571 orang

Lengan Anda terdiri dari dua tulang panjang dan tipis: tulang ulnaris dan radialis. Kedua tulang ini dihubungkan oleh sendi di siku dan sendi di pergelangan tangan. 

Fraktur (patah tulang) Galeazzi adalah fraktur pada bagian tengah tulang radialis disertai dengan dislokasi (pergeseran) tulang ulnaris pada bagian tulang ulnaris yang menempel pada sendi siku.

Apa yang menyebabkan terjadinya Fraktur Galeazzi?

Salah satu penyebab utama patah tulang Galeazzi adalah terjatuh. Seseorang yang merentangkan lengan untuk melindungi diri sebelum mengenai tanah berisiko mematahkan tulang di pergelangan tangan atau lengan. Dampaknya juga dapat menyebabkan ulnaris mengalami dislokasi.

Segala jenis trauma tumpul, seperti kecelakaan mobil, dapat menyebabkan patah tulang Galeazzi. Anak-anak dan orang dewasa yang melakukan olahraga yang memerlukan kontak fisik atau terlibat dalam kegiatan yang berisiko mengalami jatuh, seperti panjat tebing, memiliki resiko yang tinggi mengalami fraktur Galeazzi.

Gejala Fraktur Galeazzi

Lengan Anda mungkin terlihat bengkok jika Anda mengalami patah tulang Galeazzi. Jenis fraktur ini sangat menyakitkan dan dapat membuat sulit untuk menggerakkan lengan Anda. Anda juga mungkin merasakan sakit atau kesemutan di bagian lengan dan tangan yang sakit.

Memar biasanya akan terbentuk di sekitar lokasi fraktur. Pada kasus yang parah, tulang bisa menembus kulit. Dalam keadaan ini, cedera harus diperlakukan sebagai kegawatdaruratan medis. Segera pergi ke IGD rumah sakit terdekat.

Jika lengan tidak terlihat bengkok, tetapi rasa sakitnya tidak membaik dalam sehari, Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Bagaimana cara mencegah terjadinya fraktur Galeazzi?

Secara teori, Anda dapat mencegah terjadinya fraktur Galeazzi dengan tidak merentangkan tangan Anda saat terjatuh, namun jika Anda tidak merentangkan tangan untuk melindungi diri, Anda mungkin akan mengalami cedera yang lebih parah, karena kepala Anda mungkin dapat menerima hantaman secara langsung.

Untuk mencegah terjadinya fraktur Galeazzi, ada baiknya jika Anda menjaga keamanan dalam melakukan kegiatan yang beresiko menyebabkan cedera. Anda dapat menggunakan alat pelindung yang komplit atau lebih berhati-hati saat berkendara.

Bagaimana penanganan Fraktur Galeazzi yang tepat?

Jika Anda menemukan gejala-gejala di atas, atau jika Anda menderita patah tulang, segera periksakan ke dokter. Dokter akan meninjau gejala Anda secara detail, dan akan menanyakan tentang bagaimana cedera terjadi. 

Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan jika terdapat deformitas (kecacatan) atau pembatasan rentang gerak.

Setelah melakukan evaluasi dan pemeriksaan fisik, dokter akan meminta Anda untuk foto rontgen. Foto rontgen sangat bermanfaat karena dapat membantu dokter untuk mengevaluasi struktur tulang secara terperinci. Foto rontgen dapat menegakan diagnosa jika Anda mengalami fraktur Galeazzi.

Penanganan Fraktur Galeazzi

Sebagian besar kasus patah tulang Galeazzi akan membutuhkan pembedahan, kecuali mungkin pada anak. Pembedahan dilakukan dengan teknik open reduction

Dalam prosedur ini, tulang-tulang diletakkan kembali pada tempatnya dengan menggunakan plat, kawat dan sekrup untuk menyatukan tulang-tulang yang patah. 

Kawat, sekrup, atau perangkat lain digunakan untuk menjaga agar tulang ulnaris yang bergeser tetap berada di tempatnya. Gips dapat dipasang pada pergelangan tangan Anda untuk membantu Anda mengamankan pergelangan tangan dan lengan saat penyembuhan.

Pada masa penyembuhan, Anda harus lebih berhati-hati. Anda harus menghindari mengangkat beban berat pada lengan yang mengalami cedera. Bahkan jika Anda merasa lebih baik, Anda juga harus berhati-hati untuk tidak melukai lengan Anda kembali. 

Jika Anda menjalani operasi, Anda disarankan untuk tidak mengangkat beban setidaknya selama enam minggu setelah operasi.

Anda juga dapat meletakan kompres es jika tangan Anda mengalami pembengkakan. Selain itu sangat penting untuk menjaga lengan tetap berada pada posisi yang lebih tinggi dari jantung selama beberapa hari setelah perawatan

Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

Terapi fisik biasanya diperlukan setelah gips dilepaskan dari lengan. Terapi ini sebagian besar akan berfokus untuk mengembalikan rentang gerak dan fleksibilitas pergelangan tangan dan lengan bawah. Waktu pemulihan penuh yang diharapkan akan memakan waktu hingga satu tahun.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit