Fakta KB Implan: Benarkah Bikin Gemuk?

Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 2, 2019 Waktu baca: 2 menit
Fakta KB Implan: Benarkah Bikin Gemuk?

KB implan merupakan kontrasepsi hormonal yang diletakkan pada bagian lengan atas wanita untuk menekan masa suburnya. KB implan mengeluarkan hormon progesterone ke dalam tubuh untuk mencegah sel telur berovulasi. KB implan sendiri merupakan alat kontrol kehamilan untuk jangka panjang. Mengenai efek sampingnya banyak yang mengatakan bahwa KB implan dapat membuat seorang wanita menjadi gemuk. Benarkah demikian? Cek faktanya.

Plus dan Minus KB Implan

Sebelum membahas terkait kebenaran klaim bahwa KB implan bisa membuat gemuk, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu fakta mengenai KB implan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7
  • KB implan sendiri merupakan alat kontrasepsi yang memiliki tingkat keefektifan yang cukup tinggi. Tingkat keefektifannya bahkan mencapai 99% untuk mencegah seorang wanita hamil. Ketika KB implan ini terpasang dengan benar, maka dari hasil penelitian yang dilakukan, hanya kurang dari 1 orang dari 1000 wanita yang menggunakan KB implan selama jangka waktu 3 tahun mengalami kehamilan. Sehingga memang terbukti memiliki efektifitas tinggi.
  • KB implan sendiri memang lebih ditujukan untuk mencegah kehamilan untuk jangka waktu menengah. Sehingga cocok bagi anda yang ingin memberi jeda antara kehamilan satu dengan berikutnya. Umumnya, KB implan bahkan dapat digunakan selama jangka waktu 3 tahun. Sehingga berguna untuk Anda mengatur jarak antara usia kakak dan adiknya.
  • Kelebihan lainnya adalah meski ditanamkan pada lengan atas, namun KB implan ini sangat mudah untuk dicopot kapanpun ketika ada masalah atau jika Anda memutuskan untuk memiliki anak. Kondisi kesuburan Anda juga dapat kembali dengan cepat ketika KB implan sudah dicopot. Karena hanya mengandung hormon progesterone, KB implan ini sesuai untuk wanita yang memiliki masalah menggunakan pil KB mengandung hormon estrogen.
  • Jika anda termasuk orang yang tidak telaten setiap hari mengonsumsi pil KB, maka KB implan merupakan pilihan yang tepat

Itulah kelebihan yang ditawarkan oleh KB implan. Sementara kekurangan KB implan sendiri adalah:

  • Biaya cenderung lebih mahal dibandingkan pil KB rutin karena anda harus mengunjungi dokter untuk pemasangan
  • Tidak dapat mencegah penularan penyakit menular seksual
  • Karena implan harus dikeluarkan setelah tiga tahun, ada kemungkinan bahwa posisi implan bergeser yang mengakibatkan dokter sulit untuk melepasnya.

Jenis-jenis KB Implan

KB implan yang umum digunakan ada dua jenis, yaitu Implanon dan Nexplanon. Kekurangan Implanon adalah memiliki peluang lebih sulit untuk dikeluarkan karena pemasangan yang umumnya terlalu dalam. Oleh karena itu di banyak tempat, implanon sudah digantikan oleh nexplanon. Nexplanon sendiri cenderung lebih sederhana dibanding implanon karena menggunakan alat pasang khusus. 

Alat pasang khusus ini membuat pemasangan implan tidak perlu terlalu dalam ke bawah kulit. Anda juga dapat mengetahui keberadaan nexplanon dengan mudah menggunakan rontgen, agar keberadaan nexplanon lebih mudah diketahui ketika ingin dilepas.

KB implan nexplanon sebenarnya tidak masalah digunakan oleh wanita yang memiliki berat badan berlebih. Hanya saja KB jenis ini memiliki risiko kurang efektif ketika digunakan oleh wanita yang obesitas atau memiliki indeks masa tubuh di atas 30.

Efek Samping KB Implan

KB implan memiliki efek samping seperti memar, infeksi, kemerahan, maupun jaringan parut akibat bekas pemasangan pada kulit. Kemungkinan efek lainnya adalah perubahan mood serta menstruasi tidak teratur. Terkait kenaikan berat badan, belum ditemukan bukti yang kuat yang mendasari penyebab kenaikan berat badan terhadap pemasangan KB implan.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Etonogestrel Implant. Facts & Comparisons eAnswers. http://www.wolterskluwercdi.com/facts-comparisons-online/.
Nexplanon (patient labeling). Whitehouse Station, N.J.: Merck & Co. Inc.; 2017. https://www.merck.com/product/usa/pi_circulars/n/nexplanon/nexplanon_ppi.
Hatcher RA ,et al. Managing Contraception 2017-2018. 14th ed. Tiger Ga.: Bridging the Gap Foundation;2017.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app